Skip to main content

Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak

Calon Guru berbagi file Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Bapak Maman Fathurrohman, S.Pd.Si., M.Si., Ph.D. sebagai pengantar pada Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) mengatakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan.

Pada tahun 2020, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) yang mengusung semangat merdeka belajar. Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Kurikulum ini memberikan keleluasan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya serta keleluasan bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangannya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum tersebut. Buku teks pelajaran ini merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru.

Pada tahun 2021, kurikulum dan buku akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177 Tahun 2020 tentang Program Sekolah Penggerak. Tentunya umpan balik dari guru dan siswa, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Ditambahkan lagi pada website Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan disampaikan, sebagai bagian dari program Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang model pembelajaran dengan paradigma baru yang diterapkan secara terbatas di Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).

Bersama pendidik, akademisi, dan praktisi dari berbagai institusi, Kemendikbudristek telah menyusun buku teks pelajaran untuk mendukung implementasi pembelajaran paradigma baru di SP dan SMK PK. Versi digital buku-buku tersebut dapat diakses di halaman ini.

Sebagai bagian dari proses perbaikan berkelanjutan, Kemendikbudristek mengundang para guru, kepala sekolah, dan murid di SP dan SMK PK untuk memberi umpan balik terkait buku-buku teks ini. Umpan balik dapat disampaikan melalui surat elektronik di alamat buku@kemdikbud.go.id.

Semoga buku-buku ini membantu meningkatkan mutu pembelajaran Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak.

Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak


Buku siswa dan buku guru untuk mata pelajaran yang belum lengkap akan segera di upload, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Keujuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Newest Post
Comment Policy: Tanggapan atau pertanyaan terkait "Buku Guru dan Buku Siswa Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kelas X (Sepuluh) Sekolah Penggerak" silahkan disampaikan 😊 dan terima kasih 🙏 support Anda untuk defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar