Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Perangkat Pembelajaran Guru Kelas VI (Enam) SD atau Fase C Kurikulum Merdeka

Perangkat Pembelajaran Guru Kelas VI (Enam) SD atau Fase C Kurikulum Merdeka

Calon Guru berbagi perangkat ajar atau perangkat pembelajaran untuk guru kelas VI (enam) SD (Sekolah Dasar) sederajat yag dapat digunakan pada kurikulum merdeka. Pada kurikulum merdeka kelas VI (enam) SD disebut berada Fase C yang umumnya untuk kelas V sampai VI SD/sederajat.

Perangkat ajar yang harus kita persiapkan pada Kurikulum Merdeka antara lain Bahan Ajar, Modul Ajar atau RPP Plus, Modul Projek, atau Buku Teks. Semua perangkat ajar harus disesuaikan dengan kalender pendidikan, program tahunan (prota), program semester (prosem), Capaian Pempelajaran (CP) sampai Tujuan Pembelajaran (TP), dan ditambahkan lagi dengan isitilah Alur Tujuan pembelajaran (ATP).

Modul Ajar

Modul ajar adalah dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul ajar serupa dengan RPP atau lesson plan yang memuat rencana pembelajaran di kelas. Namun, pada modul ajar terdapat komponen yang lebih lengkap dibanding RPP sehingga disebut RPP Plus.

Modul ajar diharapkan dapat membantu pendidik dalam:

  • Memandu pendidik melaksanakan pembelajaran;
  • Mempermudah, memperlancar, dan meningkatkan kualitas pembelajaran;
  • Menjadi rujukan bagi pendidik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran;
  • Menjadi kerangka kerja yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran sesuai capaian pembelajaran.
  • Mendukung pencapaian kompetensi dalam Capaian Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila pada setiap tahap perkembangan pada suatu mata pelajaran.

Bahan Ajar

Bahan ajar merupakan materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Bahan ajar diharapkan dapat membantu pemahaman yang lebih komprehensif untuk suatu topik bahasan pada suatu mata pelajaran. Dalam Platform Merdeka Mengajar, Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik.

Jenis bahan ajar bisa berupa:

  • Referensi materi: Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.
  • Latihan/asesmen: Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif.
  • Instrumen Refleksi: Alat bantu untuk refleksi pendidik dan siswa setelah pembelajaran.

Modul Projek

Modul Projek merupakan Dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan Profil Pelajar Pancasila. Modul projek bertujuan untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila melalui tema-tema strategis bersifatlintas disiplin, yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.


Perangkat Pembelajaran Guru Kelas VI (enam) SD Kurikulum Merdeka

Perangkat ajar atau perangkat pembelajaran yang terbaik digunakan di kelas adalah perangkat ajar yang disusun oleh guru itu sendiri. Jika guru mengajar dengan perangkat ajar sendiri maka seiring berjalannya waktu, guru akan mengetahui perangkat ajar yang disusun dan digunakan perlu diperbaiki dalam hal-hal apa saja.

Tetapi jika harus menggunakan perangkat ajar yang disusun oleh rekan-rekan guru yang lain, maka harus memperhatikan point-point pada perangkat ajar agar disesuaikan dengan kemampuan kita dan situasi kelas atau sekolah tempat kita mengajar.

Sebagai catatan bahwa perangkat ajar atau perangkat pembelajaran yang kita bagikan berikut ini adalah perangkat ajar yang dibagikan rekan-rekan guru melalui email whatsapp grup, sehingga sebelum digunakan harap disesuaikan dengan kondisi sekolah kita.

Perangkat Ajar Matematika Kelas IV (Enam) SD Kurikulum Merdeka

Perangkat Pembelajaran mata pelajaran lain dapat dilihat dan didownload pada folder google drive berikut:


Perangkat pembelajaran yang lainnya dalam proses upload Perangkat Pembelajaran Guru Kelas VI (enam) SD atau Fase C Kurikulum Merdeka mohon 🙏 Maaf atas ketidaknyamanan ini, silahkan dicek kembali esok hari.

Catatan Perangkat Pembelajaran Guru Kelas VI (Enam) SD atau Fase C Kurikulum Merdeka di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda untuk admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.

Ing Ngarsa Sung Tulada (di depan memberikan contoh). Ing Madya Mangun Karsa (di tengah menciptakan prakarsa dan ide), dan Tut Wuri Handayani (di belakang memberikan dorongan semangat).
Ki Hajar Dewantara