Tiga Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Apalagi bagi seorang guru dengan status honorer yang mau terkadang harus dihadapkan
Tiga Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan penghasilan tambahan?

Apalagi bagi seorang guru dengan status honorer yang mau terkadang harus dihadapkan dengan keterbatasan finansial. Hal itu menjadikan seorang guru biasanya memiliki pikiran untuk memiliki usaha sampingan yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Untung saja di era sekarang ini perkembangan teknologi sudah begitu cepat, peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan pun sangat banyak.

Beberapa penghasilan tambahan pun tidak memerlukan modal, jadi tak perlu ada kekhawatiran tidak bisa memulai karena minimnya modal atau takut rugi. Nah, di bawah ini ada 3 peluang usaha sampingan bagi kamu seorang guru yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan:

1. Menjadi Guru Les Privat

Seorang guru identik dengan kegiatan mengajar, dan menjadi guru les privat adalah jalan paling mudah mencari penghasilan tambahan. Tak perlu susah-susah menambah kemampuan lainnya, karena bekal yang dimiliki sudah cukup banyak. Hanya perlu menyediakan waktu ekstra di luar jam sekolah, mungkin sore hari setelah mengajar di sekolah, atau di malam hari.

Terlebih di masa pandemi ini, banyak sekali orang tua yang mencarikan guru les privat untuk anaknya. Ini menjadi peluang yang cukup besar bagi guru untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Guru bisa memulai dengan menawarkan jasanya untuk mengajar siswa sekolahnya di luar jam sekolah, atau mendaftarkan diri di lembaga penyedia bimbingan belajar.

Lembaga penyedia bimbingan belajar pun sekarang sudah menjamur, baik dari sistemnya yang masih offline maupun yang sudah online. Kebutuhan yang semakin tinggi seharusnya menjadikan seorang guru melihat itu sebagai peluang dan berpikiran untuk membuka atau bergabung dengan penyedia les privat Surabaya, les privat Jakarta, les privat Semarang, atau kota besar lainnya.

2. Penulis Freelance

Kemampuan menulis mungkin menjadi kemampuan yang dimiliki oleh banyak guru. Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Menjual artikel kepada pemilik website atau blog bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.

Jika seorang guru bingung di mana mencari peluangnya, di internet pun sudah banyak web-web untuk freelance mencari pekerjaan. Asal mau berusaha mencari, peluang mendapatkan penghasilan tambahan sebenarnya ada di mana-mana, loh!

3. Youtuber atau Blogger

Peluang usaha sampingan lainnya yang tak kalah menarik adalah menjadi YouTuber atau Blogger. Membuat konten berupa video atau tulisan untuk dinikmati banyak orang bisa menambah penghasilanmu. Kamu bisa mengangkat konten yang temanya tak jauh dari kegiatanmu sebagai guru.

Misalnya, video blog atau vlog tentang keseharianmu mengajar, keseharianmu berinteraksi dengan siswa, atau jika untuk blog bisa berupa tulisan tentang pendidikan, atau ilmu-ilmu pengetahuan yang bisa kamu bagi ke banyak orang, atau tips mengajar ala kamu.

Semakin rajin kamu menciptakan sebuah konten dan mengunggahnya di akunmu, akan semakin banyak orang yang bisa menikmati kontenmu. Kuncinya hanya di konsistensi. Dari situ, kamu bisa menambahkan adsense di akunmu. Kemudian jutaan rupiah akan menjadi tambahan penghasilanmu setiap bulannya.

Nah, itu tadi tiga peluang usaha sampingan bagi kamu seorang guru yang ingin membuat finansialmu lebih stabil. Jangan ragu untuk segera memulainya. Mau coba yang mana di antara ketiga peluang di atas? Kalau bisa coba semuanya, kenapa harus salah satu?

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Tiga Peluang Usaha Sampingan Bagi Guru silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊