Persiapan Menghadapi Proyek Pemerintah UKG 2015 [Download Kisi-Kisi Lengkap)]

Pemerintah sepertinya kembali melakukan sebuah proyek besar yaitu melakukan sebuah Uji Kompetensi kepada semua Guru [UKG] di seluruh Indonesia. Proyek UKG seperti ini pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu dimana hasilnya sangat mengecewakan pemerintah karena rata-rata nilai UKG adalah 4,7.

Proyek UKG ini sangat besar dan pastinya menelan biaya yang sangat besar, dimana pemerintah tanpa kecuali akhir November 2015 akan menguji seluruh guru tanpa kecuali. Menurut data Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata menyampaikan, pemerintah baru memiliki potret Uji kompetensi Guru [UKG] terhadap 1,6 juta guru. Yang artinya UKG 2015 ini diikuti lebih dari 1,6 juta guru diseluruh Indonesia.

Di websitenya kemendikbud, Sumarna mengatakan, dengan ujian ini akan diketahui kemampuan guru. Bagi guru yang kompetensinya kurang, kata dia, akan diberikan pembekalan melalui pengembangan profesi berkelanjutan. "Tidak melulu tatap muka, tetapi bisa daring," katanya.
Guru-guru akan dikelompokkan sesuai kemampuannya mengacu pada hasil ujian tersebut. Mereka yang meraih skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sementara yang meraih skor kurang akan lebih banyak jumlah jamnya.

Pelaksanaan UKG ini sangat baik jika pemerintah melakukan intropeksi diri dan melakukan pemeriksaan ke lapangan secara langsung kenapa sampai nilai UKG guru-guru sangat rendah. Bukan hanya semata-mata mengatakan yang nilai UKG-nya rendah diberikan pembekalan.

Dari pelaksanaan UKG tahun 2013 pemerintah juga sudah punya data dari UKG beberapa tahun yang lalu, dan yang nilainya rendah hanya di diamkan saja tanpa ada tindakan nyata. Tahun ini pemerintah mengharapkan nilai rata-rata naik [4,7 menjadi 5,5] tetapi tanpa melakukan pembekalan kepada guru yang nilai UKG-nya rendah, pemerintah yang hebat.

Tetapi biarlah program pemerintah tahun ini kita dukung dan ikuti saja, mudah-mudahan UKG November 2015 memiliki perubahan yang signifikan dari UKG tahun 2013 kemarin, baik itu dari hasil ataupun dari tindak lanjut setelah UKG.

Kisi-kisi dibawah ini dapat menjadi pedoman dalam menambah wawasan para guru dan sebagai bekal di dalam menghapi UKG 2015. Kisi-kisi diambil dari website http://sergur.kemdiknas.go.id/,
Yang kesulitan mendownload dapat disimak cara mendownload dari mediafire disini.

Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013, mungkin video berikut dapat membantu kita dalam penerapan kuriulum 2013;

You Might Also Like: