Nol Atau Kosong

Pada Discussion Board di salah satu situs pertemanan facebook.com di tampilkan topik yang sederhana untuk didiskusikan, yaitu:
Kita sering dengar orang membaca "nol" menjadi "kosong".
Apa yang menjadi persamaan dan perbedaan "nol" dan "kosong".

Banyak dari teman-teman yang memberikan pendapatnya tentang perbedaan dan persamaan "Nol dan Kosong". Berikut sebagian pendapat dari mereka yang mungkin bisa kita jadikan catatan:
Beby Arisca
persamaannya: Sama2 ga da isinya atau ga da nilainya.
perbedaannya: Klo nol tuh digunakan dalam matematika n kosong digunakan dalam ilmu fisika kale pak, misnya suatu wadah yg ga berisi air bs diblg wadah itu kosong...

Ernesto Eyenk
Pak Def, Yth.
"Nol" adalah 'bilangan' yg nilainya adalah 'nol'.
sedangkan "kosong" adalah 'tidak ada' dan bukan 'bilangan'
Makanya di dlam matematika tidak bilangan lain [selain 'nol' tidak pernah dipadankan dgn 'kosong', karena kosong bukanlah 'bilangan']. Tetapi dipadankn dgn 'nol', karena 'nol' adalah bilangan.
Tetapi di dalam pen-score-an [pertandingan olah raga] org sering membahasakn "0-1" menjadi "kosong-satu". Itu salah, dan seharusnya "0-1" tetap dibaca dgn "nol-satu".
Kalau pak Def menyuruh saya menulis "nol", maka akan saya tulis "0".
Tetapi jika pak Def menyuruh saya menulis "kosong", maka saya tidak akan melakukan apapun...

Gilbert Datubara
yah dah jelas beda lah pak..
NOL tu mpunyai nilai, sdangkan KOSONG tidak ada nilainya...
contohnya aja lah pak, klo bapak buat nilai kami, klo yg gk datang ujian, nilainya KOSONG kan??? bukan NOL...
klo NOL untk yg jwbannya gk da yg benar satu pun...
btul gk pak??
atw aq yg sok tau????

Yetti Bintang
NOL = KOSONG...???
NOL = nilai
KOSONG = - nilai

Sonya Tampubolon
"nol" dan "kosong" jelas beda laaahh
"nol" itu bilangan / nilai
"kosong" itu artinya "tidak ada"
persamaan "nol" dan "kosong" mnurut gw sih krn "nol" menunjukkan nilai "tidak ada plus dan tidak ada minus", makanya org sering nyebut "nol" sbg "kosong"
cheers!
^_*
Sonya Tampubolon
Senior Editor
SPICE! Magazine
Fransiskus Tarigan
persamaan kosong dengan nol itu,
sama2 memiliki pengertian tidak ad sama sekali.....
sdngkan perbedaannya,
hanya tuhan yang tau...
hehehehe....

perbedaannya mgkn pemakainnya pak.
nol tu d pakai pd waktu suatu "pernyataan" tu berhubungan dgn jumlah,angka...
sedangkan kosong tu berhubungan dengan "ruang"....
ruang d sni bukan ruangan seperti biasanya yg kita kira,
melainkan ruang dalam arti luas...
klo bhasa inggrisny "space"...

yah,u know lah....
hehehehe.....
_Fr eka_

Dendy Noex Gozali
"0" adalah hasil yg didapatkan karena mengerjakan/menghasilkan sesuatu, sedangkan "kosong" tidak ada sesuatu yg dikerjakan/dihasilkan, namun kosong identik dgn 0, tp 0 lum tentu identik dgn kosong. cthny, saat ujian, kita mengerjakan soal pelajaran dr 5 pertanyaan, di jawab semuany oleh siswa, namun jawabanny salah semua sehingga mendapat nilai 0 [setidakny ada hasil], sedangkan kosong tidak mengerjakan soal tersebut, sehingga mendpt nilai nol. ribet y ?! aq pun binggung jelasinny gimana pak.
tp intiny "0" menghasilkan sesuatu, sdngkan "kosong" tdk menghasilkan sesuatu.

Roseanne Laurelia Pieter
um ....
kalo misalnya kalo nyebut nomor , nmr apapun itu kadang qta blng "0" itu "kosong" dan arti'y sama aja ..
tapi dLm kondisi tertentu , trdpt perbedaan antara "0" dengan "kosong" , saya perna dnger dr guru kalo d bank itu [maaf kalo salah :p] jika qta mnyebut kata "nol" maka mrk akan mnuliskan "0" . tapi jika yg qta sbutkan "kosong" mka mrk akan mnuliskan "-" .. ituh sajah . haha :p

Limjan Silalahi
Nol dan kosong ga bisa dipisahkan....
nol dari apa dan kosong dari apa?
jadi nol... itu kosong dari bilangan dan kosong itu adalah nol dari keadaan berisi.........
kosong sudah berarti lepas dari keberadaan suatu eksistensi.......
persamaannya... sama sama untouchable.............and unimaginable................
cocok?

Ronald Nathan Naibaho
yg ku tau lae,persamaannya sama2 tidak memiliki nilai.perbedaannya kosong merupakan bahasa baku tapi nol merupakan bahasa gaul yg menjadi bahasa baku [disempurnakan] yg berarti juga kosong.begitu kayaknya lae

Apa yang disampaikan diatas adalah apa yang mereka ketahui atau apa yang pernah mereka pelajari atau apa yang pernah mereka baca, Anda punya pendapat, mari kita sampaikan.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Matematika Dapat Mempengaruhi Karakter Kita;

You Might Also Like: