--> Skip to main content

Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran

Calon Guru berbagi file Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran yang dikeluarkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

File ini untuk melengkapi yang sebelumnya sudah kita bagikan yaitu Penjelasan Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Beberapa file tentang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini sebelumnya juga sudah dibagikan dan dapat didowload secara langsung melalui Blog Matematika Nusantara Sumatera Utara.

TENTANG ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)


Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Baik pada literasi membaca maupun numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep dan pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

LITERASI MEMBACA didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

NUMERASI adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia serta untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

TUJUAN ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM)


Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting, yaitu kurikulum (apa yang diharapkan akan dicapai), pembelajaran (bagaimana mencapai) dan asesmen (apa yang sudah dicapai). Asesmen dilakukan untuk mendapatkan informasi mengetahui capaian murid terhadap kompetensi yang diharapkan. Asesmen Kompetensi Minimum dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

Pelaporan hasil AKM dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi murid. Tingkat kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan tingkat capaian murid. Dengan demikian "Teaching at the right level" dapat diterapkan. Pembelajaran yang dirancang dengan memperhatikan tingkat capaian murid akan memudahkan murid menguasai konten atau kompetensi yang diharapkan pada suatu mata pelajaran.

Pelaporan hasil AKM dirancang untuk memberikan informasi mengenai tingkat kompetensi murid.

Untuk penjelasan lebih lanjut terkait Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran silahkan filenya di download dan dipelajari pada link di bawah.

Untuk melengkapi file Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran, berikut juga kita tambahkan file-file yang berhubungan dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang kita dapatkan dari grup-grup belajar.

  • Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 📥 Download File
  • Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) - Moch.Abduh, Ph.D 📥 Download File
  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai Pengukuran Kinerja Satuan Pendidikan - Prof. Dr. Dinn Wahyudin, MA 📥 Download File
  • Asesmen Nasional: AKM, Survey Karakter dan Lingkungan Belajar 📥 Download File
  • Asesmen Nasional (Pusat Asesmen dan Pembelajaran) 📥 Download File
  • Contoh Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 📥 Download File
  • Asesmen Nasional Lembar Tanya Jawab 📥 Download File
  • Kebijakan Ujian Nasional dan Asesmen Nasional - Doni Koesoema, A.M.ed 📥 Download File
  • Koordinasi Asesmen Nasional dengan Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, LPMP, PP/BP PAUD dan Pendidikan Masyarakat 📥 Download File
  • Sosialisasi UBKD (Ujian Basis Komputer Daring) Persiapan AKM dan SK 2021 📥 Download File
  • Mempersiapkan AKM Menuju Sekolah Berkualitas - Bagus Hary Prakoso 📥 Download File
  • Para Pencari AKM - W Darwis (UHAMKA) 📥 Download File
  • Pelaporan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implementasi Pembelajaran - Rahmawati 📥 Download File
  • Penulisan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) 2020 📥 Download File
  • Petunjuk Teknis Persiapan Pelaksanaan Asesmen Nasional - Sulihin Mustafa 📥 Download File
  • Teori dan Penerapan di Sekolah Dalam Mencapai Kompetensi Minimal Literasi Sains dan Literasi Numerik - Ahmad Riza Wahono 📥 Download File
  • Literasi dan Numerasi: Menyiapkan Asesmen Kompetensi Minimum 📥 Download File

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Sangat Kreatif, Siswa berkreativitas melalui Peraturan Baris Berbaris

youtube image
Newest Post
Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Implikasinya pada Pembelajaran" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar