Matematika Jurusan yang bergaji Besar

Uang bukanlah segalanya tapi segalanya perlu uang, mungkin pernyataan itu sudah sering Anda dengar dan dengan didukung dengan gaji yang besar maka keuangan akan menjadi lebih baik dan kita akan lebih mudah mendapatkan apa yang kita inginkan.

Saya jadi malu membaca berita ini, karena menurut Ina Liem yang melahirkan sebuah buku bertajuk "Tujuh Jurusan Bergaji Besar" menempatkan matematika sebagai jurusan yang bergaji besar diurutan pertama. Kenapa saya malu [mungkin Anda tahu jawabnya..!], karena saya termasuk orang yang lulus dengan membawa matematika sebagai jurusan tetapi tidak mendapat gaji besar.... hahahaaaa....
Tapi saya masih bersyukur atas apa yang sudah Tuhan berikan kepada saya.

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Nasional [SNMPTN] 2013 sudah memasuki masa pendaftaran. Para siswa sekolah menengah atas [SMA] yang kini sedang bingung dengan jurusan apa yang tepat bagi mereka sehingga mampu menjamin masa depannya.

Seperti apa yang kami simak dari kompas.com Ina Liem, penulis buku bertajuk Tujuh Jurusan Bergaji Besar, mengatakan bahwa ada tujuh jurusan yang dapat dijadikan pilihan oleh anak-anak yang hendak melanjutkan pendidikan tinggi. Tujuh jurusan ini diyakini mampu menunjang masa depan yang cerah karena bisa menuai penghasilan besar bagi lulusannya.

"Semua pekerjaan memang bisa mendapat gaji besar jika dirintis dengan benar. Tapi, untuk fresh graduate yang ingin mendapat gaji besar, tujuh jurusan ini bisa mewujudkannya," kata Ina saat World Education Expo Indonesia [WEEI] 2013 di Balai Kartini, Jakarta, Jumat [15/2/2013].

Lantas, apakah tujuh jurusan itu?

1. Matematika
Wanita yang juga menjabat sebagai In-Country Manager La Trobe University ini memaparkan bahwa jurusan pertama yang mampu menghasilkan gaji besar adalah jurusan Matematika. Jangan salah, masuk ke jurusan Matematika justru membuka peluang untuk dapat bergabung dengan perusahaan besar kelas internasional.

"Biasanya kan lulusan Matematika disebutnya hanya bisa jadi guru. Enggak seperti itu juga. Justru lulusan Matematika ini berpotensi menjadi pakar analisa untuk perusahaan besar," ujar Ina.

2. Teknik Informatika
Jurusan kedua yang mampu menghasilkan uang banyak saat ini adalah jurusan Teknik Informatika atau lebih akrab disebut Information Technology [IT]. Hal ini masuk akal melihat teknologi yang kian maju dan kebutuhan perusahaan akan ahli teknologi untuk memajukan bisnis yang dikelolanya.

3. Teknik Kimia
Jurusan ketiga yang mendongkrak masa depan seseorang adalah jurusan Teknik Kimia. Tentu tidak ada yang menyangka bahwa jurusan Teknik Kimia termasuk yang berpotensi bergaji besar. Pasalnya, jurusan ini justru tidak populer jika dibandingkan dengan jurusan Psikologi, Hukum, dan Kedokteran.

"Memang terlihatnya tidak populer. Tapi sekali lagi jangan salah, Teknik Kimia ini juga banyak dilirik. Contoh pasta gigi, sabun, atau cat tembok yang digunakan itu semua ada campur tangan lulusan Teknik Kimia," jelas Ina.

4. Manajemen
5. Geologi
6. Teknik Pertambangan
7. Teknik Perminyaka

Secara berturut-turut empat jurusan ini memang selalu disebut-sebut mampu menghasilkan uang berlimpah bagi para lulusannya. Apalagi, tiga jurusan terakhir.

"Geologi, pertambangan, dan perminyakan ini tidak usah ditanya. Biasanya, begitu masuk langsung bisa dapat gaji double digit," ungkap Ina.

"Namun, semua itu tidak cukup jika tidak memiliki soft skills yang baik. Jadi, jangan lupa kembangkan soft skills," tandasnya.

Menurut Oxford Dictionaries, soft skills adalah karakter pribadi yang memudahkan seseorang untuk berinteraksi dengan efektif dan harmonis dengan orang lain di sekitarnya.

Nah sekarang Anda jangan ragu lagi, Setelah Memilih Universitas oke, melihat Jurusan paling mudah dapat kerja tentu pilihan jurusan yang bergaji besar patut jadi pedoman, semoga bermanfaat.

Matematika dapat mempengaruhi karakter kita, mari kita simak penjelasannya pada video berikut;

You Might Also Like: