Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru

Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru yang dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar

Calon Guru berbagi file Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru yang dikeluarkan secara resmi oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar.

Sebagai pengantar pada modul pelatihan peningkatan kompetensi numerasi untuk guru Bapak Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A. Direktur Guru Pendidikan Dasar menyampaikan sebagai berikut.

Pendidikan di Indonesia membutuhkan penguatan numerasi. Hal ini berangkat dari fakta bahwa beragam survei di tingkat nasional dan internasional secara konsisten, dari tahun ke tahun, menunjukkan kemampuan numerasi siswa tidak mengalami peningkatan signifikan bahkan cenderung menurun.

Salah satunya nilai kemampuan numerasi siswa di Indonesia melalui Programme for International Student Assessment (PISA) yang diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) menyatakan bahwa sekitar 71% siswa tidak mencapai tingkat kompetensi minimum matematika.

Kebijakan Kemendikbud Ristek yakni Merdeka Belajar, menguatkan literasi dan numerasi peserta didik, menjadi salah satu program prioritas. Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, meletakkan penanaman karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila serta kompetensi literasi dan numerasi peserta didik, sebagai fokus dalam Standar Kompetensi Lulusan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar. Upaya ini sebagai wujud nyata implementasi penguatan Sumber Daya Manusia sebagaimana tertera dalam Peraturan Presiden tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kemendikbud 2020- 2024.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) telah menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Perdirjen GTK) Nomor 0340/B/HK.01.03/2022 tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi bagi Guru Pada Sekolah Dasar yang terkait dengan Perdirjen GTK Nomor 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Kompetensi Profesi Guru. Melalui Perdirjen ini diharapkan para pendidik memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang konsep literasi dan numerasi, serta dapat menerapkannya dalam pembelajaran yang bermakna.

Perumusan Kompetensi Numerasi Guru bertujuan untuk melengkapi model kompetensi Guru dengan peta terperinci mengenai Kompetensi Numerasi; memberikan acuan bagi Guru agar mampu memetakan perjalanan pembelajaran (learning journey) diri terkait numerasi secara komprehensif dan terstruktur; serta memberikan acuan bagi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan dalam merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pendampingan Guru terkait Kompetensi Numerasi.

Kompetensi Numerasi Guru dikembangkan berdasarkan kriteria kompetensi Guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang diintegrasikan menjadi kategori model kompetensi pengetahuan profesional; praktik pembelajaran profesional; dan pengembangan profesi.

Direktorat Guru Pendidikan Dasar telah menyelesaikan seri Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi Untuk Guru yang yang terbagi menjadi 4 jenjang kompetensi: Berkembang, Layak, Cakap, dan Mahir. Modul-modul ini nantinya dapat digunakan sebagai panduan operasional bagi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan guru sekolah dasar. Seri Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi Untuk Guru ini terdiri dari 40 Modul, disusun berdasarkan 4 jenjang kompetensi dengan masing-masing jenjang terdiri dari 10 cakupan.


Download Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru

  1. Modul Pengetahuan Numerasi Proses, Konten, dan Konteks
  2. Pemanfaatan berbagai Representasi Ide Matematis untuk Membelajarkan Numerasi
    • Berkembang - Pemanfaatan berbagai Representasi Ide Matematis untuk Membelajarkan Numerasi 📥 Download File
    • Layak - Pemanfaatan berbagai Representasi Ide Matematis untuk Membelajarkan Numerasi 📥 Download File
    • Cakap - Pemanfaatan berbagai Representasi Ide Matematis untuk Membelajarkan Numerasi 📥 Download File
    • Mahir - Pemanfaatan berbagai Representasi Ide Matematis untuk Membelajarkan Numerasi 📥 Download File
  3. Praktik Pembelajaran Profesional Aspek Asesmen
  4. raktik Pembelajaran Profesional Aspek Perencanaan
  5. Pengetahuan dan Pengalaman Numerasi yang Dibawa Peserta Didik
    • Berkembang - Pengetahuan dan Pengalaman Numerasi yang Dibawa Peserta Didik 📥 Download File
    • Layak - Pengetahuan dan Pengalaman Numerasi yang Dibawa Peserta Didik 📥 Download File
    • Cakap - Pengetahuan dan Pengalaman Numerasi yang Dibawa Peserta Didik 📥 Download File
    • Mahir - Pengetahuan dan Pengalaman Numerasi yang Dibawa Peserta Didik 📥 Download File
  6. Diskusi Numerasi
  7. Lingkungan Pembelajaran Numerasi
  8. Hubungan Antartopik Matematika dan Mapel Lainnya
  9. Pengetahuan Profesional Aspek Numerasi
  10. Kesempatan dan Tuntutan Numerasi

Selanjutnya modul-modul panduan pelatihan ini dapat disebarluaskan, dimanfaatkan, dan diperbanyak baik dalam bentuk digital maupun cetak. Semoga dengan diluncurkannya modul-modul ini, percepatan peningkatan kompetensi numerasi guru sekaligus capaian numerasi siswa secara bersama-sama dapat kita wujudkan.

Catatan Modul Pelatihan Peningkatan Kompetensi Numerasi untuk Guru di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.

Tujuan (pendidikan) haruslah untuk melatih individu-individu yang mampu bertindak dan berpikir secara mandiri namun juga menjadi orang yang memandang pencapaian tertinggi dalam hal hidupnya adalah melayani masyarakat.