Soal dan Pembahasan Matematika Kelas 3 SD Di Vietnam Yang Hampir Bikin Heboh

Soal matematika kelas 3 SD dari Vietnam ini katanya tidak bisa diselesaikan oleh seorang yang bergelar Doktor. Seperti itulah informasi yang berhasil diliput dari medan.tribunnews.com yang membuat judul sedikit provokatif "bahkan seorang bergelar doktor tak bisa menjawab soal kelas 3 sd ini"

Jika melihat soal yang diberikan sangat sederhana, yaitu soal tersebut menyuruh kita untuk mengisi beberapa kotak kosong dengan angka 1 sampai 9 dengan tidak ada angka yang berulang sehingga menjadi persamaan yang masuk akal.

Untuk lebih jelasnya mungkin bisa diperhatikan gambar, dan 9 kotak yang kosong pada gambar kita isi dengan angka 1 sampai 9 sehingga operasi aljabar yang disajikan benar sampai pada hasil akhir 66.

Soal matematika sudah beberapa kali menjadi topik hangat di dunia maya. Indonesia sendiri pernah dengan kasus sederhananya yaitu kasus perkalian 4x6 dan terakhir Soal Matematika Kelas 5 SD Singapura.

Sekarang coba dimunculkan soal anak kelas 3 Sd dari Vietnam dan sepertinya belum seheboh soal matematika yang dari singapura kemarin. Padahal kabarnya Tran Phuong (pembuat soal) sudah memberikan soal ini ke seseorang yang bergelar Doktor dan tidak berhasil menyelesaikannya.

Jebakan soal diatas sebenarnya ada pada urutan operasi perhitungan umum, mulai dari perkalian atau pembagian lalu penjumlahan atau pengurangan.

Kata guru Tran Phuong kepada VN Express, "Soal ini terasa rumit meski untuk ukuran orang dewasa yang hebat dalam matematika. Apalagi untuk siswa SD kelas 3 di daerah pedesaan,". Guru Tran Phuang ini pulahlah yang mengirim soal itu kepada beberapa orang, termasuk para doktor ekonomi yang pandai matematika. Tapi mereka tidak bisa menjawabnya."

Sebagai tambahan informasi saat ini Vietnam termasuk hebat dalam daftar PISA, organisasi penyelenggara penilaian tingkat dunia yang diselenggarakan tiga-tahunan, untuk menguji performa akademis anak-anak sekolah yang berusia 15 tahun dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan membaca.

Vietnam berada di peringkat 17 dalam bidang matematika dan 8 dalam ilmu pengetahuan, mengungguli banyak negara Barat seperti Inggris (peringkat 26 dan 20) dan Amerika Serikat (peringkat 36 dan 28).

Setelah Anda lihat soal matematika diatas, apakah Anda yakin sekelas orang bergelar Doktor yang pandai matematika tidak bisa menyelesaikan soal tersebut?. Coba ambil kertas buramnya, coret-coret untuk mencobanya siapa tahu Anda lebih hebat dari Doktor yang disebutkan diatas.

Isi beberapa kotak kosong dengan angka 1 sampai 9 dengan tidak ada angka yang berulang sehingga menjadi persamaan yang masuk akal

Alternatif Pembahasan:

Hint

Untuk menyelesaikan soal ini dengan cara berpikir anak SD kelas 3 adalah dengan cara mencobakan angka 1 sampai 9 kedalam kotak sampai operasi alajabar bernilai benar. Istilah kerennya itu menggunakan sistem trial and error, mungkin Doktor yang disebut diatas tidak bisa mengerjakan soal ini karena doktor itu berusaha berfikir dengan cara anak kelas 3 SD, sehingga soal ini sangat sulit dan bahkan tidak ketemu jawabnya.

Tetapi untuk anak SD kelas 5 keatas mungkin sudah bisa mengerjakan ini dengan menggunakan variabel, lalu menggunakan asumsi-asumsi yang mungkin terjadi. Mari kita coba;

Kita misalkan kotak kosong isinya berturut-turut adalah $ a, b, c, d, e, f, g, h, i $ sehingga kita peroleh persamaan sebagai berikut:
$ a + 13 \times b : c + d + 12 \times e - f - 11 + g \times h : i - 10 = 66 $
$ a + 13 \times \frac{b}{c} + d + 12 \times e - f - 11 + \frac{g \times h}{i} - 10 = 66 $
$ a + 13 \times \frac{b}{c} + d + 12 \times e - f + \frac{g \times h}{i} = 87 $
Dari persamaan diatas kita alan berusaha mengantikan $ a-i $ menjadi angka $ 1-9$.
Kita coba mulai, dengan asumsi sederhana yaitu kita asumsikan bahwa $ \frac{b}{c}$ dan $ \frac{g \times h}{i}$ merupakan bilangan bulat positif. Lalu dari persamaan diatas juga kita peroleh bahwa 87 adalah hasil penjumlahan 4 bilangan positif dan 1 bilangan negatif, sehingga dapat kita asumsikan kembali nilai $ \frac{b}{c}$ bilangan kecil yaitu saat $ b = 2,\ c = 1$ sehingga $ 13 \times \frac{b}{c} = 26 $ dan persamaan diatas sudah berubah menjadi
$ a + 26 + d + 12 \times e - f + \frac{g \times h}{i} = 87 $
$ a + d - f + 12 \times e + \frac{g \times h}{i} = 61 $

Untuk bilangan $ \frac{g \times h}{i}$ yang juga harus bilangan bulat sehingga angka 3,5 dan 7 tidak mungkin menggantikan $ \frac{g \times h}{i}$, maka angka 3,5 dan 7 kita coba menggantikan $ a + d - f $.

Bentuk persamaan sekarang sudah lebih sederhana yaitu:
$ 3 + 5 - 7 + 12 \times e + \frac{g \times h}{i} = 61 $
$ 12 \times e + \frac{g \times h}{i} = 60$

dari bentuk diatas angka yang belum kita pakai adalah 4,6,8 dan 9.
Pada $ 12 \times e + \frac{g \times h}{i} = 60$ jika kita memilih e lebih besar atau sama dengan dari 6 maka $ \frac{g \times h}{i}$ bernilai negatif sehingga kita pilih nilai e kurang dari 6 yaitu 4.

Persamaan menjadi $ \frac{g \times h}{i} = 12$ dan nilai $ \frac{g \times h}{i}=12$ adalah pada saat g = 9, h = 8 ,i = 6.
Hasil akhir dari perhitungan diatas adalah $ a=3,\ b=2,\ c=1,\ d=5, e=4,\ f=7, g=9, h=8, i=6 $



Terima kasih untuk ide pembahasannya untuk blog Pak Dimpun



Langka-langkah penyelesaian yang ditampilkan diatas sudah melewati beberapa keterangan untuk menghemat penulisan. Sebagai penutup, harus diakui untuk anak kelas 3 SD soal masih terlalu tinggi apalagi soal ini katanya diberikan pada sekolah yang berada di desa, jadi saya sependapat dengan guru Tran Phuong.

Pernah main game memindahkan air sampai dapat volume yang diinginkan tapi tidak berhasil menyelesaikannya, simak cara penyelesaiannya;

You Might Also Like: