Skip to main content

Sebuah Catatan Pendidikan Pitoyo Hartono, Dunia Tidak Peduli Pada Anda

Sebuah Catatan Pendidikan Pitoyo Hartono, Dunia Tidak Peduli Pada AndaCalon Guru berbagi Sebuah Catatan Pendidikan Pitoyo Hartono, Dunia Tidak Peduli Pada Anda. Catatan dari Bapak Prof.Pitoyo Hartono ini yang sebelumnya sudah dibagikan melalui media sosial beliau, silahkan cek langsung profil beliau jika ingin mengenal beliau lewat media sosial facebooknya di Pitoyo Peter Hartono, Dr. Eng. (Professor, Dept. of Electrical and Electronics Engineering, Chukyo University, Nagoya, Japan)

PENDIDIKAN: DUNIA TIDAK PEDULI PADA ANDA

Satu hal yang saya tidak begitu suka: diminta untuk memberi final remark pada presentasi saya di tingkat universitas ataupun SMA. Karena kebanyakan orang memberi final remark untuk memotivasi pendengarnya, saya melakukan yang lain. Kalau ini dianggap demotivasi ya bodoh amat, tapi ini untuk menempatkan pendengar terutama mahasiswa/i, atau anak-anak SMA diproporsi yang berimbang. Mungkin ini juga relevan, untuk orang tua yang mengangap anak-anak prince/princess dan mengharap dunia memperlakukan mereka secara spesial. That won't happen!


1. Your pedigree doesn't matter, your skills and knowlege do!


Dunia tidak peduli pada garis keturunan, elit tidak nya sekolah anda, tingkat ke-"prince/princess"-an anda di mata keluarga anda, dll. Kalau anda ingin makan punyalah skill dan knowlege yg bisa "dijual". Tanpa itu anda "tergantikan".


2. The world is OK without you, so work hard to establish your position.


Sekali lagi, dunia tidak peduli pada anda (dan tentu saya). Kalaupun kita tidak bekerja keras, so what? Dunia tidak akan menunggu anda, tidak juga mengharapkan kita untuk melakukan sesuatu. Karena itu berendah hatilah untuk mau bekerja keras untuk mencari posisi anda di dunia. Yang butuh itu anda, bukan dunia.


3. Your skill and knowlegde are your capital.


Suka atau tidak suka, kita hidup di dunia yang "kapitalis". Tanpa "modal" kita tidak akan bisa kemana-mana. Pengetahuan dan ketrampilan adalah modal utama kita. Kalau tidak ingin diabaikan dan mati kelaparan punyalah modal ini.


4. Invest your time and effort to learn.


Skill dan knowlegde tidak datang dari langit. Wangsit tidak pernah terjadi. Pendidikan adalah kesempatan untuk berinvestasi untuk mendapatkan modal ini.


5. Learn to understand not for diplomas.


Sekali lagi pedegree dan ijazah anda tidak berarti apa-apa di dunia. Kalau anda belajar hanya karena ingin lulus, anda adalah calon orang yang terbaikan. Ijazah tanpa kemampuan itu nilainya lebih rendah dari koran bekas yang seenggaknya bisa dipakai untuk bungkus kacang.


6. Educate yourself to be a free person.


Inti pendidikan itu adalah membuat "bisa" seseorang yang sebelumnya tidak bisa. Skill dan knowledge dari ke-bisaan ini adalah modal yang memungkinkan anda untuk menjadi orang bebas. Bebas dalam beraspirasi, bebas dalam memilih pekerjaan, dan bebas untuk memilih jalan hidup.


Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Sebuah Catatan Pendidikan Pitoyo Hartono, Dunia Tidak Peduli Pada Anda silahkan disampaikan πŸ™ CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Sebuah Catatan Pendidikan Pitoyo Hartono, Dunia Tidak Peduli Pada Anda" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih πŸ™ support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar