Skip to main content

Pengertian Pecahan dan Cara Menyelesaikannya?

Konsep penerapan pecahan berasal dari zaman kuno, ketika matematikawan mulai menggunakan berbagai simbol untuk menunjukkan penerapan pecahan. Kata bit berasal dari bahasa latin pecahan, yang berarti membagi sesuatu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil.

Pecahan adalah prinsip matematika dasar dengan berbagai aplikasi dunia nyata. Pecahan sering digunakan dalam berbagai konteks, dari membagi kue menjadi bagian yang sama hingga arsitektur dan sains.

Sedangkan pembelajaran pecahan sederhana, dalam hal melakukan operasi pada pecahan seperti penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan. Siswa harus berlatih operasi ini pada pecahan untuk menerapkannya dalam situasi dunia nyata. Siswa dapat dengan mudah memahami konsep-konsep seperti kecepatan, rasio, berat dan proporsi jika mereka mengetahui dasar-dasar pecahan.

Saat mengajar pecahan, sangat penting untuk menggunakan contoh kehidupan nyata; Misalnya, Anda dapat menggunakan skenario sehari-hari untuk mendemonstrasikan konsep pecahan dalam aktivitas seperti memanggang, berbagi irisan pizza dengan teman, dan sebagainya. Pemahaman pecahan membutuhkan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasarnya.

Catatan ini akan melihat aplikasi pecahan dunia nyata dan bagaimana mereka dapat membantu kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika contoh kehidupan nyata digunakan untuk memahami konsep, pembelajaran meningkat secara signifikan dan mata pelajaran menjadi lebih relevan dan menarik. Mari kita mulai dengan mendefinisikan pecahan.

Apa itu pecahan?


Menurut Wikipedia,
Pecahan mewakili bagian dari keseluruhan atau, lebih umum, beberapa bagian yang sama. Ketika diucapkan dalam bahasa Inggris sehari-hari, pecahan menggambarkan berapa banyak bagian dari ukuran tertentu, misalnya, setengah, delapan perlima, tiga perempat.

Bagaimana cara menyelesaikan pecahan dengan kalkulator online?


Ada beberapa sumber online yang bisa diakses. Untuk siswa, kebanyakan dari mereka mencakup semua jenis perhitungan pecahan. Kami akan berbicara tentang salah satunya untuk kualitas tinggi yang ditawarkannya dalam hal kecepatan dan akurasi.

Meracalculator adalah platform pendidikan online yang menggunakan metode pembelajaran terbaru untuk mengajarkan prinsip-prinsip matematika, fisika, dan kimia yang penting.

Meracalculator juga menyediakan kurva belajar yang mendalam dan perhitungan langkah demi langkah menggunakan kalkulator pecahan online untuk membantu siswa memahami mengapa mereka melakukan perhitungan tertentu. Kalkulator ini memberikan solusi langkah demi langkah untuk masalah pecahan. Alat ini memungkinkan Anda untuk menambah, mengurangi, mengalikan, dan membagi pecahan.

Anda hanya perlu memasukkan pecahan yang ingin Anda pecahkan. Anda dapat memilih jenis operasi yang ingin Anda lakukan pada pecahan. Anda memiliki pilihan untuk menambah, mengurangi, mengalikan atau membagi. Kalkulator ini membantu mempercepat perhitungan pecahan Anda dan Anda juga dapat menggunakannya untuk mempelajari cara menangani pecahan selama ujian.

Ada alat lain yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan pecahan, seperti kalkulator pecahan online Allmath.com dan kalkulator pecahan Calculatorschool.com.

Menyelesaikan Pecahan Tanpa Alat Online


Kami tidak menyarankan hanya menggunakan alat online untuk segala jenis pembelajaran, terutama dalam hal matematika. Matematika adalah mata pelajaran yang membutuhkan latihan yang tepat untuk menguasai bidang ini. Sebagai siswa matematika, Anda harus memiliki pemahaman yang kuat tentang semua konsep matematika, yang hanya mungkin jika Anda mempraktikkan konsep tersebut.

Di bagian ini, kita akan mempelajari cara menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, dan membagi pecahan tanpa menggunakan alat daring yang disebutkan di atas.

Pecahan: $\dfrac{2}{3}$ dan $\dfrac{6}{5}$.

1. Menambahkan Pecahan

Untuk menjumlahkan dua pecahan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tuliskan dua pecahan dan beri tanda jumlah di antara keduanya.
    $\dfrac{2}{3}+\dfrac{6}{5}=\cdots$
  2. Samakan penyebut kedua pecahan. Untuk melakukannya, kalikan kedua pecahan dengan "satu" (tidak merubah nilai pecahan) sehingga penyebutnya sama.
    Kalikan pecahan pertama dengan $\frac{5}{5}$ dan yang kedua dengan $\frac{3}{3}$.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3}+\dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{5}+\dfrac{6}{5} \times \dfrac{3}{3} \\ &= \dfrac{10}{15} +\dfrac{18}{15} \end{align}$
    Sekarang kita memiliki penyebut yang sama untuk setiap pecahan, yaitu $15$.
  3. Sekarang ambil penyebut yang sama dan jumlahkan kedua pembilangnya.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3}+\dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{5}+\dfrac{6}{5} \times \dfrac{3}{3} \\ &= \dfrac{10}{15} +\dfrac{18}{15} \\ &= \dfrac{10+18}{15} \\ &= \dfrac{28}{15} \end{align}$

Metode ini dapat digunakan untuk menjumlahkan dua pecahan. Pengurangan pecahan bisa lebih mudah jika Anda tahu cara menjumlahkan pecahan, karena penjumlahan dan pengurangan tidak jauh berbeda. Saat Anda mengurangi pecahan, Anda harus mengurangi angka, bukan menambahkannya. Mari kita cari tahu cara mengurangkan pecahan.

2. Pengurangan Pecahan
Untuk mengurangi dua pecahan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  1. Tuliskan dua pecahan dan beri tanda minus di antara keduanya.
    $\dfrac{2}{3}+\dfrac{6}{5}=\cdots$
  2. Buatlah penyebut kedua pecahan dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan pada bagian sebelumnya. Kalikan pecahan pertama dengan $\frac{5}{5}$ dan yang kedua dengan $\frac{3}{3}$.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3}-\dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{5}-\dfrac{6}{5} \times \dfrac{3}{3} \\ &= \dfrac{10}{15} -\dfrac{18}{15} \end{align}$
  3. Temukan penyebut dari dua pecahan biasa dan kurangi kedua pembilangnya.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3}-\dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{5}-\dfrac{6}{5} \times \dfrac{3}{3} \\ &= \dfrac{10}{15} -\dfrac{18}{15} \\ &= \dfrac{10-18}{15} \\ &= \dfrac{-8}{15} \end{align}$

Pengurangan dan penjumlahan pecahan sama dalam banyak hal. Satu-satunya perbedaan adalah tanda operasi aritmatika.

3. Perkalian Pecahan

Untuk mengalikan dua pecahan, ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tuliskan dua pecahan dan beri tanda perkalian di antara keduanya untuk mengalikan pecahan tersebut.
    $\dfrac{2}{3}+\dfrac{6}{5}=\cdots$
  2. Kalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua. Demikian juga, kalikan penyebut pecahan pertama dengan penyebut pecahan kedua.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3} \times \dfrac{6}{5} &= \dfrac{2 \times 6}{3 \times 5} \\ &= \dfrac{12}{15} \end{align}$
  3. Menyederhanakan Pecahan, membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama sampai bentuk yang paling sederhana dan nilai pecahan tetap.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3} \times \dfrac{6}{5} &= \dfrac{2 \times 6}{3 \times 5} \\ &= \dfrac{12}{15} = \dfrac{12 \div 3}{15 \div 3} \\ &= \dfrac{4}{5} \end{align}$
4.Pembagian Pecahan

Pembagian pecahan sama dengan perkalian pecahan.

  1. Tuliskan dua pecahan dan beri tanda pembagian di antara keduanya.
    $\dfrac{2}{3} \div \dfrac{6}{5}=\cdots$
  2. Dapatkan kebalikan dari pecahan kedua untuk mengganti tanda $\div$ dengan $\times$.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3} \div \dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{6} \end{align}$
  3. Kalikan pembilang pecahan pertama dengan pembilang pecahan kedua. Juga, kalikan penyebut pecahan pertama dengan penyebut kedua. $\begin{align} \dfrac{2}{3} \div \dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{6} \\ &= \dfrac{2 \times 5}{3 \times 6} \\ &= \dfrac{10}{18} \end{align}$
  4. Sederhanakan pecahan dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan biasa, seperti yang kita lakukan untuk perkalian.
    $\begin{align} \dfrac{2}{3} \div \dfrac{6}{5} &= \dfrac{2}{3} \times \dfrac{5}{6} \\ &= \dfrac{2 \times 5}{3 \times 6} \\ &= \dfrac{10}{18} = \dfrac{10 \div 2 }{18 \div 2} \\ &= \dfrac{5}{9} \end{align}$

Kesimpulan


Sekarang setelah Anda mengetahui cara menyelesaikan pecahan dengan dan tanpa menggunakan alat online, Anda harus berlatih menggunakan lebih banyak contoh dari buku kerja dan buku teks Anda. Fitur yang kami sebutkan untuk menghitung pecahan adalah yang terbaik dan diuji secara menyeluruh oleh tim kami yang berdedikasi. Anda dapat menggunakan salah satu dari mereka karena semua alat yang terdaftar gratis untuk digunakan.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Pengertian Pecahan dan Cara Menyelesaikannya? silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Pengertian Pecahan dan Cara Menyelesaikannya?" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar