Membongkar Rahasia Matematika Kreatif Gaya 'The Master' Joe Shandy

Sejak salah satu stasiun televisi swasta Indonesia membuat reality swoh The Master, sampai saat ini sudah banyak tercipta the master di Indonesia karena acara tersebut sudah sampai the master season 5.

Sampai sekarang, untuk semua the master yang paling saya kagumi masih hanya Deddy Corbuzier, tidak tahu aja entah kenapa saya kagum melihat kemampuan Deddy Corbuzier, apakah ini sebuah kebetulan atau tidak.

Lalu kenapa judulnya matematika kreatif gaya 'the master' Joe Shandy, karena yang kita bahas kali ini adalah sesuatu yang membawa Joe Shandy menjuarai the master season 1 kemarin. Mentalist Deddy Corbuzier juga melakukan trik ini sewaktu menggelar show tunggalnya “The Mentalist” di Gedung Kesenian Jakarta tanggal tanggal 5 dan 6 Januari 2013 lalu.

Mari Kita Mulai

Apa yang istimewa dari kotak 4 x 4 ini.
Untuk contoh ini istimewa untuk 38.
Jumlah angka setiap baris adalah 38.
Jumlah angka setiap kolom adalah 38.
Jumlah angka diagonal adalah 38.
Jumlah angka 18, 1, 8, 11 adalah 38.
Jumlah angka 12, 7, 2, 17 adalah 38.
Jumlah angka 3, 20, 9, 6 adalah 38.
Jumlah angka 5, 10, 19, 4 adalah 38.
Jumlah angka 8, 17, 10, 3 adalah 38.
Jumlah angka 18, 17, 4, 9 adalah 38.
Jumlah angka 11, 5, 2, 20 adalah 38.
Jumlah angka 1, 12, 19, 6 adalah 38.

Bagaimana cara membangunnya
Pertama pilih bilangan antara 22-99, misalkan kita pilih 51
Lalu perhatikan pengisian angka dalam kotak berikut, untuk mengingatnya di serahkan kepada pembaca bagaimana caranya, perhatikan pola angkanya. Memasang angka lakukan beberapa kali sebagai latihan karena ini adalah dasarnya.








Kalau sudah bisa menyusun pola dasarnya seperti diatas, lanjut ke tahap berikutnya. Ingat bilangan diatas ada pola istimewa yaitu jumlah bilangan pada kolom yang sama adalah 9.
Perhatikan dan pelajari lagi pola pada gambar berikut [9-10-11-12]:






Kalau Anda sudah sampai pada tahap ini, maka pekerjaan akan semakin mudah. Perhatikan empat kotak yang kosong, kotak yang kosong itu sudah bisa diisi langsung dengan menyesuaikan dengan angka pilihan pertama [51].
Kalau belum bisa mengisinya langsung, berikut bantuannya...

Awalnya kita memilih angka adalah 51.
A isikan ini dengan angka 51 - 20 = 31
B isikan dengan angka A + 1 = 32
C isikan dengan angka A + 2 = 33
D isikan dengan angka A - 1 = 30

Hasil akhir menjadi:










Pada hasil akhir ini jika Anda menjumlahkan angka-angka seperti contoh pertama diatas, maka Anda akan mendapatkan jumlahnya selalu 51. Latihan beberapa kali akan membuat Anda mudah memahaminya, coba juga bermain bersama orang lain dan biarkan mereka yang memilih bilangannya seperti yang dilakukan Joe Shandy, Deddy Corbuzier dan kawan-kawannya.

Langkah-langkah yang baru saja kita bahas bukan sebuah keharusan, Anda bisa saja memutar balikkan cara memahaminya tergantung Anda sendiri. Semoga tutorial sederhana ini bermanfaat untuk Anda, dan mungkin ini bisa menjadi the power to surprise Anda seperti matematika kreatif lainnya.

Video pilihan khusus untuk Anda 😏 Pernah main game memindahkan orang keseberang sungai dengan syarat tertentu tapi tidak berhasil menyelesaikannya, simak cara penyelesaiannya;

You Might Also Like: