Ujian Nasional Diulang

Keputusan kontroversial dikeluarkan pemerintah, Ujian Nasional akan diulang di beberapa propinsi dan sekolah. Ini adalah berita Lucu, Senang dan Menyedihkan, bagus ya pemerintah kita langsung dapat tiga nominasi berita dalam satu judul.

Jadwal Ulang UN bagi Ratusan Pelajar SMAN
MADIUN, KOMPAS.com — Sedikitnya 140 pelajar SMAN 1 Wungu, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dijadwalkan mengikuti ujian nasional ulang yang diselenggarakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Jakarta akibat dinyatakan tidak lulus dalam UN pada 20 April. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun Sumardi, Sabtu (30/5), membenarkan jika ratusan siswa di wilayahnya dinyatakan tidak lulus dan harus mengulang pada UN.

"Keputusan mengulang itu diambil oleh BSNP Jakarta, yang menemukan kesalahan secara serempak dari ratusan siswa tersebut pada lembar jawaban yang diujikan. Kesalahan serempak ini diketahui saat proses scanning pemeriksaan lembar jawaban ujian," ujarnya. lanjutkan baca: http://edukasi.kompas.com/read/xml/2009/05/31/04364326/jadwal.ulang.un.bagi.ratusan.pelajar.sman

Kenapa saya katakan ini berita yang LUCU karena ketika pemerintah menyatakan Ujian Nasional dijadikan sebagai patokan untuk mengukur tingkat kelulusan siswa mereka tidak mendengar banyaknya kritikan dari masyarakat dan saya rasa para guru juga dominan tidak menyetujui hal tersebut.

Tapi apa yang terjadi sekarang ketika di beberapa propinsi dan sekolah yang termasuk sekolah unggulan siswanya tidak lulus 100% mereka mengatakan dengan berbagai alasan bahwa UN harus diulang di beberapa propinsi dan sekolah. Kenapa jika pada sekolah unggulan siswanya tidak lulus 100%, UN harus diulang. Sedangkan tahun lalu ada sekolah yang bukan masuk kategori sekolah unggulan, siswanya tidak lulus 100% dan tidak ada pengulangan UN di sekolah tersebut tetapi hanya diberikan paket C. Lucu atau tidak ya?

Sekarang kenapa berita tersebut saya katakan berita yang MENYENANGKAN, iya sudah pasti menyenangkan karena siswa-siswa yang seharusnya tidak lulus UN ada kemungkinan untuk lulus kembali. UN yang sudah diulang di sekolah tersebut akan memberikan hasil yang berbeda dan mereka harus berbangga karena pemerintah tidak suka kalu mereka tidak lulus. Berbeda dengan siswa-siswa lain yang tidak diperdulikan pemerintah mau lulus atau tidak. Saya juga hanya mengingatkan kepada siswa-siswa yang akan Ujian Nasional lagi, jangan jatuh kelobang yang sama dua kali. Selamat ujian kembali.

Terakhir kenapa berita diatas saya katakan berita yang MENYEDIHKAN. Untuk yang ini sulit bagi saya untuk menuliskan kesedihan saya mau saya tulis dari objek yang mana?. Siapa yang salah sehingga sampai semua itu bisa terjadi ‘seratus persen tidak lulus’ apakah murid, guru, sekolah, orang tua, lingkungan, teknologi, sistem pendidikan, pemerintah atau bahakan buku-buku pelajaran yang tidak relevan. Atas dasar objek diataslah saya tidak bisa menuliskan kesedihan saya mau saya tulis dari objek yang mana. Yang pasti saya sedih mendengar berita tersebut.

Bagaimana menurut Anda?

Sistem pendidikan yang diterapkan sekarang ini masih perlu dilakukan perbaikan, mari kita simak bagaimana cara kreatif meminta perbaikan sistem pendidikan;

You Might Also Like: