Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Belajar Memahami Metode Pembelajaran

Belajar Memahami Metode Pembelajaran

Pembelajaran adalah proses yang sangat penting dalam perkembangan individu. Tetapi, tahukah Anda bahwa cara atau metode pembelajaran yang digunakan dapat sangat mempengaruhi hasil akhirnya? Mari kita simak berbagai metode pembelajaran dan bagaimana memilih yang terbaik.


Metode Pembelajaran

Metode merupakan langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih dalam mencapai tujuan belajar, sehingga bagi sumber belajar dalam menggunakan suatu metode pembelajaran harus disesuaikan dengan jenis strategi yang digunakan. Ketepatan penggunaan suatu metode akan menunjukkan fungsionalnya strategi dalam kegiatan pembelajaran.

Istilah metode dapat digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, sebab secara umum menurut kamus Purwadarminta (1976), metode adalah cara yang telah teratur dan terfikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode berasal dari kata method (Inggris), artinya melalui, melewati, jalan atau cara untuk memeroleh sesuatu.

Berdasarkan pengertian tersebut di atas jelas bahwa pengertian Metode pada prinsipnya sama yaitu merupakan suatu cara dalam rangka pencapaian tujuan, dalam hal ini dapat menyangkut dalam kehidupan ekonomi, sosial, politik, maupun keagamaan.

Unsur–unsur metode dapat mencakup prosedur, sistimatik, logis, terencana dan aktivitas untuk mencapai tujuan. Adapun metode dalam pembahasan ini yaitu metode yang digunakan dalam proses pembelajaran.

Pembelajaran dapat diartikan sebagai setiap upaya yang sistimatik dan disengaja untuk menciptakan kondisi-kondisi agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut tidak dapat lepas dari interaksi antara sumber belajar dengan warga belajar, sehingga untuk melaksanakan interaksi tersebut diperlukan berbagai cara dalam pelaksanaannya.

Interaksi dalam pembelajaran tersebut dapat diciptakan interaksi satu arah, dua arah atau banyak arah. Untuk masing-masing jenis interaksi tersebut maka jelas diperlukan berbagai metode yang tepat sehingga tujuan akhir dari pembelajaran tersebut dapat tercapai.

Metode dalam pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai cara untuk menyampaikan materi saja, sebab sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai tugas cakupan yang luas yaitu disamping sebagai penyampai informasi juga mempunyai tugas untuk mengelola kegiatan pembelajaran sehingga warga belajar dapat belajar untuk mencapai tujuan belajar secara tepat.

Jadi, metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Berdasarkan hal tersebut maka kedudukan metode dalam pembelajaran mempunyai ruang lingkup sebagai cara dalam:

  1. Pemberian dorongan, yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam rangka memberikan dorongan kepada warga belajar untuk terus mau belajar
  2. Pengungkap tumbuhnya minat belajar, yaitu cara dalam menumbuhkan rangsangan untuk tumbuhnya minat belajar warga belajar yang didasarkan pada kebutuhannya
  3. Penyampaian bahan belajar, yaitu cara yang digunakan sumber belajar dalam menyampaikan bahan dalam kegiatan pembelajaran
  4. Pencipta iklim belajar yang kondusif, yaitu cara untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi warga abelajar untuk belajar
  5. Tenaga untuk melahirkan kreativitas, yaitu cara untuk menumbuhkan kreativitas warga belajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya
  6. Pendorong untuk penilaian diri dalam proses dan hasil belajar, yaitu cara untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran
  7. Pendorong dalam melengkapi kelemahan hasil belajar, cara untuk untuk mencari pemecahan masalah yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran
Metode Pembelajaran Yang Tepat

Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. Dengan kata lain, strategi merupakan "a plan of operation achieving something" sedangkan metode adalah "a way in achieving something" (Wina Senjaya (2008)).

Pentingnya Memilih Metode yang Tepat

Pernahkah Anda merasa kesulitan memahami suatu materi? Bisa jadi metode pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan gaya belajar Anda. Memilih metode yang tepat dapat meningkatkan efektivitas belajar dan membantu siswa mencapai potensi maksimal mereka.

Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Pembelajaran

Banyak faktor yang mempengaruhi pemilihan metode pembelajaran, termasuk gaya belajar siswa dan sumber daya yang tersedia.

Gaya Belajar Siswa

Setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, seperti visual, auditori, atau kinestetik. Menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Sumber Daya yang Tersedia

Faktor lain yang mempengaruhi adalah ketersediaan sumber daya seperti teknologi dan infrastruktur. Metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi canggih mungkin tidak efektif di lingkungan dengan akses internet yang terbatas.

Tips Memilih Metode Pembelajaran yang Efektif

Berikut beberapa tips dalam memilih metode pembelajaran yang efektif:

Evaluasi Kebutuhan dan Tujuan Pembelajaran

Sebelum memilih metode, penting untuk mengevaluasi kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Apakah tujuan utama adalah pemahaman konsep atau keterampilan praktis?

Menggabungkan Beberapa Metode

Tidak ada satu metode yang sempurna untuk semua situasi. Menggabungkan beberapa metode dapat memberikan fleksibilitas dan efektivitas yang lebih tinggi. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:

  • ceramah;
  • demonstrasi;
  • diskusi;
  • simulasi;
  • laboratorium;
  • pengalaman lapangan;
  • brainstorming;
  • debat,
  • simposium, dan sebagainya.

Kesimpulan

Memilih metode pembelajaran yang tepat adalah langkah penting dalam proses pendidikan. Dengan mempertimbangkan gaya belajar siswa, sumber daya yang tersedia, dan tujuan pembelajaran, kita dapat menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menyenangkan.

Catatan Belajar Memahaami Metode Pembelajaran di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Tak ada yang lebih membuat murid gembira selain berhasil mempelajari sesuatu. Dan tak ada yang membuat seorang guru gembira selain menemukan cara untuk mengajari muridnya.
Andrea Hirata