Skip to main content

Tips Singkat Supaya Handphone Tidak Lemot (Lambat) Karena WhatsApp Group

Calon guru berbagi Tips Singkat Supaya Handphone Tidak Lemot Karena WhatsApp Group. Saat ini alat komunikasi Hand Phone dengan aplikasi WhatsApp sebagai pendukung sangat banyak membantu kita dalam berkomunikasi, belajar atau berbisinis dan whatsapp menjadi seperti sebuah kebutuhan.

Fasilitas WhatsApp untuk mengirim pesan, bertelepon atau video call yang sangat mudah seakan memaksa kita untuk memasang dan memakai aplikasi ini. Apalagi aplikasi ini menjadi aplikasi telekomunikasi paling banyak dipasang dan digunakan di seluruh dunia selain di negara Tiongkok. Untuk Indonesia saja lebih dari $75 \%$ pengguna internet menggunakan WhatsApp.

Selain alat berkomunikasi secara perorangan, whatsapp juga mempunyai fasilitas yaitu WhatsApp Grup (WAG). Mulai dari anak SD, mahasiswa, rekan sekantor dan tidak ketingggalan ibu se-RT mempunyai whatsapp grup sehingga jumlah whatsapp grup kita jumlahnya sangat banyak dan mempunyai whatsapp grup yang banyak membuat HP kita menjadi lambat (lemot).

Jalan pintas yang kita ambil adalah keluar dari grup, nahh.. berikut beberapa Tips Singkat Supaya Handphone Tidak Lemot (Lambat) Karena WhatsApp Group, jadi nggak usah keluar dari whatsapp grup.

Tips HP tidak hang dan lelet tanpa delete/clear chat

  • Buka WA
  • Masuk ke setting / setelan
  • Pilih "data usage" / "Penggunaan data"
  • Pilih "network usage" / "Penggunaan jaringan", kelihatan berapa Kb yang terpakai
  • Pilih "Reset statistic" / "Atur Ulang Statistik", paling bawah.
Hasilnya adalah semuanya menjadi 0 kb, terasa lebih cepat lagi dan tak ada data yang hilang. Silahkan dicoba..!!😉

Alternatif berikutnya adalah un-install aplikasi whatsapp lalu instal kembali. Tetapi jangan lupa membackup dan menyimpan percakapan atau file penting dari whatsapp.

Namun jika memori android masih penuh dan handphone masih terasa lambat?, mungkin tips berikut ini menjadi solusinya. Banyak dari kita pengguna smartphone android sering kali merasa aneh dengan kapasitas memori yang masih saja terasa penuh, padahal sudah banyak aplikasi yang telah di uninstall.

Karena hal demikian ada beberapa orang juga yang terpaksa me-reset smartphonenya seperti bawaan pabrik. Langkah ini sebenarnya juga baik namun setelah me-reset seperti bawaan pabrik maka pengguna harus mengatur ulang atau mendownload lagi aplikasi yang sekiranya penting dan sangat dibutuhkan. Belum lagi harus update kembali aplikasi yang ada dan updatenya bersamaan yang akan menjadikan smartphone terasa lemot dan boros paket data bagi yang menggunakan paket data.

Untuk menyelesaikan masalah di atas, silahkan dicoba bebrapa tips berikut ini:
  1. Bersihkan Cache
    Cache dalam aplikasi android adalah data-data yang disimpan masing-masing aplikasi dalam memori internal Android. Cache ini berfungsi untuk membuat aplikasi berjalan dengan cepat. Tapi cache inilah yang selalu membuat memori internal Android jadi penuh, maka dari itu kamu harus membersihkannya. Caranya adalah sebagai berikut:
    • Buka ‘Pengaturan’ (Setting)
    • Pilih ‘Aplikasi’ (Application)
    • Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application)
    • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya
    • Setelah itu tekan tombol ‘Hapus Cache’. (Clear Cache)
  2. Hapus folder .thumbnail
    Cara selanjutnya adalah menghapus folder .thumbnail. Jadi folder .thumbnail ini adalah folder yang berisi duplikat foto yang ada di galeri. Meskipun kita sudah menghapus foto, tapi duplikatnya masih tetap ada. Nah folder inilah yang membuat memori Android jadi penuh. Untuk itu kita perlu menghapusnya. Caranya adalah sebagai berikut:
    • Buka File Manager,
    • Pilih memori internal,
    • Buka folder DCIM.
      Nah, nantinya di dalam folder DCIM ini, akan ditemukan folder .thumbnail. Kita bisa langsung menghapus satu folder atau membuka folder dan memilih semua foto untuk dihapus.
    Meskipun sudah dihapus, nantinya folder ini akan muncul kembali seiring kita buka Galeri. Namun kita bisa menghapusnya lagi dan lagi sesuai kebutuhan.
  3. Pindahkan aplikasi Android ke Memori Eksternal / SD Card
    Cara memindahkannya demikian:
    • Buka ‘Pengaturan’ (Setting),
    • Pilih ‘Aplikasi’ (Application),
    • Pilih ‘Kelola Aplikasi’ (Manage Application),
    • Pilih aplikasi yang ingin dipindahkan, Tekan tombol "Move To SD Card"
    Kelemahan dari cara ini adalah tidak semua aplikasi dapat dipindahkan ke memori internal.
  4. Hapus file Sent WhatsApp
    Kalau memiliki aplikasi WhatsApp di Android, tidak heran jika memori internal Android jadi cepat penuh. Aplikasi WhatsApp ini memang menyedot kapasitas memori yang cukup besar. Hal ini bisa diatasi dengan menonaktifkan fitur auto download agar tidak semua gambar yang terkirim akan terdownload. Selain itu, ada folder tersembunyi yang tanpa disadari membuat memori internal penuh.
    Caranya :
    • Buka File Manager,
    • Pilih Memori Internal, lalu pilih folder WhatsApp.
    • Selanjutnya pilih Media –> WhatsApp Image –> Pilih Sent.
      Nah folder Sent inilah yang harus dihapus. Folder ini merupakan tempat tersimpannya file yang kita kirim kepada teman-teman dalam aplikasi WhatsApp.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Tips Singkat Supaya Handphone Tidak Lemot (Lambat) Karena WhatsApp Group silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Kreatifitas Siswa dalam Baris-berbaris, Sangat Kreatif;
youtube image
Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Tips Singkat Supaya Handphone Tidak Lemot (Lambat) Karena WhatsApp Group" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar