Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] Guru

Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [PKB]. Perubahan program pemerintah yang terdahulu 'Guru Pembelajar' menjadi 'Peningkatan Keprofesian Berkelanjutan [PKB]' akan dilaksanakan.

Perubahan ini sebenarnya bukan tidak mendasar, karena dengan melihat apa yang disampaikan pada latar belakang buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru dikeluarkan pada tahun 2010 oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, disampaikan bahwa:

Sejatinya, guru adalah bagian integral dari organisasi pendidikan di sekolah secara menyeluruh. Agar sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan di sekolah mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge [2000] mengingatkan perlunya mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar.

Di antara karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya. Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar adalah terwujudnya masyarakat pembelajar di tubuh organisasi tersebut.

Ini dapat dengan mudah difahami mengingat kinerja organisasi secara tidak langsung adalah produk kinerja kolektif semua unsurnya termasuk Sumber Daya Manusia.

Oleh sebab itu, dalam konteks sekolah, guru secara individu maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya harus didorong untuk menjadi bagian dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela serta terus menerus dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan profesionalismenya.

Dengan menyimak beberapa paragraf diatas dapat kita simpulkan bahwa program-program pemerintah pada dasarnya mempunyai tujuan yang sama baik. Hanya saja pemerintah yang berkuasa menyampaikan dengan cara yang berbeda, sehingga terjadilah perubahan 'judul' pada program-program yang dilaksanakan.

Sebagai seorang guru bagaimana kita menyikapi perubahan-perubahan program pemerintah pastinya dengan berpikir layaknya bagaimana seorang guru yang positif.

Perubahan program Guru Pembelajar menjadi Peningkatan keprofesian Berkelanjutan [PKB] mengembalikan kita kepada program pemerintah sebelumnya yaitu Pengembangan Keprofesian Guru [PKB]. Pada saat program Pengembangan Keprofesian Guru dilaksanakan pemerintah mengeluarkan buku Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru yang terdiri dari lima buku, yaitu;
  • Buku 1 - Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] [Unduh]
  • Buku 2 - Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru [PKG][Unduh]
  • Buku 3 - Panduan Penyelenggaraan Diklat Calon Tim Penilai Jabatan Fungsional Guru [Unduh]
  • Buku 4 - Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] Dan Angka Kreditnya [Unduh]
  • Buku 5 - Pedoman Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] [Unduh]
Buku-buku diatas juga diperoleh saat saya mendapat Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan [PKB] Two in One dengan pola in-on-in yang dilaksanakan oleh PPPPTK Matematika.

Semoga buku-buku diatas bermanfaat yang dapat kita gunakan untuk peningkatan keprofesian kita sebagai guru.

Paling tidak kita tidak seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Profesor Hendra Gunawan pada facebooknya yaitu "Kita terlalu banyak menghabiskan waktu untuk hal-hal yang sebetulnya bukan tugas kita 😥, dan sebaliknya Kita tidak mengerjakan hal-hal yang sesungguhnya merupakan tugas kita 😂". Mari berbuat yang terbaik 👍 untuk profesi kita.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Apa arti perubahan menurut Anda;

You Might Also Like: