Skip to main content

Contoh RPP Untuk Semua Mapel SMA Kurikulum 2013 Revisi (Catatan Penting Guru)

Contoh RPP Untuk Semua Mapel SMA Kurikulum 2013 Revisi (Catatan Penting Guru)Contoh RPP dan Catatan Penting Tentang Kurikulum 2013 Revisi. Perubahan yang terjadi dalam kurikulum sangat penting untuk kita sosialisasikan, bukan hanya kepada tenaga pendidik atau tenaga kependidikan tetapi juga kepada masyarakat umum khususnya orang tua peserta didik.

Istilah-istilah baru pada kurikulum 2013 ini sebelumnya di share pada beberapa komunitas guru yang ada pada media sosial WhatsApp, Telegram atau Facebook. Agar masyarakat umum mengenal 'sedikit perubahan' ini maka tidak ada salahnya kita bagikan kembali.

Pada beberapa kabupaten/kota baru selesai dilaksanakan bimtek Kurikulum 2013 bagi guru sasaran. Guru sasaran yang diberikan bimtek adalah guru-guru yang mengajar di sekolah yang akan memakai Kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru nanti.

Dari informasi yang diterima, kerena keterbatasan biaya, guru-guru pada sekolah yang akan memakai kurikulum 2013 tidak semuanya diberikan bimtek. Sehingga ini memberikan ketimpangan informasi kepada guru-guru yang tidak ikut bimtek Kurikulum 2013. Untuk mengurangi ketimpangan informasi ini mudah-mudahan informasi berikut dapat membantu.

Perubahan Istilah Pada Kurikulum 2013

  • Istilah KKM [Kriteria Ketuntasan Minimal] berubah istilah menjadi KBM [Ketuntasan Belajar Minimal]
  • Istilah UH [Ulangan Harian] berubah istilah menjadi PH [Penilaian Harian]
  • Istilah UTS [Ulangan Tengah Semester] berubah istilah menjadi PTS [Penilaian Tengah Semester]
  • Istilah UAS [Ulangan Akhir Semester] berubah istilah menjadi PAS [Penilaian Akhir Semester]
  • Istilah UKK [Ulangan Kenaikan Kelas] berubah istilah menjadi PAT [Penilaian Akhir Tahun]

Permendikbud yang perlu dibaca dan dipahami pada Kurikulum 2013

  • Permendikbud No.20 Th 2016 tentang STANDAR KOPETENSI LULUSAN 😊 [Download File]
  • Permendikbud No.21 Th 2016 tentang STANDAR ISI PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH 😊 [Download File]
  • Permendikbud No.22 Th 2016 tentang STANDAR PROSES PENDIDIKAN DASAR dan MENENGAH 😊 [Download File]
  • Permendikbud No.23 Th 2016 tentang STANDAR PENILAIAN 😊 [Download File]
  • Permendikbud No.24 Th 2016 tentang KOMPETENSI INTI dan KOPETENSI DASAR 😊 [Download File]

RPP Kurikulum 2013 Revisi

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] pada kurikulum 2013 revisi yang dibuat tenaga pendidik harus memunculkan dan menginsert empat macam point yaitu:
  • PPK [Penguatan Pendidikan Karakter].
    Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter [PPK] didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel PPKn dari 18 Karakter prioritas.
  • Literasi.
    Mengintegrasikan literasi dan menginsert literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sesudah pembelajaran. *#Pengertian Literasi* dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah adalah kemampuan mengakses, memahami, dan menggunakan sesuatu secara cerdas melalui berbagai aktivitas antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah [GLS] merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.

    Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi dapat dijabarkan menjadi;
    • Literasi Dasar [Basic Literacy],
    • Literasi Perpustakaan [Library Literacy],
    • Literasi Media [Media Literacy],
    • Literasi Teknologi [Technology Literacy],
    • Literasi Visual [Visual Literacy].
    Silahakkan disimak penjelasan literasi dengan lengkap pada laman 6 Gerakan Literasi Nasional dan Materi Pendukung Penerapannya, keterampilan abad 21 atau diistilahkan dengan 4C [Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative];
  • Mengintegrasikan HOTS [Higher Order Thinking Skill] atau kemampuan berpikir tingkat tinggi [C4 s.d C6],
    Higher Order of Thinking Skill [HOTS] adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan.
  • Mengintegrasikan keterampilan hidup abad 21 atau dikenal dengan 4C [critical thinking, creativity, collaboration, communication] atau berpikir kritis, berkreasi, berkolaborasi/ bekerjasama, berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran.
    Inilah yang sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013, bukan sekadar transfer materi, tetapi pembentukan 4C. Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, abad di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan abad 21 sangat penting, 4 C adalah jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran [RPP] yang dibuat tenaga pendidik harus memunculkan dan menginsert empat macam point yang diatas yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS diperlukan kreatifitas tenaga pendidik untuk meraciknya menjadi RPP yang utuh.

Beberapa file berikut mungkin dapat dipelajari untuk membantu menyusun RPP;
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Katholik dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti
PenJasOrKes
PPKn
Matematika
Sejarah Indonesia
Seni Budaya
Prakarya dan Kewirausahaan
Bahasa Inggris
Bahasa Indonesia
Fisika
Biologi
Kimia
Geografi
Sosiologi
Ekonomi
Bahasa dan Sastra Perancis
Bahasa dan Sastra Jerman
Bimbingan dan Konseling
  • Modul Penguatan Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 2013 😊 [Download File]
File silabus atau RPP yang dibagikan diatas adalah file yang dibagikan kepada peserta Bimtek Kurikulum 2013 di tingkat kabupaten. Apa yang disampaikan diatas masih sebagian, masih ada lagi media pembelajaran dan contoh video pembelajaran. Tetapi karea kapasitasnya yang besar sehingga butuh waktu dan modal yang lumayan besar untuk menguploadnya. Untuk Contoh Video Pembelajaran sudah diupload ke 😊 [Video Pembelajaran]

Jika ada masukan yang sifatnya membangun terkait masalah Contoh RPP Untuk Semua Mapel SMA Kurikulum 2013 Revisi (Catatan Penting), silahkan disampaikan, kami dengan senang hati segera menanggapinya😊😊.

Jika BermanfaatπŸ‘Œ Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is CaringπŸ‘€

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Contoh Proses Belajar Mengajar yang dianjurkan pada Kurikulum 2013;
youtube image

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan yang berhubungan dengan "Contoh RPP Untuk Semua Mapel SMA Kurikulum 2013 Revisi (Catatan Penting Guru)" 😊 and thank you for your concern in support of blog
Buka Komentar
Tutup Komentar