Soal Matematika Anak SD Kelas 5 di Singapura Ini Menakjubkan

Kemampuan dalam memecahkan masalah adalah tujuan utama dari pendidikan atau bisa kita sebut dengan bahasa kerennya menjadi 'the solvers'. Kemampuan siswa kita dalam memecahkan masalah menjadi perhatian yang sangat perlu, karena negara-negara maju seperti Singapura juga memberikan kemampuan memecahkan masalah kepada siswa sejak dini.

Salah satu soal Matematika anak kelas 5 SD di Singapura dan begitu yang juga disampaikan di straitstimes.com dengan judul asli 'Primary 5 maths question goes viral, stumps adults'.

Albert dan Bernard baru saja berteman dengan Cheryl dan mereka ingin mengetahui hari ulang tahunnya. Cheryl lalu memberikan 10 pilihan, yaitu:
15 Mei, 16 Mei, 19 Mei
17 Juni, 18 Juni
14 Juli, 16 Juli,
14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus

Cheryl kemudian mengatakan kepada Albert dan Bernard secara terpisah tentang bulan dan tanggal ulang tahunnya secara berurutan.
Albert dan Bernard kemudian membuat pernyataan:
Albert : Saya tidak tahu kapan ulang tahun Cheryl, tetapi saya yakin Bernard tidak mengetahuinya juga.
Bernard : Awalnya saya tidak tahu ulang tahun Cheryl, tetapi saya sekarang tahu.
Albert : Berarti saya juga tahu ulang tahun Cheryl.

Jadi, kapan ulang tahun Cheryl?
Soal ini juga mendapat perhatian yang sangat banyak dari para pembaca di straitstimes.com tersebut dengan memberikan komentar langsung. Ada yang berpendapat soal matematika kelas 5 SD di Singapure. Wuiihh… mantap kan soalnya. Soal logika yang bahkan orang dewasa sekalipun belum tentu bisa mengerjakan tetapi di singapur diberikan ke siswa kelas 5.

Pembahasan Versi Bapak Nursatria Adikrisna

Alternatif Pembahasan:

Hint

Penjelasan Bapak Nursatria Adikrisna, seorang pecinta matematika dan alumni Universitas Gajah Mada menuturkan di ariaturns.wordpress.com
Dari soal, kita mendapatkan informasi yaitu Albert mengetahui bulan kelahiran Cheryl sedangkan Bernard mengetahui tanggalnya.

  1. Penyataan pertama mengatakan Albert yang mengetahui bulan kelahiran cheryl tidak mengatahui ulang tahun Cheryl dan dia yakin Bernard juga tidak tahu. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa bulan kelahiran Cheryl bukanlah bulan yang terdapat tanggal unik yaitu 19 mei dan 18 Juni ( angka 18 dan 19 hanya muncul sekali sedangkan angka-angka lain muncul 2 kali, inilah saya maksud dengan unik) Karena Bernard mengetahui tanggal kelahiran Cheryl, jika cheryl lahir di tanggal unik maka pasti Bernard segera tahu ulang tahun Cheryl. So kita coret bulan mei dan juni, tanggal yang tersisa adalah: 14 Juli, 14 Agustus, 16 Juli, 15 Agustus dan 17 Agustus.
  2. Setelah mendengar pernyatan Albert maka Bernard yang awalnya tidak tahu menjadi Tahu kapan ulang tahun Cheryl. Meskipun kita tidak tahu bagaimana caranya Bernard mengetahui ulang tahun Cheryl tetapi dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa ulang tahun Cheryl bukan tanggal 14 juli ataupun 14 Agustus. Ingat, Bernard mengetahui tanggal kelahiran kalau Chery ulang tahun di tanggal 14 maka Bernard akan kebingungan apakah 14 Juli atau 14 Agustlus.
  3. So… kita coret tanggal 14 Juli dan 14 Agustus, tanggal yang tersisa adalah 16 Juli, 15 Agustus dan 17 Agustus.
  4. Sekarang Albert mengetahui ulang tahun Cheryl. Itu artinya Cheryl mustahil lahir di Bulan Agustus karena Jika Cheryl lahir di Bulan Agustus maka albert yang mengetahui bulan kelahirannya akan kebingungan disebabkan ada 2 tanggal di bulan agustus. So.. disimpulkan ulang tahun Cheryl adalah tanggal 16 Juli.


Penjelasan Versi Bapak Nicholas Giovanni

Alternatif Pembahasan:

Hint

Penjelasan Bapak Nicholas Giovanni, Asisten Laboratorium Fisika Metalurgi pada Departemen Teknik Metalurgi dan Material, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, seperti dituturkan pada kompas.com
Kemungkinan awal adalah 15 Mei, 16 Mei, 19 Mei, 17 Juni, 18 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila ulang tahun Cheryl adalah 18 Juni ataupun 19 Mei, maka Bernard yang diberi tahu angka pasti langsung tahu karena angka 18 dan 19 tidak terdapat pada bulan-bulan lain.

Sisa kemungkinannya: 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bila Albert diberi tahu bahwa bulan ultah Cheryl adalah Mei atau Juni, maka Albert tidak akan bisa mengatakan, “I know that Bernard does not know, too.” Hal itu membuktikan bahwa Albert diberi tahu bahwa ultah Cheryl antara Juli atau Agustus.

Sekarang, sisa kemungkinannya adalah 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Bernard diberi tahu tanggal. Dari perkataan Albert, Bernard tahu bahwa Albert diberi tahu bulan Juli atau Agustus. Bila Bernard diberi tahu tanggal 14, maka dia masih akan bingung karena terhadap 14 Juli dan 14 Agustus. Nyatanya dia berkata, “But, I know”. Berarti Bernard tidak diberi tahu bahwa tanggalnya adalah 14.

Pada tahapan ini, Bernard telah mengetahui bahwa ulang tahun pada tanggal 16 Juli. Sebabnya, Cheryl telah memberitahu Bernard bahwa anggal kelahirannya adalah 16.

Sebelumnya, sisa kemungkinannya adalah 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Agustus, maka dia masih akan bingung karena ada 15 Agustus dan 17 Agustus. Bila Albert diberi tahu bulannya Juli, maka dengan tereliminasinya tanggal 14 Juli, maka satu-satunya sisa tanggal adalah 16 Juli. Oleh karena itu, Albert berkata, “Then I also know when….”



Mari berdiskusi atau berpendapat jika Anda punya cara atau strategi yang lebih mudah dipahami anak SD terkhusus dipahami anak kelas 5 SD.

Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;

You Might Also Like: