Klasifikasi Masalah Matematika

Kita dapat mengklasifikasikan masalah dalam kehidupan kita, ada masalah keuangan, percintaan, pekerjaan dan banyak lagi. Masalah dalam matematika juga dapat kita klasifikasikan, ini merupakan edisi terakhir dari tulisan sebelumnya Masalah Rutin dan Masalah Tidak Rutin dan Hakekat Suatu Masalah Matematika. Langsung ke permasalahan.

Pada kegiatan belajar ini, kita akan mempelajari pengklasifikasi masalah matematika, yaitu masalah penemuan dan masalah pembuktian.

Setelah mempelajari materi ini, diharapkan kita mempunyai kemampuan untuk menjelaskan klasifikasi masalah matematika yang meliputi masalah penemuan dan masalah pembuktian

Masalah Penemuan dan Masalah Pembuktian
Masalah di dalam matematika dapat diklasifikasi dalam dua jenis (Pusat Kurikulum, 2002 a, b, dan c), yaitu:
  1. Penemuan (Problem to find), yaitu mencari, menentukan, atau mendapatkan nilai atau objek tertentu yang tidak diketahui dari soal serta memenuhi kondisi atau syarat yang sesuai dengan soal.
  2. Pembuktian (Problem to prove), yaitu prosedur untuk menentukan apakah suatu pernyataan benar atau tidak benar. Soal membuktikan terdiri atas bagian hipotesis dan kesimpulan. Untuk membuktikan kita harus membuat atau memproses pernyataan yang logis dari hipotesis menuju kesimpulan, sedangkan untuk membuktikan bahwa suatu pernyataan tidak benar kita harus memberikan contoh penyangkalnya sehingga pernyataan tersebut menjadi tidak benar.

Perhatikan beberapa contoh soal berikut:
  1. Apa langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengerjakan $ 3\frac{1}{2}:5\frac{1}{4} $ ?
  2. Tentukan hasilnya bila $ 3\frac{1}{4} \times 6:2\frac{1}{2} $ ?
  3. Manakah yang lebih luas, kebun yang berbentuk persegipanjang dengan panjang 314 m dan lebar 12 m atau kolam renang yang berbentuk lingkaran dengan jari-jari lingkaran 12 m?
  4. Ani lebih tua dari Budi, Budi lebih tua daripada Chandra, Chandra lebih muda daripada Deni. Siapakah yang paling muda di antara mereka?
  5. Diketahui sejumlah bangun geometri datar, yaitu persegi, persegipanjang, segitiga, lingkaran, belahketupat, jajargenjang, laying-layang, dan trapesium. Buatlah hubungan di antara mereka dalam bentuk diagram peta konsep!
  6. Dengan cara bagaimana kita menunjukkan 6 dibagi 3 adalah 2?
  7. Jelaskan mengapa $ 2\sqrt{5} \times 3\sqrt{5}-5=25 $
  8. Mengapa bilangan-bilangan ganjil dikalikan dengan bilangan genap selalu menghasilkan bilangan genap?
  9. Mengapa setiap persegi adalah pesegi panjang?
  10. Mengapa sebuah relasi belum tentu merupakan fungsi?

Dari soal-soal di atas soal no 1-5 merupakan masalah penemuan, sedangkan soal no 6-10 merupakan masalah pembuktian, mengapa?
  1. Pada soal no 1 siswa akan menentukan langkah pertama untuk mendapatkan nilai dari $ 3\frac{1}{2}:5\frac{1}{4}$(masalah penemuan).
  2. Pada soal no 2 siswa akan mencari nilai dari $ 3\frac{1}{4} \times 6:2\frac{1}{2} $ (masalah penemuan).
  3. Pada soal no 3 siswa akan menentukan mana yang lebih luas dengan mencari luas kebun dan kolam renang dengan ukuran masing-masing yang sudah di tentukan (masalah penemuan).
  4. Pada soal no 4 siswa akan menentukan kondisi yang sesuai soal dengan yang diberikan (masalah penemuan).
  5. Pada soal no 5 siswa akan mencari, menentukan, dan mendapatkan hubungan bangun geometri datar yang diberikan dalam diagram peta konsep (masalah penemuan).
  6. Pada soal no 6 siswa akan menunjukkan bahwa 6 dibagi 3 adalah 2 merupakan pernyataan yang bernilai benar (masalah pembuktian).
  7. Pada soal no 7 siswa akan menunjukkan bahwa image002.gif adalah benar (masalah pembuktian).
  8. Pada soal no 8, 9, 10 merupakan masalah pembuktian diserahkan kepada Anda sebagai latihan.

Latihan
1. Apa yang dimaksud dengan masalah penemuan?
2. Apa yang dimaksud dengan masalah pembuktian?
3. Mengapa contoh soal no 8, 9 dan 10 merupakan masalah pembuktian?
4. Apa ciri-ciri suatu soal merupakan masalah penemuan dan ciri-ciri suatu soal merupakan masalah pembuktian?
5. Berikan contoh masalah penemuan dan masalah pembuktian dalam matematika! Jelaskan!
Jawaban
Petunjuk:
  1. Masalah penemuan berhubungan erat dengan proses mencari, menentukan, atau mendapatkan nilai atau objek tertentu yang tidak diketahui dari soal.
  2. Masalah pembuktian berhubungan erat dengan prosedur untuk menentukan apakah suatu pernyataan benar atau tidak benar.
  3. Pada soal no 8, 9, 10 di atas siswa membuktikan bahwa bilangan-bilangan ganjil dikalikan dengan bilangan genap selalu menghasilkan bilangan genap, setiap persegi adalah pesegi panjang, dan sebuah relasi belum tentu merupakan fungsi.
  4. Masalah penemuan terkait proses mencarian nilai tertentu yang tidak diketahui dari soal, masalah pembuktian terkait proses membuktikan kebenaran dari soal yang diberikan.
  5. Tipe soal sebagai masalah penemuan dalam matematika menuntut siswa mencari suatu nilai tertentu misalnya mencari hasil dari beberapa operasi pada bilangan, sedangkan tipe soal sebagai masalah pembuktian menuntut siswa untuk mencari kebenaran dari soal misalnya $x$ yang memenuhi persamaan $2 + x = 5$ adalah $3$, dsb.
Rangkuman Masalah di dalam matematika dapat diklasifikasi dalam dua jenis, yaitu:
  • Penemuan (Problem to find), yaitu mencari, menentukan, atau mendapatkan nilai atau objek tertentu yang tidak diketahui dari soal serta memenuhi kondisi atau syarat yang sesuai dengan soal. Contoh: Tentukan hasilnya bila $ 3\frac{1}{4} \times 6:2\frac{1}{2} $?
  • Pembuktian (Problem to prove), yaitu prosedur untuk menentukan apakah suatu pernyataan benar atau tidak benar. Soal membuktikan terdiri atas bagian hipotesis dan kesimpulan. Untuk membuktikan kita harus membuat atau memproses pernyataan yang logis dari hipotesis menuju kesimpulan, sedangkan untuk membuktikan bahwa suatu pernyataan tidak benar kita harus memberikan contoh penyangkalnya sehingga pernyataan tersebut menjadi tidak benar. Contoh: Mengapa setiap persegi adalah pesegi panjang?
[Klasifikasi Masalah Matematika | Goenawan Roebyanto dan Aning Wida Yanti]

Suka matematika tapi tidak kenal dengan Bapak Hendra Gunawan kurang seru, yuk mengenal salah satu matematikawan Indonesia melalui video berikut;

You Might Also Like: