Kumpulan Soal SPMB Mandiri PTKIN dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)

Kumpulan Soal SPMB Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).
Kumpulan Soal SPMB Mandiri PTKIN dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Calon Guru berbagi file Kumpulan Soal SPMB Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) merupakan proses seleksi masuk UIN, IAIN, STAIN dan PTN yang memiliki Izin Program Studi dibawah Kordinasi Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia di seluruh Indonesia melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersama berbasis Sistem Seleksi Elektronik (SSE).

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) dalam sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UMPTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Selain UM-PTKIN, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri juga diberikan kesempatan untuk melakukan seleksi secara mandiri. Seperti Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Mandiri (SPMB Mandiri) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan merupakan salah satu jalur masuk mandiri yang dilakukan melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE).


Kumpulan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)


Agar persiapan untuk menghadapi Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) semakin mantap, selain latihan membahas soal-soal UM-PTKIN dibawah ini ada baiknya juga dilatih soal-soal yang sudah pernah diujikan pada UTBK SBMPTN, karena untuk mata pelajaran umum terkhusus lagi di matematika, dasar teori yang digunakan untuk menjawab soal adalah sama. Silahkan di cek Soal dan Pembahasan TPS Penalaran dan Kemampuan Kuantitatif UTBK SBMPTN.


KUMPULAN SOAL SPMB MANDIRI UIN BANDUNG



KUMPULAN SOAL SPMB MANDIRI UIN JAKARTA



KUMPULAN SOAL SPMB MANDIRI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


Soal SPMB Mandiri PTKIN dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) lainnya dalam proses upload, mohon bersabar 🙏

Kumpulan Soal SPMB Mandiri PTKIN dan Soal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)

Ketentuan Umum Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN)


  1. Lulus dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS atau yang setara untuk tahun lulus tahun ini dan dua tahun sebelumya.
  2. Lulusan untuk dua tahun sebelumya harus sudah memiliki Ijazah. Sedangkan lulusan tahun ini harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Pengumuman Lulus dari Kepala Madrasah/ Sekolah/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS dan dilengkapi dengan pasfoto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS.
  3. Membayar biaya UM-PTKIN melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia Nasional.
  4. Kelompok ujian UMPTKIN terbagi menjadi 3 (tiga) yaitu:
    • Tes Kemampuan Dasar - TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman, Al Quran)
    • Tes Kemampuan Bidang IPA
    • Tes Kemampuan Bidang IPS
  5. Ketentuan kelompok program studi dan jumlah pilihan adalah sebagai berikut:
    • Kelompok ujian peserta akan ditentukan berdasarkan pilihan prodi peserta. Apabila peserta memilih prodi IPA di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPA atau jika peserta memilih prodi IPS di semua pilihan maka kelompok ujian peserta adalah IPS
    • Semua kelompok ujian (IPA/IPS) dapat memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi
    • Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
    • Setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia
  6. Ujian hanya terdiri daru satu tipe ujian yaitu:
    Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yaitu ujian yang diselenggarakan menggunakan komputer. SSE ini tidak lagi menggunakan kertas (paperless), baik untuk naskah soal maupun lembar jawaban.
  7. Untuk informasi lebih lanjut bisa dicek langsung pada https://um-ptkin.ac.id/home/informasi

Sebagai tambahan bahan latihan dalam mempersiakan diri menghadapi Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), silahkan dicoba berlatih dari soal seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri lainnya, silahkan dicoba melalui berikut ini:

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Kumpulan Soal Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Insurance, Loans, Mortgage, Attorney, Credit, Lawyer, Donate, Software, Conference Call,
© defantri.com ~ Made with ❤️ in Lintongnihuta, IDN. Developed by Jago Desain