Skip to main content

Panduan OSP dan Pedoman OSN Tahun 2019

Panduan OSP dan Pedoman OSN Tahun 2019Salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019 adalah melaksanakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang terdiri dari 9 (sembilan) bidang keilmuan yaitu bidang: Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi.

Tujuan dilaksanakan Olimpiade Sains tingkat Provinsi (OSP) ini adalah untuk menjaring siswa yang memiliki kompetensi/kemampuan sesuai dengan bidang olimpiade yang diminati, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuannya sesuai dengan bidang ilmu yang dimilikinya.

Panduan pelaksanaan OSP ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah panitia seleksi di tingkat provinsi agar penyelenggaraan seleksi dapat berjalan sesuai dengan pedoman yang telah disepakati bersama. Semoga panduan ini bermanfaat bagi pengelola di provinsi.

Kriteria Umum Peserta Seleksi

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan dokumen resmi seperti Kartu Pelajar, KTP, SIM, atau Paspor.
  2. Berminat dan memenuhi syarat minimal pengetahuan yang dinyatakan dalam bentuk nilai dari bidang sains yang dipilih.
  3. Mendapat persetujuan dari orang tua/wali, dan bila peserta memiliki kebutuhan khusus berkaitan dengan kesehatan harus mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang.
  4. Setiap siswa hanya dapat mengikuti salah satu bidang sains dan diusulkan oleh Kepala Sekolah berdasarkan hasil seleksi tingkat sekolah.
  5. Belum pernah meraih medali emas OSN Jenjang SMA di bidang sains yang sama.
  6. Belum pernah mengikuti Olimpiade Sains Tingkat Internasional jenjang SMA di Bidang Sains yang sama, sebagaimana daftar terlampir (lampiran Daftar Olimpiade Sains Internasional).
  7. Peraih medali Tingkat Nasional bersedia mengikuti pembinaan khusus ke Tingkat Internasional.
  8. Memiliki nilai yang baik untuk semua mata pelajaran dan sikap yang baik.
  9. Tidak terlibat dan/atau memakai narkoba dibuktikan dengan surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Kepala Sekolah).
Panduan Pelaksanaan dan Tata Tertib OSP Tahun 2019

Tata Tertib Peserta seleksi olimpiade sains tingkat provinsi

  1. Peserta diharapkan hadir 30 menit sebelum pelaksanaan tes dimulai.
  2. Peserta menempati tempat duduk yang telah disediakan sesuai dengan nomor peserta masing-masing.
  3. Bagi peserta yang terlambat masuk dapat mengikuti tes setelah mendapat izin dari panitia/pengawas dengan tidak ada tambahan waktu (sesuai dengan jadwal yang berlaku), agar peserta lain yang tidak terlambat tidak dirugikan.
  4. Peserta diminta membawa alat-alat tulis yang diperlukan dan tidak diperkenankan untuk saling meminjam diantara peserta.
  5. Peserta tidak diperkenankan menggunakan buku catatan, kalkulator (kecuali bidang lomba tertentu), kamus, susunan berkala atau alat bantu lainnya.
  6. Peserta mengisi dan menandatangani daftar hadir yang telah disediakan.
  7. Peserta yang telah selesai menuliskan isian pada lembar jawaban, pengawas membagikan lembar soal. Peserta diminta untuk menulis nomor buku tes (jika ada) yang diperoleh pada lembar jawaban.
  8. Setiap peserta akan menerima satu set soal, lembar jawaban, dan kertas buram.
  9. Peserta tidak boleh mengerjakan soal sebelum ada perintah dari pengawas. Semua peserta memulai dan mengakhiri tes bersama-sama.
  10. Sebelum mendapat perintah untuk mengerjakan soal, peserta memeriksa kelengkapan halaman lembar soal, mulai dari halaman pertama sampai terakhir dan mengerjakan tes sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  11. Seluruh peserta diminta berdoa menurut kepercayaan masing-masing sebelum mengerjakan soal.
  12. Jika ada hal-hal yang tidak/kurang jelas, peserta dapat bertanya pada pengawas dengan mengangkat tangan.
  13. Peserta tidak diperkenankan untuk berjalan memberikan hasil jawaban dan soalnya ke pengawas. Pengawas mengambil lembar soal dan lembar jawaban siswa dari setiap meja peserta.
  14. Peserta tidak diperkenankan menyampaikan pertanyaan yang mengarah pada jawaban butir soal.
  15. Peserta harus bekerja sendiri, tidak boleh bekerjasama/berdiskusi atau melakukan kecurangan atau hal-hal lain yang dapat mencurigakan atau diduga melakukan kerjasama.
  16. Bagi peserta yang melakukan kecurangan akan mendapat sanksi didiskualifikasi/dicoret dari kepesertaan yang berakibat mendapat nilai 0 (nol).
  17. Pengawas akan mencatat setiap peserta yang melakukan kecurangan dalam berita acara.
  18. Selama tes berlangsung, diupayakan agar peserta tidak meninggalkan ruangan sampai batas akhir waktu tes. Oleh karena itu, sebelum tes berlangsung, pengawas memberitahukan bila ada peserta yang hendak ke toilet sebaiknya sebelum tes berlangsung. Jika terpaksa, selama tes berlangsung ada peserta yang hendak ke toilet harus izin pengawas (cek pula berapa lama ia pergi ke toilet, jangan sampai terlalu lama/mencurigakan).
  19. Peserta harus menulis jawaban tes dengan jelas. Peserta tidak boleh mencoret-coret lembar soal. Coretan/perhitungan dapat menggunakan kertas buram yang disediakan
  20. Selama di dalam ruangan tes, tidak dibenarkan berbicara atau melakukan hal-hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi peserta lain.
  21. Selama tes berlangsung, peserta boleh makan snack dan minum yang disediakan, namun tidak boleh sampai bersuara atau mengganggu peserta lain.
  22. Karena tes dimulai serentak, maka berakhirnya tes juga harus serentak. Bagi peserta yang telah selesai mengerjakan soal, dimohon untuk meneliti kembali jawaban yang telah dibuat, tetapi tidak didiskusikan dengan peserta lain. Peserta yang sudah selesai sebelum waktunya, tidak diperkenankan meninggalkan ruangan.

Informasi tambahan lain terkait Panduan OSP dan Pedoman OSN Tahun 2019, antara lain peraturan-peraturan untuk setiap bidang lomba, dan contoh lembar jawaban OSP yang tergolong unik dapat di download pada link berikut ini:
  • Pedoman OSN Tahun 2019 download
  • Panduan Pelaksanaan dan Tata Tertib OSP Tahun 2019 download
  • Paparan Pelaksanaan dan Tata Tertib OSP Tahun 2019 download
  • Modul Tahapan Registrasi Biodata OSP 2019 download
  • Contoh Lembar Jawaban Komputer Biologi download
  • Contoh Lembar Jawaban Komputer Geografi download

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan cara pilar (pintar bernalar);
youtube image
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan yang berhubungan dengan "Panduan OSP dan Pedoman OSN Tahun 2019" 😊 and please for your concern in supported of defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar