Einstein Berbicara Pendidikan, Sebagai Intropeksi Para Guru

Seorang guru yang mempunyai penghasilan pas-pasan, susah untuk mencukupi kegemarannya, padahal itu hanya membaca. Karena harga buku yang sangat mahal pada saat sekarang ini banyak siswa dan guru yang suka membaca jadi tidak kesampaian. Untuk mengantisipasi hal tersebut, alternatifnya yaitu dengan saling meminjam buku antara guru dengan siswanya. Dengan catatan pada waktu nanti jika situasi sudah memungkinkan, bukunya harap dibeli 😏.

Karena ceritanya pinjam buku, buku yang saya pinjam itu judulnya berjudul "Einstein Juga Manusia". Isinya sangat menantang karena hanya dalam waktu dua hari bukunya selesai saya baca tanpa meninggalkan kebiasaan sehari-harinya, mengajar pagi di sekolah dan les privat pada sore dan malam hari.

Banyak hal yang dapat di ambil dan kita semakin tahu siapa Einstein atau paling tidak kita tahu sebahagian apa yang dia pikirkan sewaktu dia hidup. Disini coba ditampilakan beberapa pendapat Einstein tentang pendidikan:
  • Sebagian besar guru membuang-buang waktu mereka dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tujuannya adalah untuk menemukan apa yang tidak diketahui seorang murid, sementara seni sejati mengajukan pertanyaan apa yang diketahui murid atau apa yang mampu diketahuinya.
  • Saya kira lebih baik kamu mulai mengajar orang lain HANYA sesudah kamu mempelajari sesuatu.
  • Tujuan [pendidikan] haruslah untuk melatih individu-individu yang mampu bertindak dan berpikir secara mandiri namun juga menjadi orang yang memandang pencapaian tertinggi dalam hal hidupnya adalah melayani masyrakat.
  • Kebebasan mengajar dan kebebasan berpendapat dalam buku atau pers merupakan landasan bagi perkembangan sehat dan alami setiap orang.
  • Mengajar seharusnya sedemikian rupa sehingga apa yang ditawarkan dianggap sebagai anugerah yang berharga bukan sebagai tugas berat.
  • Bagi saya hal yang paling buruk adalah bila terdapat sekolah yang dijalankan terutama dengan metode-metode rasa takut, paksaan dan kewibawaan yang dibuat-buat. Perlakuan semacam itu menghancurkan perasaan sehat, ketulusan dan keyakinan diri murid. Pola semacam itu hanya menghasilkan orang yang penurut.

Bagaimana menurut pembaca yang baik dengan pendapat Albert Einstein tersebut?.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;

You Might Also Like: