Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Cara Menulis Bilangan Berpangkat atau Rumus Matematika, Fisika dan Kimia Menggunakan Handphone

Calon Guru coba berbagi tips dan trik bagaimana Cara Mudah Menulis Bilangan Berpangkat atau Rumus Matematika, Fisika dan Kimia Menggunakan Handphone.

Belajar secara daring masih panjang dan sepertinya akan berlangsung lama sehingga diskusi lewat alat komunikiasi mejadi solusi terakhir. Alat komunikasi saat ini paling umum adalah dengan menggunakan handphone lewat aplikasi pesan. Untuk pesan dalam bentuk teks tidak ada masalah, tetapi banyak yang kesulitan untuk menuliskan pesan dalam bentuk rumus. Misalanya menuliskan rumus luas lingkaran $\pi r^{2}$, rumus energi kinetik $\frac{1}{2}mv^{2}$ atau rumus $pH=-log \left[H^{+} \right]$.

Pada grup-grup belajar banyak beredar cara menuliskan rumus-rumus matematika adalah seperti berikut ini:

  • Pada keyboard handphone, pilih menu angka atau bilangan
  • Untuk menuliskan $2^{3}$ caranya ketiklah bilangan Angka $2$, lalu tulis angka $3$ (tanpa spasi) dan tahan beberapa saat maka akan muncul pilihan $^{3}$,
  • Untuk menuliskan $cm^{2}$ caranya ketik $cm$ diikuti angka $2$ dan tahan beberapa saat maka akan jadi $cm^{2}$
  • Untuk menuliskan $cm^{3}$ caranya ketik $cm$ diikuti angka $3$ dan tahan beberapa saat maka akan jadi $cm^{3}$
  • Untuk menulis pecahan sederhana silahkan tahan angkay ang diharapkan jadi pembilang, lalu lihat pihan yang ada. Misal untuk membuat $½$ kita ketik $1$ dan tahan sampai muncul pilihan $½$.

Cara di atas masih sangat terbatas hanya untuk bentuk pangkat atau bentuk pecahan yang tersedia saja, jika kita ingin membuat bentuk pangkat atau pecahan bentuk lain misalnya kita mau menulis $a^{3}$ atau $x^{5}$ ini menjadi sulit, tidak seperti yang tersedia maka kita akan mengalami kesulitan. Atau kemungkinan kedua, handphone Anda masih belum bisa menerapkan cara di atas, seperti handphone yang saya pakai.

Sebagai alternatif untuk menulis bilangan berpangkat atau rumus matematika, fisika dan kimia ini dengan menggunakan handphone kita coba gunakan bantuan aplikasi. Ada banyak aplikasi yang bisa kita download dari playstore untuk membantu kita dalam menuliskan rumus di handphone.

Aplikasi yang kita pilih untuk kita diskusikan disini adalah engineering keyboard, silahkan dicari dari playstore dan diinstal

Setelah aplikasi terinstal, aplikasi ini tidak terlihat di menu utama handphone seperti aplikasi lain. Untuk mengaktifkan aplikasi ini ada beberapa langkah yang harus kita lakukan dan untuk beberapa handphone mungkin pengaturannya berbeda. Silahkan disesuaikan dengan handphone masing-masing kurang lebih pengaturannya sama.


Menampilkan Engineering Keyboard di Handphone VIVO

Percobaan berikut ini kita lakukan di handphone VIVO.

  1. Pilih pengaturan (Settings)
  2. Pilih Bahasa dan Masukan (Language and Input)
  3. Pilih engineering keyboard
  4. Lalu akan muncul pesan "Metode masukan ini mungkin dapat mengumpulkan teks yang Anda ketik, termasuk data pribadi seperti sandi dan nomor kartu kredir. Metode ini berasal dari aplikasi Engineering Keyboard gunakan metode ini" pilih Oke

Terkait pesan di atas jika ragu-ragu, aplikasi engineering keyboard digunakan ketika akan diskusi matematika saja, selesai diskusi kita kembalikan ke default keyboard handphone kita.

Soal dan pembahasan program linear

Setelah langkah di atas selesai, kita ikuti langkah berikutnya:

  1. Buka WhatsApp atau aplikasi lain yang menggunakan keyboard.
  2. Jika tampilan keyboard masih belum berubah, tekan spasi beberapa detik sampai muncul pilihan jenis keyboard lalu pilih engineering keyboard

Menonaktifkan Engineering Keyboard di Handphone VIVO

  1. Pilih pengaturan (Settings)
  2. Pilih Bahasa dan Masukan (Language and Input)
  3. Pilih engineering keyboard sehingga tidak aktif
  4. Lalu silahkan cek keyboard handphone kita pada WhatsApp atau aplikasi lain sudah kembali seperti sediakala.

Menampilkan Engineering Keyboard di Handphone SAMSUNG

Percobaan berikut ini kita lakukan di handphone SAMSUNG, tetapi tidak pakai gambar lagi, karena langkah-langkahnya hampir sama. Setelah selesai di instal ikuti beberapa langkah berikut:

  1. Pilih pengaturan (Settings)
  2. Pilih Manajemen Umum (General Management)
  3. Pilih Bahasa dan Masukan (Language and Input)
  4. Pilih Keyboard Layar (On-screen Keyboard )
  5. Pilih Keyboard Manajemen (Manage Keyboard )
  6. Pilih engineering keyboard jadi tanda AKTIF
  7. Lalu akan muncul pesan "Metode masukan ini mungkin dapat mengumpulkan teks yang Anda ketik, termasuk data pribadi seperti sandi dan nomor kartu kredir. Metode ini berasal dari aplikasi Engineering Keyboard gunakan metode ini" pilih Oke lalu Oke lagi
  8. Masih di menu Bahasa dan Masukan (Language and Input),
    Pilih Default Keyboard jadi engineering keyboard
    • Buka WhatsApp atau aplikasi lain yang menggunakan keyboard.
    • Jika tampilan keyboard masih belum berubah, restart handphone dan silahkan masuk ke langkah 8

Terkait pesan di atas jika ragu-ragu, aplikasi engineering keyboard digunakan ketika akan diskusi matematika saja, selesai diskusi kita kembalikan ke default keyboard handphone kita.


Menonaktifkan Engineering Keyboard di Handphone SAMSUNG

  1. Pilih pengaturan (Settings)
  2. Pilih Manajemen Umum (General Management)
  3. Pilih Bahasa dan Masukan (Language and Input)
  4. Pilih Default Keyboard jadi Samsung keyboard
    • Buka WhatsApp atau aplikasi lain yang menggunakan keyboard.
    • Jika tampilan keyboard masih belum berubah, restart handphone dan silahkan ulangi langkah di atas.

Catatan tentang Cara Menulis Bilangan Berpangkat atau Rumus Matematika, Fisika dan Kimia Menggunakan Handphone di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.

Pemenang melakukan kerja keras. Mereka menyukai kedisiplinan, pengorbanan untuk menang. Pecundang, disisi lain, mereka melihat kerja keras sebagai hukuman.
Lou Holtz