Yang Harus Anda Ketahui Tentang UN 2013

Ujian Nasional beberapa hari lagi akan dilaksanakan, tepatnya tanggal 15-18 April 2013 untuk tingkat SMA/MA dan untuk melihat jadwal lengkap dapat Anda lihat Ujian Nasional 2013. Ada banyak hal baru dalam penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun 2013 bagi peserta didik tahun ajaran 2012/2013 ini.

Apa saja yang baru dalam UN 2013 ini...
1. Variasi soal ujian lebih dari 20 jenis
Katanya 20 jenis, kenapa pakai kata lebih, untuk soal cadangan juga beda variasinya dengan 20 variasi soal yang di ruangan. Untuk masalah variasi soal ini tidak ada masalah kalau kita memang sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dengan variasi soal seperti ini maka kita akan ujian dengan tenang karena teman di belakang atau di samping kita tidak lagi berusaha memanggil kita untuk meminta jawaban.

2. Naskah soal dan lembar jawaban ujian nasional (LJUN) merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan
Pemanfaatan sistem barcode pada lembar soal dan lembar jawaban UN atau soal dan LJUN merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Jika pada UN sebelumnya di saat UN berlangsung dan tanpa sengaja LJUN Anda rusak maka Anda minta ganti LJUN dan yang diganti adalah hanya LJUN. Untuk tahun 2013 ini, jika Anda ganti LJUN maka soal Anda juga akan diganti. Artinya Anda akan mendapat pasangan soal dan LJUN yang baru jadi Anda akan mengerjakan soal lagi dari nomor 1. Saya harap ini tidak terjadi, bayangkan Anda harus mengerjakan ulang lagi dari nomor 1 sedangkan waktu tambahan tidak ada.

3. Hasil UN dapat dijadikan paspor masuk perguruan tinggi negeri (PTN)
Hal baru yang tak kalah menarik perhatian adalah hasil UN dapat dijadikan paspor masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Pola penerimaan mahasiswa tanpa tes seperti ini, hanya menggunakan nilai UN dan rapor, disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tapi untuk yang ini masih informasi saja, karena belum ada PTN yang mengeluarkan pernyataan bahwa mereka menggunakan hasil UN sebagai acuan dalam menerima mahasiswa baru.

4. Anda tidak kesepian karena 3.224.179 siswa jenjang menengah atas seluruh Indonesia akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2013 yang akan diselenggarakan serentak pada 15 April mendatang.
Berdasarkan data dari BSNP, 1.268.834 siswa Sekolah Menegah Atas (SMA), 331.177 siswa Madrasah Aaliyah (MA), 1.131.006 dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 1.189 dari SMA Luar Biasa, 191.917 dari Paket C dan 56 orang dari Paket C Kejuruan.

Akhir tulisan ini saya hanya berharap Ujian Nasional tahun ini dapat berlangsung sesuai dengan rencana dan mendapatkan hasil yang terbaik. Terbaik untuk siswa dan terbaik untuk guru. Kepada peserta didik yang akan Ujian Nasional saya ucapkan selamat ujian.

Mari kita dukung Revolusi Mental, untuk perubahan yang lebih baik. Video ilustrasi berikut mungkin bisa mengajak kita untuk ikut berubah;

You Might Also Like: