Google Mengenang Desainer Saul Bass

Siapa orang dibalik video google search hari ini, dia adalah Saul Bass [May 8, 1920 – April 25, 1996]. Bass memulai karirnya sebagai graphic designer freelance yang berasal dari Bronx, New York. Pada tahun 1956, ia hijrah ke Los Angeles dan kemudian membuka studio sendiri pada tahun 1950. Selain mendesain poster-poster film mainstream Hollywood pada pertengahan abad 20-an, Bass juga berpartisipasi dalam pembuatan opening sequence film, yakni beberapa menit pertama dalam film yang menampilkan judul film serta nama pemain dan krunya.

Desainer ini adalah salah satu yang paling terkenal di dunia lewat karya poster serta logonya. Tidak seperti designer-designer lain yang biasa mencaplok foto-foto pemain film, background, serta setting dalam satu poster sehingga memberi kesan ramai, Bass mendesign karya-karyanya sesederhana mungkin. Gaya desain Bass mudah dikenali dengan penggunaan banyak space negatif, warna kontras, dominasi warna kuning dan merah, font block, bentuk geometris yang menonjolkan dan mendramatisasikan aspek penting film, serta unsur ketebalan. Semua aspek tersebut berhasil menampilkan sebuah desain yang tidak ramai.
Contohnya, di poster The Man With the Golden Arm [1955] Bass menekankan unsur tebal, bentuk geometrik yang sederhana, serta interpretasi harafiah dari subjek film [yaitu kecanduan heroin], lewat sebuah tangan yang menjulur keluar [gambar a].

[gambar a]


[gambar b]


[gambar c]


[gambar d]


Dalam poster film Anatomy of a Murder, Bass menekankan unsur misteri yang sulit dipecahkan layaknya puzzle lewat gambar sebuah tubuh yang terpotong-potong [gambar b]. Untuk film Vertigo [1958], fokus audiens pada poster terletak pada gambar spiral yang menghipnotis dan memusingkan [gambar c].

Selain berpartisipasi dalam dunia poster film, Bass juga dikenal melalui karya-karya logonya. Siapa yang menyangka logo-logo terkenal yang kamu kenal seperti [gambar d] adalah kreasi Bass? [blog.sribu.com]

Sering lihat video keren di facebook tapi kesulitan untuk mendowloadnya, coba ikuti langkah-langkahnya pada video berikut mungkin membantu;

You Might Also Like: