Sebelas Tips Rahasia Menjadi Guru Yang Berbahagia

Jam wajib 24 jam pelajaran yang menjadi sebuah rutinitas kadang mudah mendatangkan stres pada diri kita, apalagi ditambah dengan kepala sekolah dan pemerintah yang hanya 'bijaksana'. Tidak bisa dipungkiri jika kita terserang efek stres maka akan berakibat kepada pekerjaan kita, akibatnya pekerjaan yang kita lakukan menjadi tak maksimal dan berpengaruh pada kualitas pekerjaan.

Lalu bagaimana?

Untuk sukses menjadi guru, kita tak harus stres. Sukses bisa kita raih dengan penuh kegembiraan. Rasa riang dan bahagia justru memperbesar peluang kita untuk sukses. Sebab rasa bahagia merupakan cara terdahsyat meningkatkan produktivitas kita seorang guru dan produktivitas merupakan penentu kesuksesan.

Dengan berbahagia, kita akan merasa senang menjalankan aktivitas itu. Dengan merasa happy, kita akan merasa nikmat melaksanakan pekerjaan kita. Sehingga hasil pekerjaannya menjadi maksimal, rasa bahagia juga membangkitkan energi kreatif dalam tubuh kita. Ide-ide baru untuk pemakaian dan pengembangan metode pembelajaran yang akan kita terapkan akan terus bermunculan. Rasa bahagia juga akan merangsang pikiran kita menjadi lebih terbuka. Sehingga ilmu dan pelajaran baru lebih mudah terserap dan lebih mudah menyampaikannya.

Rasa senang juga membangkitkan sikap optimis bahwa peserta didik kita ini nanti yang membesarkan bangsa ini atau peserta didik kita inilah yang mengajari anak-anak kita di sekolah. Kita akan terus bersemangat dan menikmati setiap prosesnya.

Ok. Tapi bagaimana caranya agar sepanjang waktu kita selalu dilingkupi perasaan senang dan bahagia?

Berikut ini beberapa tipsnya, mudah-mudahan membantu:

1. Bangun Mental Positif dalam Diri Anda.
Mental positif berpengaruh besar bukan hanya pada mereka pebisnis besar atau pebisnis online, tapi pada kita para guru sangat mempengaruhi jalan hidup kita selanjutnya. Setahu saya setiap pebisnis sukses selalu bermental positif. Mereka selalu mengembangkan sikap, pikiran, dan perasaan positif dalam hidupnya begitu juga kita para guru.

2. Visualisasikan Tujuan Anda Mengajar.
Dengan mengetahui tujuan kita, kita memiliki target yang jelas. Ini akan membantu kita lebih bersemangat untuk mencapai tujuan itu. Setiap kita merasa sedang kendor semangatnya, coba lihat kembali tujuan kita. Itu akan membuat kita lebih bersemangat dan berbahagia menjalaninya.

3. Senyumlah.
Bekerjalah sambil tersenyum. Senyuman tersebut akan merangsang seluruh anggota tubuh kita untuk merasa bahagia. Kita bisa mencobanya sekarang juga. Rasakan perbedaan suasana hati kita saat kita senyum dan saat kita cemberut. Mengenai manfaat tersenyum, coba di search dan baca lagi melalui mbah google.

4. Lakukan Pekerjaan yang kita Sukai Setiap Hari.
Kita adalah seorang guru, pasti pergi ke sekolah adalah hal yang kita sukai. Jadi lakukan pergi ke sekolah setiap hari, pastikan kegiatan tersebut tak kita lewatkan. Karena pekerjaan yang kita sukai itu akan menyalurkan rasa bahagia pada pekerjaan-pekerjaan selanjutnya. Hindari pernyataan 'hari ini saya tidak ada jam sehingga saya tidak datang ke sekolah'

5. Mulai dari Pekerjaan yang Termudah.
Melakukan pekerjaan yang termudah akan membantu membangkitkan semangat kita. Memulai pekerjaan dari yang termudah akan membuat kita lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berikutnya.

6. Selesaikan Pekerjaan Satu Persatu.
Selesaikan pekerjaan kita satu persatu, dan nikmatilah! Dengan begitu setiap pekerjaan yang harus kita selesaikan bisa selesai dengan maksimal.

7. Rayakan Keberhasilan.
Setiap prestasi yang kita raih, kita perlu merayakannya. Merayakan keberhasilan merupakan cara menghargai kerja keras. Rayakanlah bersama orang-orang di sekeliling. Bagaimana merayakannya tergantung kepada kita masing-masing, yang penting dirayakan.

8. Salurkan Kebahagiaan Anda pada Orang Lain.
Kebahagiaan itu bisa menular. Mengabarkan kebahagiaan kita pada orang lain bisa ikut manambah kadar bahagia di hati kita.

9. Katakan Kalau Anda Bahagia.
Setiap anda bangun pagi, katakan dengan tegas beberapa kali “saya bahagia hari ini!” Perkataan tersebut sebagai stimulus awal yang akan menyadarkan tubuh kita kalau kita tengah bahagia.

10. Selalu Niatkan untuk Membantu Orang Lain.
Menjadi seorang guru mungkin bukan cita-cita kita, tetapi dengan meniatkan diri membantu orang lain maka menjadi seorang guru itu menjadi pekerjaan yang sangat mulia. Bukan hanya kepada seorang guru, bisnis apapun itu atau apapun produk atau jasa yang kita tawarkan, selalu niatkan untuk membantu orang lain. Dengan niat seperti itu akan lebih mendatangkan ketentraman bagi diri kita.

Melakukan ke-10 tips di atas bisa mendorong diri anda menjadi lebih bahagia. Dan yang jelas, untuk berbahagia tak harus menunggu hal-hal di luar diri anda menjadi seperti yang anda harapkan, seperti mungkin gaji di naikkan, atau tunjangan sertifikasi pembayarannya jangan molor dan sebagainya. Karena kebahagiaan sejati itu pada hakikatnya bersumber dari dalam diri anda sendiri.

Apakah Anda sudah bahagia hari ini?

Untuk tips yang ke-11, saya sangat mengharapkan dari Anda pembaca yang baik hati, kan tidak mungkin Anda tidak punya tips untuk menjadi guru yang bahagia. Mari sampaikan tipsnya kepada pembaca lainnya, Anda dapat menuliskannya dibawah pada kolom komentar pilihan.

Lihat video kemampuan guru Humbang Hasundutan bernyanyi yang diatas rata-rata;

You Might Also Like: