Memperkenalkan Matematika Menjadi Lebih Mudah Dengan Lego

Permainan anak-anak saat ini sudah jauh berbeda dengan apa yang dimainkan anak-anak pada tahun 90-an. Saat ini permainan anak-anak pada umumnya adalah buatan pabrik, sudah tidak ada lagi ditemukan anak-anak bermain congklak dimana lubang-lubang congklak adalah yang dibuat pada halaman rumah. Bahkan sekarang bermain congklak tidak perlu lagi teman, karena sudah bisa dilakukan sendiri hanya bermodalkan smartphone.
Saat melihat beberapa anak berkumpul bermain bersama tetapi dengan gadget masing-masing “Disitu Saya Kadang Merasa Sedih”

Tetapi ada satu permainan anak-anak sampai yang juga disenangi oleh orang dewasa yaitu lego. Permainan lego ini dapat dijadikan awal yang baik untuk memperkenalkan matematika kepada anak-anak sejak usia dini.
Menggunakan lego dalam memperkenalkan matematika ini saya dapat ketika blok walking atau browsing pada salah satu sosial sosial media pinterest.

Kita lihat penggunaan lego ini dalam memperkenalkan matematika, lego ini dapat kita gunakan dalam memperkenalkan bilangan pecahan, penjumlahan pecahan dan pengurangan pecahan. Untuk yang sudah mengalami mengajarkan pecahan ini jika tidak dengan cara yang tepat akan membingungkan siswa.
Untuk tingkat Sekolah Dasar sendiri penjumlahan dan pengurangan menjadi permasalahan siswa dan guru matematika secara umum. Mudah-mudahan dengan bantuan lego ini anak-anak lebih dapat menerima.


Selain untuk memperkenalkan bilangan pecahan, lego ini juga dapat digunakan untuk memperkenalkan bilangan berpangkat dua atau bilangan kuadrat seperti gambar berikut;


Apa yang diperkenalkan diatas adalah hanya sebagian kecil dari banyak manfaat dari permainan lego ini, Anda bisa juga mengembangkannya pada topik matematika yang lain. Dan tidak ada salahnya juga kita berbagi informasi melalui kotak komentar jika Anda punya ide kegunaan lego ini pada topik matematika lainnya. Selamat bermatematika.

Pernah dengar bilangan prima terbesar atau sudah pernah membayangkan berapa bilangan prima terbesar?, mari kita lihat bagaimana bilangan prima terbesar;

You Might Also Like: