Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013

Calon Guru berbagi Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013. Catatan ini untuk melengkapi materi pokok kurikulum 2013 yang kita bagikan sebelumnya yaitu materi pokok matematika untuk SD dan materi pokok matematika untuk SMA.

Pada Permendikbud Tahun 2016 no.024 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pelajaran pada Kurikulum 2013 lampiran kelimabelas (📥 download lampiran) disampaikan bahwa Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan.

Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, "Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya".

Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, "Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya".

Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.


Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan

3. Kompetensi Pengetahuan: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Kompetensi Keterampilan: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ((menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Peta Materi Matematika SMP Kurikulum 2013, sebelumnya sudah pernah di analisis sewaktu kurikulum 2013 pertama kali direncanakan. Lihat Peta Materi Matematika SMP Kurikulum 2013. Berikut materi pokok pembelajaran yang diharapkan dicapai oleh anak-anak SMP pada mata pelajaran matematika kurikulum 2013.


MATERI POKOK MATEMATIKA SMP KELAS VII (TUJUH)

  • 3.1. Menjelaskan dan menentukan urutan pada * BILANGAN BULAT * (positif dan negatif) * dan PECAHAN * (biasa, campuran, desimal, persen)
  • 3.2. Menjelaskan dan melakukan * OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT dan PECAHAN * dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
  • 3.3. Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk * BILANGAN BERPANGKAT BULAT POSITIF dan NEGATIF *
  • 3.4. Menjelaskan * HIMPUNAN *, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
  • 3.5. Menjelaskan * BENTUK ALJABAR dan * melakukan * OPERASI PADA BENTUK ALJABAR * (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
  • 3.6. Menjelaskan * PERSAMAAN dan PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL * dan penyelesaiannya
  • 3.7. Menjelaskan * RASIO DUA BESARAN * (satuannya sama dan berbeda)
  • 3.8. Membedakan * PERBANDINGAN SENILAI dan BERBALIK NILAI * dengan menggunakan tabel data, grafik, dan persamaan
  • 3.9. Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait * ARITMETIKA SOSIAL * (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)
  • 3.10. Menganalisis * HUBUNGAN ANTAR SUDUT * sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
  • 3.11. Mengaitkan rumus * KELILING dan LUAS UNTUK BERBAGAI JENIS SEGIEMPAT * (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapesium, dan layang-layang) dan segitiga
  • 3.12 Menganalisis hubungan antara * DATA DENGAN CARA PENYAJIANNYA * (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)

MATERI POKOK MATEMATIKA SMP KELAS VIII (DELAPAN)

  • 3.1. Membuat generalisasi dari pola pada * BARISAN BILANGAN dan BARISAN KONFIGURASI OBJEK *
  • 3.2. Menjelaskan * KEDUDUKAN TITIK DALAM BIdanG KOORDINAT KARTESIUS * yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
  • 3.3. Mendeskripsikan dan manyatakan * RELASI dan FUNGSI * dengan menggunakan berbagai representasi (kata-kata, tabel, grafik, diagram, dan persamaan)
  • 3.4. Menganalisis * FUNGSI LINEAR (SEBAGAI PERSAMAAN GARIS LURUS) * dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
  • 3.5. Menjelaskan * SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL * dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
  • 3.6. Menjelaskan dan membuktikan * TEOREMA PYTHAGORAS dan TRIPEL PYTHAGORAS *
  • 3.7. Menjelaskan * SUDUT PUSAT, SUDUT KELILING, PANJANG BUSUR, dan LUAS JURING LINGKARAN *, serta hubungannya
  • 3.8. Menjelaskan * GARIS SINGGUNG PERSEKUTUAN LUAR dan PERSEKUTUAN DALAM DUA LINGKARAN * dan cara melukisnya
  • 3.9. Membedakan dan menentukan * LUAS PERMUKAAN dan VOLUME BANGUN RUANG SISI DATAR * (kubus, balok, prisma, dan limas)
  • 3.10. Menganalisis data berdasarkan distribusi data, nilai * RATA-RATA, MEDIAN, MODUS *, dan sebaran data untuk mengambil kesimpulan, membuat keputusan, dan membuat prediksi
  • 3.11. Menjelaskan * PELUANG EMPIRIK dan TEORETIK SUATU KEJADIAN * dari suatu percobaan

MATERI POKOK MATEMATIKA SMP KELAS IX (SEMBILAN)

  • 3.1. Menjelaskan dan melakukan operasi * BILANGAN BERPANGKAT, BILANGAN RASIONAL dan BENTUK AKAR *, serta sifat-sifatnya
  • 3.2. Menjelaskan * PERSAMAAN KUADRAT * dan karakteristiknya berdasarkan akar-akarnya serta cara penyelesaiannya
  • 3.3. Menjelaskan * FUNGSI KUADRAT * dengan menggunakan tabel, persamaan, dan grafik
  • 3.4. Menjelaskan hubungan antara koefisien dan * DISKRIMINAN FUNGSI KUADRAT DENGAN GRAFIKNYA *
  • 3.5. Menjelaskan * TRANSFORMASI GEOMETRI * (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
  • 3.6. Menjelaskan dan menentukan * KESEBANGUNAN dan KEKONGRUENAN * antar bangun datar
  • 3.7. Membuat generalisasi * LUAS PERMUKAAN dan VOLUME BERBAGAI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG * (tabung, kerucut, dan bola)

Sebagai pendukung dalam pencapaian kompetensi di atas, pemerintah mengeluarkan Buku Matematika SMP Kurikulum 2013 yang sudah dapat di download pada Buku Matematika SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru Untuk Siswa dan Guru.

Jika melihat apa yang diharapkan pemerintah terhadap pencapaian kompetensi siswa SMP seperti yang disampaikan di atas, pekerjaan bapak ibu guru ternyata cukup berat. Apalagi materi pokok pembelajaran SMP di atas adalah kompetensi minimal yang diharapkan dikuasai oleh siswa.

Kita berdoa dan berharap para siswa di SMP tetap SEMANGAT MENCOBA MEMPELAJARI HAL-HAL BARU, biar apa yang diharapkan orang tua, guru atau pemerintah dapat optimal tercapai.

Catatan tentang Urutan Materi Pokok Pembelajaran Matematika SMP Kurikulum 2013 di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Kurikulum berubah, tidak otomatis kualitas pendidikan meningkat. Namun, jika kualitas guru meningkat, kualitas pendidikan pasti meningkat, itu kuncinya.