Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Kumpulan Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar SMA

Calon Guru berbagi file Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar SMA. Keberhasilan sebuah SMA umumnya ditentukan oleh banyaknya peserta didik yang lulus Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, serta banyaknya yang melanjutkan studi kependidikan tinggi. Lebih spesifik lagi keberhasilan dalam ujian, hanya melihat dari hasil Ujian Nasional sebuah sekolah. Ujian Sekolah seakan dipandang sebelah mata walaupun yang menjadi pertimbangan kelulusan dari sebuah SMA adalah hasil dari Ujian Sekolah.

Masyarakat luas memandang bahwa hasil Ujian Nasional (UN) lebih objektif untuk menilai keberhasilan sebuah sekolah, karena pembuatan naskah soal dan koreksi tidak dilaksanakan oleh pihak sekolah tetapi oleh lembaga independen, dalam hal ini diselenggarakan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Walaupun UN tidak lagi sebagai penentu kelulusan, UN tidak kehilangan peran strategisnya sebagai pemetaan mutu pendidikan. Dengan demikian hasil UN sebuah sekolah menjadi sangat prestisius yang berdampak kepada nilai jual sekolah tersebut. Akibatnya upaya-upaya untuk meningkatkan hasil UN menjadi sangat penting untuk meningkatkan nilai jual sekolah di samping meningkatkan mutu pendidikan. Upaya untuk meningkatkan hasil UN bukan hanya menjadi tanggungjawab sekolah dan stake holdersnya tetapi juga menjadi program Direktorat Pembinaan SMA.

Hasil Ujian Nasional pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) 2019 meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena hampir 98% SMA telah menggunakan moda Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun masih terdapat ribuan sekolah yang memiliki nilai mata pelajaran di bawah 55 atau di bawah kriteria minimal lulus ujian nasional.

Memperhatikan kondisi tersebut Direktorat Pembinaan SMA melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB) kepada guru-guru mata pelajaran yang diujikan secara nasional dari sejumlah SMA. Bimtek ini bertujuan agar nilai UN pada tahun mendatang meningkat sebagaimana hasil bimtek Pasca EHB pada tahun-tahun sebelumnya. Sebagai tindak lanjut bimtek ini sekolah diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang mengarah pada berpikir tingkat tinggi.

Modul ini disusun untuk digunakan sebagai salah satu pedoman dalam kegiatan Bimtek Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar (EHB). Di samping itu modul ini diharapkan dapat digunakan juga oleh guru-guru lain yang tidak berkesempatan untuk mengikuti Bimtek.


Kumpulan Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar SMA

  1. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Antropologi SMA 📥 Download File
  2. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Indonesia SMA 📥 Download File
  3. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Inggris SMA 📥 Download File
  4. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Biologi SMA 📥 Download File
  5. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Ekonomi SMA 📥 Download File
  6. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Fisika SMA 📥 Download File
  7. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Geografi SMA 📥 Download File
  8. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Kimia SMA 📥 Download File
  9. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Matematika SMA 📥 Download File
  10. Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar Sosiologi SMA 📥 Download File

Catatan tentang Kumpulan Modul Pembinaan Pasca Evaluasi Hasil Belajar SMA di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Tak ada yang lebih membuat murid gembira selain berhasil mempelajari sesuatu. Dan tak ada yang membuat seorang guru gembira selain menemukan cara untuk mengajari muridnya.
Andrea Hirata