Ujian Nasional 2012

Sambil menunggu teman dan membaca berita yang sedikit funny di detik.com, berikut kutipannya saya ambil dari detik.com

"Hasil Ujian Nasional (UN) sampai saat ini baru menjadi syarat kelulusan siswa. Namun jika hasil UN tingkat SMA tahun 2012 kredibel, dapat menjadi syarat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). "Kalau hasilnya kredibel, dapat dipertanggungjawabkan. Sesuai PP 19 Tahun 2005, harusnya bisa untuk syarat masuk PTN," kata anggota Koordinator UN tingkat pusat, Prof Dr Djemari Mardapi kepada wartawan dalam Sosialisasi UN 2012 di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY, Rabu (28/12/2011). Djemari mengatakan usulan itu sudah mendapat lampu hijau dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dan Ditjen Dikti. Namun Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) masih menunggu hasil UN yang digelar 16 April 2012.

Lucu dan sedih itu yang ada dipikiran saya sekarang, Pemerintah mengatakan siap gelar Ujian Nasional 2012 seperti yang mereka beritakan di website kementerian pendidikan dan kebudayaan.

UN untuk tingkat SMA/MA akan berlangsung pada 16-19 April 2012, dan
UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April,

Untuk jenjang SMP/MTs dan SMPLB, UN akan dilaksanakan pada 23-26 April 2012, dan
UN susulan akan berlangsung pada 30- 4 Mei 2012.

Sedangkan untuk jenjang SD/MI/SDLB UN akan digelar pada 7-9 Mei 2012, dan
UN susulan akan dilaksanakan pada 14-16 Mei 2012.

Hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK akan diumumkan pada 24 Mei 2012.
Tingkat SMP/MTs, SMPLB dan SMALB pada 2 Juni 2012.

Sedangkan untuk pengumuman kelulusan UN tingkat SD menjadi kewenangan setiap provinsi.

Jadwal pelaksanaan sudah ada tetapi Pemerintah tidak bisa menjamin hasil UN 2012 nanti sudah kredibel seperti yang diharapakan PTN agar dapat dijadikan salah salah patokan untuk masuk PTN. BSNP-pun harusnya malu mengakui kredibel hasil UN setelah melihat hasil UN 16 April 2012.

Ini membuktikan Ujian Nasional 2012 belum ada bedanya dengan UN sebelumnya, karena teman Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu BSNP tidak mau memberikan kredibel hasil UN sekarang, menunggu hasil UN katanya.

Ada banyak cara agar hasil UN kredibel, karena di negara kita ini ada ujian yang setiap tahunya dilaksanakan dan hasilnya selalu diakui oleh PTN, yaitu SNMPTN atau Ujian masuk STAN. Kenapa kedua contoh ujian tersebut dapat berjalan dengan baik, pemerintah bisa belajar dari kedua ujian tersebut.

Usulan sederhana untuk UN 2012 agar berlangsung dengan baik, sebaiknya pemerintah tidak memberitahukan berapa banyak paket soal UN, jadi sekolah bisa saja mendapat 20 paket soal UN atau lebih. setiap siswa setiap harinya tidak menerima paket soal yang sama dan ini semua dapat diatur di POS UN 2012.

Pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan tolong diperbaiki sistem pelaksaan UN jika masih mau dilaksanakan. Jika Anda tidak bisa memperbaiki sistem pelaksanaanya segeralah hapuskan UN dan serahkan kepada sekolah untuk menentukan kelulusan siswa seperti tahun-tahun sebelumnya

Mari kita dukung Revolusi Mental, untuk perubahan yang lebih baik. Video ilustrasi berikut mungkin bisa mengajak kita untuk ikut berubah;

You Might Also Like: