Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Contoh Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Tes Masuk Sekolah Kedinasan atau CPNS/CPPPK (C)

Calon guru belajar contoh soal Tes Intelegensi Umum (TIU) untuk persiapan menghadapi salah satu tes masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tes masuk Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (CPPPK), soal tes masuk Sekolah Kedinasan, atau tes masuk TNI/POLRI.

Tes Intelegensi Umum (TIU) Tes Intelegensi Umum (TIU) sering juga disebut dengan Tes Kemampuan Umum (TKU), Tes Pemahaman Umum (TPU), Tes Pengetahuan Dasar (TPD), Tes Potensi Akademik (TPA), atau istilah lain yang pada dasarnya sama untuk melihat kemampuan dasar kita.

Tujuan dilaksanakan Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah untuk menilai kemampuan dasar kita dalam bidang:

  • Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis;
  • Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka;
  • Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis; dan
  • Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Soal latihan ini dapat kita gunakan sebagai persiapan menghadapi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Kemampuan Umum (TKU), atau Tes Potensi Akademik (TPA) pada seleksi masuk CPNS, seleksi masuk CPPPK, seleksi masuk Sekolah Kedinasan, atau seleksi masuk TNI/POLRI yang kita pilih dari soal Tes Potensi Akademik (TPA) STAN Tahun 2017


Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Untuk Tes Masuk CPNS/CPPPK/TNI/POLRI/Sekolah Kedinasan

Soal latihan Tes Intelegensi Umum (TIU) Untuk CPNS/TNI/POLRI/Sekolah Kedinasan berikut ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal. Setelah selesai silahkan Periksa Jawaban dan jika hasilnya belum memuaskan, pilih Ulangi Tes untuk tes ulang.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :100 soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Bentuk soal pilihan ganda, pilihlah jawaban yang benar di antara pilihan jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.
Untuk soal nomor 1-6, pilihlah kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang mempunyai arti sama atau arti paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital (huruf besar) yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.

1. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

KERATABASA





2. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

HABITUS





3. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

SANGGRALOKA





4. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

TANDON





5. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

ULTRAMARIN





6. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

LEMBANG





Untuk soal nomor 7-11, pilihlah kata-kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang merupakan padanan kata atau padanan pengertian yang paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.

7. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

SEMPAL





8. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

PROMOSI





9. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

TAMSIL





10. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

KEBAS





11. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

EKSENTRIK





Untuk soal nomor 12-16, pilihlah kata-kata atau frasa yang bertanda A, B, C, D, atau E yang merupakan lawan kata atau lawan pengertian yang paling dekat dengan kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.

12. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

KEDAIFAN





13. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

JENENG





14. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

PRUDENSIAL





15. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

ACUH





16. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

TERATUR





Untuk soal nomor 17-25, pilihlah padanan yang bertanda A, B, C, D, atau E yang merupakan padanan hubungan atau hubungan yang paling serupa dengan hubungan kata-kata yang dicetak dengan huruf kapital yang terdapat di atas pilihan-pilihan tersebut.

17. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

KARST : BENTUK PERMUKAAN BUMI = .....





18. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

MATA : TELINGA = .....





19. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

JURANG : TEBING = .....





20. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

TELUR : BUTIR = .....





21. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

BAB : SKRIPSI = .....





22. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

BATA : TANAH LIAT = .....





23. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

TERANG : CAHAYA





24. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

KARBONDIOKSIDA : FOTO SINTESA : OKSIGEN = .....





25. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

LEM : SELOTIP = .....





Untuk soal nomor 26-35, bacalah tiap kutipan dengan seksama, kemudian jawablah pertanyaan yang berkaitan dengan kutipan tersebut dengan memilih jawaban A, B, C, D, atau E.
BACAAN 1 berikut ini untuk soal nomor 26-30
Mendengar kata terapi, boleh jadi kita akan segera mengasosiasikannya dengan proses penyembuhan. Tetapi pada kenyataannya terapi tak hanya menggunakan langkah-langkah medis, tetapi juga memanfaatkan ranah seni. Banyak orang tak menyadari besarnya peranan seni dalam kehidupan. Meskipun sering dipandang sebelah mata dan tidak dianggap bernilai, berbagai penelitian dalam dunia psikologi di abad ke-20 justru membuktikan bahwa seni dapat menjadi salah satu media terapi yang tepat untuk penyembuhan pascatrauma. Terapi seni dianggap mampu memberikan pelayanan psikologi bagi yang tengah mengalami masalah dan tekanan hidup.

Terapi seni diterapkan untuk korban tsunami di Aceh, khususnya bagi anak-anak dengan pemutaran film keliling dari satu desa ke desa, serta lewat melukis dan menggambar. Demikian pula untuk menghadapi anak-anak korban bencana erupsi Merapi di Yogyakarta. Mengapa bisa demikian?

American Art Therapy Association mendeskripsikan terapi seni sebagai bentuk penyembuhan yang menggunakan proses kreasi seni untuk meningkatkan kemampuan fisik, mental, serta emosional seseorang dari segala usia. Proses kreatif yang mengungkapkan ekspresi jiwa dipercaya dapat membantu seseorang dalam menghadapi persoalan hidupnya, meningkatkan keterampilan diri, mengontrol diri, mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, serta mendapatkan pencerahan.

Melalui gambar, misalnya, dapat terungkap emosi atau perasaan terdalam seseorang yang terlalu menyakitkan jika diungkapkan dengan kata-kata. Disisi lain, berbagai penelitian terkini juga mengatakan terapi seni dapat menjadi terapi yang tepat bagi penderita sakit kronis, seperti kanker. Terapi musik, terapi tari, dan terapi seni lainnya membantu pasien kanker mengatasi kecemasan, depresi, serta meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Tidak hanya itu, terapi seni juga dianggap efektif untuk menangani penyakit degradasi memori seperti alzheimer, orang yang mengalami penurunan fungsi kognitif, penderita stroke, post-traumatic stress disorder, dan penuaan.

Selama ini, mungkin Anda hanya penikmat dunia seni dengan rajin datang ke gedung-gedung pertunjukan menonton teater, pertunjukan tari, konser musik, atau film di bioskop secara rutin. Percayalah, hal ini bisa menjadi sebentuk cara membuat kondisi psikologi tetap dalam kondisi baik dalam berbagai situasi hidup. Bagi yang masih belum melakukannya, tak ada salahnya Anda membuat jadwalnya sedari sekarang.
(Sumber: Kompas, disesuaikan seperlunya)

26. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Berdasarkan bacaan di atas, yang tidak termasuk penyakit degradasi memori adalah...





27. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Tema yang cocok untuk bacaan di atas adalah...





28. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Manfaat dari terapi yang dibahas pada bacaan di atas adalah, kecuali...





29. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Kesimpulan yang dapat diambil daribacaan di atas adalah...





30. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Pernyataan di bawah ini yang sesuai dengan bacaan di atas adalah...





BACAAN 2 berikut ini untuk soal nomor 31-35
Pemerintah Provinsi Papua mengembangkan ubi jalar sebagai salah satu makanan pokok di delapan kabupaten. Upaya itu bertujuan mengurangi tingginya ketergantungan masyarakat Papua pada beras yang mencapai 200.000 ton per tahun. “Ubi jalar berpotensi besar untuk menjadi salah satu makanan pengganti beras. Pada tahun 2013, produksi ubi jalar di Papua sebesar 405.527 ton, sedangkan konsumsi hanya 300.000 ton. Karena itu, kami yakin ubi jalar bisa mengurangi ketergantungan masyarakat pada beras,” kata Kepala Seksi Umbi-umbian dan Sagu Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Pemprov Papua Hendrikus Kawer di Jayapura, Papua.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua, delapan kabupaten yang mendapat dana bantuan itu adalah Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Jayawijaya, Merauke, Nabire, Mimika dan Keerom. Terdapat sekitar 40 kelompok tani yang berada di delapan wilayah itu. Total luas area lahan ubi jalar di delapan wilayah itu mencapai 775 hektar. Tujuh kabupaten masing-masing seluas 100 hektar dengan bantuan Rp 357 juta per kabupaten. Hanya Tolikara seluas 75 hektar sehingga mendapat bantuan Rp 267 juta. Bantuan dikhususkan untuk penyediaan sarana produksi berupa pupuk organik dan anorganik. Bantuan lain adalah peralatan bagi lima kabupaten lainnya yang berpotensi sebagai sentra produksi ubi jalar, yakni Yahukimo, Deiyai, Pegunungan Bintang, Mappi, dan Boven Digoel. “Luas lahan di lima kabupaten itu 200 hektar. Untuk pengelolaan lahan 1 hektar lahan ubi jalar diberikan bantuan dana Rp 1 juta,” ujarnya. Terkait pengembangan sagu, Hendrikus mengatakan, pihaknya akan menerjunkan tim melakukan pemetaan ke Kabupaten Jayapura dan Supiori pada Oktober. “Kami belum memiliki data valid tentang produksi sagu di Papua. Karena itu, pemetaan sangat penting untuk melihat seberapa besar potensi pengembangan sagu sebagai pengganti beras di sejumlah daerah,” kata Hendrikus.

Berdasarkan hasil sensus pertanian tahun 2013, luas lahan ubi jalar terus mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir. Saat ini, luas lahan ubi jalar adalah 30.980 hektar padahal tahun 2011 masih 34.414 hektar. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua Didik Koesbianto menyatakan, pemerintah daerah harus lebih serius lagi mengembangkan ubi jalar untuk mengubah pola perilaku dan membangkitkan kesadaran masyarakat yang sering mengkonsumsi beras. “Berdasarkan pantauan kami, belum ada pelaku usaha agribisnis untuk memasarkan hasil produksi ubi jalar yang begitu besar hanya dijual di pasar-pasar tradisional dan menjadi makanan ternak,” tutur Didik. (FLO)
(Sumber: Kompas, disesuaikan seperlunya)

31. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Istilah HOLTIKULTURA pada bacaan di atas sama artinya dengan...





32. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah...





33. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Hal yang dapat disimpulkan dari bacaan di atas adalah...





34. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Yang bukan termasuk fakta pada bacaan di atas adalah...





35. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Ide pokok bacaan di atas yang paling tepat adalah...





36. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $p^{2}q^{3}+7=250$; $\frac{1}{3}p=\frac{3}{q}$; dan $\frac{r^{3}-1}{2}-7,5=-\frac{r^{3}}{2}$ maka nilai $𝑝 + 𝑞 + 𝑟 = ...$





37. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$\dfrac{56 \times 56 − 47 \times 47}{56 \times 47 − 47 \times 56 + 56 − 47 }= ...$





38. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$1 \cdot 2 \cdot 3 + 2 \cdot 3 \cdot 4 + 3 \cdot 4 \cdot 5 + \cdots + 8 \cdot 9 \cdot1 0 = \cdots$





39. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $𝑝 = \sqrt{7225}$; $𝑞 = (25 + 20)^{2}$; dan $r = 0,5^{3}$ maka $𝑝 + 𝑞 + 𝑟 = \cdots$





40. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$\dfrac{\frac{9}{16} \sqrt{0,0625} : 0,375}{\frac{5}{8}+\frac{7}{15} -\frac{11}{30}}=\cdots$





41. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$\left( \dfrac{𝑎^{−2}𝑏^{\frac{-2}{3}}}{a^{\frac{-2}{3}}𝑏^{\frac{4}{3}}} \right)^{-\frac{3}{4}}=\cdots$





42. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $\dfrac{s}{4q}-\dfrac{p}{3r}=9$ dan $\dfrac{3r}{q}-\dfrac{4p}{s}=24$ maka $\dfrac{r}{s}=\cdots$





43. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $2𝑝 + 3𝑞 = \frac{9}{4}$ maka $28𝑝 + 42𝑞 = \cdots$





44. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$ \sqrt[3]{ \left( x^{2}y \right)^{3}} : 2 \sqrt{ \left( xy^{2} \right)^{2}}=\cdots$





45. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $x^{2}y^{3}+2=130$; $\frac{1}{2}x=\frac{4}{y}$; dan $\frac{x^{3}-1}{2}-26,5=\frac{x^{3}}{2}$ maka nilai $𝑥 + 𝑦 + 𝑧 = ...$





46. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Diketahui $𝑥 = 3𝑝^{2} − 4$ dan $𝑦 =2p^{3}-4$ maka pernyataan yang benar adalah...





47. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $P$ adalah luas belah ketupat yang mempunyai diagonal berturut-turut $24\ \text{cm}$ dan $32\ \text{cm}$ serta $Q$ adalah luas segitiga yang memiliki panjang sisi $16\ \text{cm}$, $20\ \text{cm}$, $12\ \text{cm}$ maka...





48. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Andi dan bintang tinggal bersama. Jika $x$ menit adalah waktu Bintang pergi ke kolam renang dengan kecepatan $40\ \text{km/jam}$ sedangkan $y =60\ \text{menit}$ yaitu waktu yang diperlukan Andi menuju kolam renang dengan rute yang sama dengan Bintang dan kecepatan $15\ \text{km/jam}$ maka...





49. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika, $\frac{1}{x}+y=6$ dan $\frac{1}{y}+x =\frac{2}{3}$ dengan $𝑥, 𝑦 \gt 0$, maka...





50. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $a^{3}+a^{2}+a+2=x$ dan $a^{4}+3a^{3}+3a^{2}+2=y$ maka...





51. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $𝑝 = 1 + 3 + 5 + ⋯ + 19$ dan $𝑞 = 2 + 4 + 6 + ⋯ + 18$, maka...





52. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Diketahui $a$ dan $b$ bilangan positif dan $a \gt b$. Jika $x=\sqrt{\frac{a^{2}-b^{2}}{a+b}}$ dan $y=\sqrt{a}-\sqrt{b}$ maka...





53. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $x$ adalah peluang munculnya jumlah mata dadu $9$ atau $10$ pada kejadian pelemparan dua buah dadu secara bersama-sama dan y adalah $\frac{1}{9}$ dari $1\frac{1}{4}$ maka...





54. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $x$ adalah jumlah seluruh diskon atas sebuah jam tangan yang dijual dengan dua kali diskon berturut-turut, yaitu $40\%$ dan setelah itu $15\%$ dan $y$ adalah persentase dari $9$ dari $20$ maka...





55. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $A = 66,67\%$ dari $912$ dan $B = \sqrt{1156} + 24^{2}$, maka...





56. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$10\%$ dari suatu bilangan sama dengan $20%$ dari bilangan lainnya. Jika jumlah kedua bilangan tersebut sama dengan $45$, maka selisih kedua bilangan tersebut adalah...





57. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Hasil kali tiga buah bilangan positif adalah $35$. Jika selisih bilangan terbesar dan terkecil adalah $6$ maka berapakah hasil penjumlahan $2$ bilangan terbesarnya?





58. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Dari sejumlah peserta seleksi beasiswa, $90\%$-nya lulus seleksi administrasi dan berhak mengikuti ujian tertulis. Berdasarkan hasil ujian tertulis, hanya setengahnya yang dipanggil untuk mengikuti tes wawancara. Jika $\frac{1}{5}$ peserta tes wawancara yaitu $135$ orang dinyatakan lulus seleksi beasiswa, maka berapa orang jumlah peserta seluruhnya?





59. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Mutiara Residence menawarkan $48$ rumah dalam cluster dengan empat tipe yang dibangunnya yaitu Tipe $21$, $36$, $45$, dan $56$. Jika tipe $21$ berjumlah $\frac{1}{3}$ dari tipe $36$, sementara tipe $45$ berjumlah $\frac{1}{3}$ dari tipe $56$ dan jumlah tipe $45$ sama dengan tipe $36$. Berapa banyak rumah yang ditawarkan dengan tipe $56$?





60. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Joni bersepeda ke sekolah dengan kecepatan $20\ \text{km/jam}$. Ternyata bekal Joni tertinggal sehingga ibu Joni harus mengantarkan bekal tersebut. Jika ibu Joni berangkat $10$ menit kemudian mengendarai sepeda motor dengan kecepatan $30\ \text{km/jam}$, setelah berapa kilometer ibu Joni berhasil menyusul Joni?





61. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika $\frac{1}{6}$ dari bilangan pertama ditambahkan pada bilangan kedua maka kedua bilangan menjadi sama besar. Apabila selisih awal kedua bilangan adalah $2$ maka hasil kali kedua bilangan tersebut adalah...





62. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Sebuah kaleng berisi penuh beratnya $660$ gram. Ketika kaleng tersebut hanya terisi setengah, beratnya $420$ gram. Jika kaleng yang telah kosong dapat dijual ke pemulung seharga $5$ rupiah per gram. Berapa harga jual kaleng tersebut...





63. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Uang Ahmad $\text{Rp}20.000,00$ lebih banyak daripada uang Bagas ditambah dua kali uang Hasna. Uang Ahmad, Bagas, dan Hasna adalah $\text{Rp}100.000,00$. Selisih uang Bagas dan Hasna adalah $\text{Rp}10.000,00$. Uang Ahmad adalah...





64. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Berapakah pertambahan volume aquarium berbentuk kerucut jika tingginya ditambahkan menjadi tiga kali tinggi aquarium semula?





65. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Nilai rata-rata dari $23$ siswa adalah $7,6$. Dari pemeriksaan ulang terdapat $2$ data yang salah seharusnya tertulis $8,5$ dan $8,7$. Jika rata-rata nilai data yang salah adalah $6,7$ maka nilai rata-rata siswa setelah pembetulan adalah...





66. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Seorang pedagang buah membeli $30\ \text{kg}$ mangga dan $50\ \text{kg}$ manggis dari tengkulak kemudian menjualnya di pasar seharga $150\%$ dari harga pembelian. Buah yang terjual sebanyak $28\ \text{kg}$ mangga dan $34\ \text{kg}$ manggis. Sisa buah yang tidak laku terjual dibuang karena membusuk. Pedagang tersebut memperoleh $20\%$ keuntungan dari total harga pembelian. Perbandingan harga pembelian mangga dan manggis berturut-turut adalah...





67. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Sebuah bilangan terdiri dari empat buah angka yang berbeda. Jumlah keempat angka adalah $12$. Angka pertama ditambah angka ketiga sama dengan angka keempat dikurangi angka kedua. Angka ketiga sama dengan selisih angka pertama dan kedua. Angka keempat dibagi angka kedua sama dengan angka pertama dibagi angka ketiga. Bilangan tersebut adalah...





68. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Liliput menjadi reseller produk kosmetik melalui toko online. Harga pokok yang dia peroleh adalah $\text{m}$ rupiah. Jika keuntungan yang ia harapkan sebesar $2\text{n}\%$, maka dia harus menjual produk kosmetik tersebut seharga...





69. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Lia membeli $12$ batang cokelat seharga $\text{Rp} 122.400,00$. Setiap pembelian $2$ batang cokelat, Lia mendapat bonus $1$ batang gratis. Berapa Lia harus menjual seluruh cokelat tersebut tiap batangnya agar mendapat keuntungan $45\%$?





70. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Pesawat $P$ tinggal landas pada pukul $02.00$ dan terbang dengan kecepatan konstan $x\ \text{km/jam}$. Pesawat $Q$ tinggal landas pada pukul $03.30$ dengan rute yang sama dengan $P$, tetapi dengan kecepatan $y\ \text{km/jam}$. Jika $y$ lebih besar daripada $x$, maka berapa jamkah setelah pukul $03.30$ pesawat $Q$ akan menyusul pesawat $P$?





71. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Pada sebuah universitas yang menyediakan mata kuliah tambahan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin, dari $780$ orang terdapat $220$ orang memilih Bahasa Mandarin, $90$ orang memilih keduanya dan $24$ orang tidak memilih. Jika satu kelas memuat maksimal $40$ mahasiswa, berapa kelas yang harus disediakan untuk mata kuliah tambahan bahasa Inggris?





72. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Bari membeli $5$ buah majalah dengan harga rata-rata $\text{Rp} 4.000,00$ per buah dan membeli lagi majalah serupa dengan harga rata-rata $\text{Rp}6.000,00$. Bila diketahui harga rata-rata untuk keseluruhan buku $\text{Rp}5.000,00$. Berapakah tambahan eksemplar majalah yang dibeli lagi oleh Bari?





73. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Dalam suatu kelas $\frac{5}{7}$ murid adalah laki-laki, $\frac{2}{5}$ murid laki-laki berambut lurus. Jika $\frac{6}{14}$ murid memiliki rambut lurus, berapakah murid perempuan yang tak memiliki rambut lurus?





74. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Ani membuat $780\ \text{ml}$ sirup yang ia tuangkan ke dalam setengah jumlah botol miliknya. Jika masing-masing botol berisi $80\ \text{ml}$ sirup dan sirup Ani bersisa $60\ \text{ml}$ maka berapa jumlah botol Ani seluruhnya?





75. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Dua lingkaran masing-masing berdiameter $20\ \text{cm}$ dan $40\ \text{cm}$. perbandingan luas ke dua lingkaran tersebut adalah...





76. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Arya Kamandanu menjadi reseller produk olahraga melalui toko online. Harga pokok yang dia peroleh adalah $p$ rupiah. Jika keuntungan yang ia harapkan sebesar $q\%$, maka dia harus menjual produk olahraga tersebut sebesar...





77. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Adik akan memasukkan kotak sereal yang berukuran $6\ \text{cm} \times 5\ \text{cm} \times 7\ \text{cm}$ ke dalam kardus besar berukuran $28\ \text{cm} \times 24\ \text{cm} \times 60\ \text{cm}$. berapa jumlah kotak sereal yang dapat dimasukkan ke dalam kardus tersebut?





78. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Sebatang kawat cukup untuk membuat tiga kerangka persegi dengan panjang sisi $45\ \text{cm}$. jika kawat yang sama akan dibuat persegi panjang berukuran $18\ \text{cm} \times 15\ \text{cm}$, maka banyaknya kerangka persegi panjang yang dapat dibuat adalah...





79. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Pada tahun $2017$ ini, umur Hari adalah $\frac{5}{8}$ umur Ida. Sewindu yang lalu umur Ida adalah $2$ kali lipat umur Hari. Perbandingan umur Hari dan Ida tahun $2033$ adalah...





80. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Berat badan Rosa $1,5$ kali berat badan Sari. Berat badan Tina $\frac{5}{8}$ berat badan Vera. Berat badan Sari $40\%$ berat badan Tina. Berat badan Umi $120\%$ berat badan Rosa. Diantara lima orang tersebut yang paling kurus adalah...





Untuk soal nomor 81-90, masing-masing soal merupakan deret yang belum selesai. Selesaikanlah deret-deret tersebut dengan memilih salah satu alternatif yang disediakan, yang Anda anggap paling tepat.

81. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$V$, $E$, $T$, $G$, $R$, $I$, ...





82. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$2$, $2$, $4$, $6$, $10$, ...





83. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$21$, $29$, $39$, $51$, $65$, ...





84. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$H$, $G$, $H$, $G$, $I$, $H$, $K$, ...





85. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$A$, $A$, $D$, $B$, $G$, $C$, ...





86. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$M$, $N$, $L$, $O$, $K$, $P$, ...





87. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

5, 6, 4, 7, 8, 6, 9, 10, 8, ...





88. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$5$, $11$, $20$, $32$, $47$, $65$, ...





89. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$A$, $C$, $F$, $H$, $K$, $M$, $P$, ...





90. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

$H$, $W$, $L$, $V$, $P$, $U$, ...





Untuk soal nomor 81-90, masing-masing soal merupakan deret yang belum selesai. Selesaikanlah deret-deret tersebut dengan memilih salah satu alternatif yang disediakan, yang Anda anggap paling tepat.

91. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Sementara sarjana adalah dosen.
Semua dosen harus mengadakan penelitian.





92. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika harga LPG 12 kg naik maka permintaan LPG 3 kg akan naik.
Jika permintaan LPG 3 kg naik maka jumlah LPG 3 kg akan langka.
Ternyata, jumlah LPG 3 kg di pasaran tidak langka.





93. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Semua kucing bisa menerkam.
Sebagian kucing bisa menangkap tikus.





94. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Semua PNS memiliki kartu pegawai.
Sebagian warga Tangerang adalah PNS.





95. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika didinginkan pada suhu $0^{\circ}\text{C}$ maka air membeku. Sumi menaruh air dalam kulkas dan sekarang suhunya $-5^{\circ}\text{C}$.





96. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika direbus pada suhu $100^{\circ}\text{C}$ maka air mendidih. Sumi merebus air dalam panci dan sekarang suhunya $115^{\circ}\text{C}$.





97. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Tidak semua warga wajib memiliki Kartu Sehat. Halimah adalah warga desa.





98. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Semua siswa sekolah luar biasa mempunyai potensi logika yang cukup baik. Marcell bukan siswa sekolah luar biasa.





99. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Semua siswa kelas satu sedang mengikuti karya wisata. Raka siswa kelas satu. Semua siswa kelas satu memakai kaos coklat.





600. Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Setiap jam 08.00 Retna minum obat asma. Setiap akan minum obat Retna makan terlebih dahulu.






Catatan Contoh Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) Tes Masuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Sekolah Kedinasan di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki.
Bung Hatta