Siswa Ini Membutuhkan Bantuan Anda

Salah satu manfaat nge-blog atau media sosial yang kita gunakan adalah kita dapat saling berbagi pengalaman atau bertukar pendapat untuk suatu masalah tertentu. Salah seorang rekan guru matematika yang mendapat pengalaman berharga dari pertanyaan siswa yang kreatifnya mencoba membagikan pengalamannya pada media sosial beberapa waktu lalu.

Mari kita simak alur permasalahan yang muncul dari awal;

Seorang siswa mencermati suatu segitiga siku-siku sama kaki yang panjang sisi siku-sikunya adalah 1 satuan. Kemudian dengan menggunakan rumus pythagoras, dia memperoleh panjang sisi miringnya adalah akar 2. Dia kemudian mencoba mengukur panjang sisi miring segitiga tersebut dengan sepotong lidi dengan maksud untuk membandingkannya.

Seorang guru matematika pernah menyampaikan pada siswa tersebut bahwa, akar 2 adalah bilangan irasional, yang mana jika di ubah kedalam bentuk desimal maka banyak angka desimalnya tidak berpola, tidak berulang dan terus bertambah tanpa henti.

Kemudian siswa ini bertanya pada gurunya,katanya "Pak, panjang sisi miring segitiga ini segini (sambil menunjukkan sepotong lidi tadi), tapi mengapa hasil penghitungan, merupakan bilangan irasional yang desimalnya terus bertambah tanpa henti, bukankah kalau begitu harusnya bertambah panjang?".

Bapak guru tersenyum puas dengan pertanyaan siswanya tersebut..:)

Jika Anda yang menjadi guru matematika anak tersebut, jawaban apa yang akan Anda berikan kepada anak tersebut?
Mari berdiskusi atau berpendapat, dan jawaban bapak ibu guru sangat membantu para guru.

Sebagai tambahan, mari kita simak video guru yang super kreatif ini, mengerjakan perkalian jadi kreatif;

You Might Also Like: