Google Memberikan Penghargaan Kepada Matematikawan

Logo google kali ini mengingatkan kita kepada seorang matematikawan yang lahir di Swiss yaitu Leonhard Euler. Google selalu berusaha mengingatkan kita kepada sejarah dunia dan ini menurut saya adalah sebuah penghargaan yang besar agar kita jangan melupakan sejarah. Leonhard Euler lahir di Basel, Swiss, tanggal 15 April 1707 dan meninggal di St. Petersburg, Rusia, tanggal 18 September 1783. Euler [dilafalkan "oiler"] adalah matematikawan dan fisikawan Swiss. Ia dipandang [bersama Archimedes, Gauss, dan Newton] sebagai salah satu matematikawan terbesar sepanjang masa.

Euler menyumbangkan berbagai penemuan penting di bidang-bidang yang beragam seperti kalkulus dan teori graf. Dia juga memperkenalkan terminologi dan notasi matematika modern, terutama untuk analisis matematika, seperti konsep fungsi matematika. Dia juga dikenal dengan karya-karyanya dalam bidang mekanika, dinamika fluida, optika dan astronomi.

Dia merupakan salah satu matematikawan paling subur. Kumpulan karyanya memenuhi 60-80 volume kuarto. Pernyataan yang disebutkan berasal dari Pierre-Simon Laplace menyatakan pengaruh Euler dalam matematika: "Baca Euler, baca Euler, dialah tuan kita semua."

Euler ditampilkan pada seri keenam uang kertas 10 franc dan pada banyak perangko Swiss, Jerman dan Rusia. Untuk menghormatinya, nama salah satu asteroid, 2002 Euler berasal dari namanya. Dia juga dikenang oleh Gereja Lutheran pada kalender para Santa Lutheran pada tanggal 24 Mei. Euler merupakan penganut taat agama Kristen, dan mempercayai bahwa Alkitab bersih dari kesalahan, dan berargumen sengit melawan para ateis ternama pada zamannya.

Suka matematika tapi tidak kenal dengan Bapak Hendra Gunawan kurang seru, yuk mengenal salah satu matematikawan Indonesia melalui video berikut;

You Might Also Like: