Pendalaman Materi OSN [Olimpiade Sains Nasional] Matematika Untuk SD

Setelah tiga hari ini bergelut dengan matematika olimpiade SD yang sebagian bahkan secara umum soalnya tidak bisa diselesaikan anak-anak SMA. Dari Enam hari masa pendalaman materi saya dipercaya untuk mengajar tiga hari, dan ini memberikan pengalaman yang luar biasa.
Bertemu dan berdiskusi selama 3 hari dengan 3 siswa SD terbaik Kabupaten Humbang Hasundutan dalam bidang matematika:
  • Septian Flavius Simamora dari SD Negeri 173403 Sirisirisi
  • Benedict Arthur Sitorus dari SD Swasta St Maria Doloksanggul
  • Marcopan Sinambela dari SD Negeri 173395 Sinambela
Mereka memberikan saya "sesuatu" yang mungkin tidak saya dapatkan di tempat lain. Ternyata matematika dimata anak-anak SD itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan dan menantang, karena saya ketemu orang-orang yang senang akan matematika. Jadi jangan kita membuat sebuah kesimpulan bahwa matematika itu sebuah pelajaran yang sangat menakutkan, tergantung dari siapa yang Anda tanya atau siapa Anda?.

Ada hal khusus dan harus kita perhatikan selain dari setumpuk file tentang olimpiade matematika SD yang saya coba bagikan dibawah. Dari pengamatan sederhana saya selama tiga hari bersama mereka bahwa kemampuan matematika mereka berkembang karena adanya bantuan dari orang tua yang bukan hanya bantuan berupa materi yang selama ini sangat dibanggakan oleh orang tua.

Bantuan dalam belajar matematika setidaknya menemani mereka belajar, jika kemampuan matematika kita sebagai orang tua rendah maka kita dapat membantunya dengan menemaninya belajar, tidak ada salahnya kita luangkan waktu untuk menemani mereka belajar. Menemani anak belajar sangat membuat mereka bersemangat belajar. Pasti kita yakini ada hasil yang luar biasa jika seseorang mempelajari sesuatu dengan semangat, bukan hanya pada anak SD saja.
Bagaimanapun juga tidak bisa dipungkiri bahwa di sekolah dasar adalah pondasi anak-anak dalam hal memulai pelajaran untuk tingkat berikutnya. Sehingga pondasi yang kuat harus kita bangun di sekolah dasar agar untuk jenjang berikutnya anak-anak kita tidak lagi kesulitan dalam melanjutkan pelajarannya. Ibarat membangun gedung yang tinggi harus dengan pondasi yang baik untuk menghasilkan bangunan yang kokoh.

Sekarang, jika Anda sudah baca ini ada baiknya Anda luangkan waktu setiap hari untuk menemani anak-anak Anda belajar. Jangan pada esok hari ketika kemampuan anak-anak kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita mencari 'kambing hitam' dengan menyalahkan Guru, Sekolah atau Sistem Pendidikan

Untuk guru matematika SD, SMP, SMA atau yang senang terhadap soal matematika, berikut soal-soal latihan untuk olimpiade matematika SD dari berbagai sumber dan berbagai kompetisi di dalam negeri atau diluar negeri yang bisa Anda download.

★★★★★Kumpulan Soal dan Solusi Olimpiade Sains Nasional Matematika SD Untuk tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional dan kompetisi lokal yang dilakukan oleh Universitas dalam negeri atau luar negeri. ★★★★★Download Disini

Semoga Bermanfaat.

Mengerjakan pembagian pecahan umumnya kita harus kembalikan ke perkalian pecahan, lihat pada video ini dikerjakan dengan sangat kreatif;

You Might Also Like: