Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Contoh Soal dan Kunci Jawaban Soal TPS Penalaran Umum pada UTBK SNBT Tahun 2024

Calon Guru coba belajar tentang contoh soal TPS (Tes Potensi Skolastik) dalam penalaran umum pada UTBK SNBT tahun 2024. Penalaran umum dilakukan untuk menilai bagaimana seseorang dapat berpikir secara induktif, deduktif, serta bagaimana seseorang dapat bernalar dengan menggunakan angka-angka yang disebut sebagai kemampuan penalaran kuantitatif.

Komponen Kemampuan Penalaran Umum dalam TPS menguji kemampuan seseorang untuk secara terarah dan terkendali menggunakan prosedur-prosedur untuk memecahkan masalah-masalah baru yang tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipelajari sebelumnya. Kemampuan yang diujikan mencakup:

  1. Kemampuan memecahkan masalah-masalah baru yang belum pernah dihadapi sebelumnya.
  2. Kemampuan bernalar secara abstrak yang tidak semata-mata merupakan hasil dari pembelajaran sebelumnya

Pada UTBK-SNBT (Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Nasional Berbasis Tes) soal TPS dalam Penalaran Umum diujikan sebanyak $30$ soal dan waktu yang diberikan adalah $30$ menit. Sedangkan untuk soal simulasi UTBK-SNBT literasi dalam Penalaran Umum di bawah ini ada sebanyak $10$ soal, yang disadur dari laman resmi kemdikbud.go.id.


Contoh Soal dan Kunci Jawaban Soal Penalaran Umum pada UTBK SNBT Tahun 2024

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :10 soal

1. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Kadar gula yang tinggi dalam darah meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Upaya untuk mencegah meningkatnya kadar gula dalam darah dapat dicegah dengan diet karbohidrat. Risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dapat berkurang jika jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dapat dikendalikan.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Terdapat tiga informasi yang disajikan dan berkaitan. Dalam informasi disebutkan bahwa penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan melakukan diet karbohidrat karena mampu mengendalikan jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Risiko penyakit kardiovaskular berkurang jika diet karbohidrat diterapkan.

2. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Buah bit dianggap sebagai buah yang banyak memberikan manfaat karena memiliki kalori yang rendah. Namun, buah bit memiliki kandungan oksalat yang tinggi. Mengonsumsi buah bit terlalu banyak dapat memicu peningkatan sekresi oksalat yang berkontribusi pembentukan batu ginjal. Untuk itu, jika memiliki batu ginjal, sebaiknya kita tidak mengonsumsi buah bit secara berlebihan.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI SALAH?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Disajikan empat informasi yang saling terkait. Pilihan $(D)$ adalah pernyataan yang PASTI SALAH. Dalam informasi disebukan bahwa konsumsi buah bit yang berlebihan akan menyebabkan peningkatan risiko terkena penyakit batu ginjal sehingga jawaban $(D)$ pasti salah.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Konsumsi buah bit tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.

3. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Jumlah pekerja yang berasal dari generasi milenial saat ini semakin banyak. Ahli psikologi kerja menyebutkan bahwa pekerja milenial cenderung memiliki komitmen organisasi yang rendah.

Manakah pernyataan-pernyataan berikut yang MEMPERLEMAH dan TIDAK MEMPERLEMAH pendapat ahli psikologi kerja tersebut?
  1. Pekerja milenial sering berpindah-pindah tempat kerja.
  2. Pekerja milenial memberikan ide-ide terbaik untuk tempat kerjanya.
  3. Banyak pekerja milenial yang bekerja di perusahaan untuk jangka waktu yang lama.
  4. Banyak perusahaan mengapresiasi etos kerja pekerja milenial.
  5. Banyak perusahaan yang mengeluhkan kinerja pekerja milenial.





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Terdapat dua informasi yang menjelaskan satu konteks tertentu. Pernyataan yang MEMPERLEMAH atau TIDAK MEMPERLEMAH berdasarkan informasi yang tersedia.

Pernyataan 2 memperlemah karena pekerja milenial memberikan ide-ide terbaik bertentangan dengan komitmen organisasi yang rendah; demikian pula dengan pernyataan 3 yang menjelaskan pekerja milenial bekerja di perusahaan untuk jangka waktu yang lama dan pernyataan 4 yang menyebutkan pekerja milenial memiliki etos kerja yang tinggi bertentangan dengan komitmen rendah.

Pernyataaan 1 tidak memperlemah karena dengan berpindah-pindah menunjukkan komitmennya rendah; demikian pula dengan pernyataan 5 bahwa kinerja pekerja milenial banyak dikeluhkan.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Banyak perusahaan mengapresiasi etos kerja pekerja milenial. (Memperlemah)

4. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Sebagian siswa tidak meraih nilai ujian tinggi jika mereka tidak belajar dengan tekun. Kondisi tersebut terjadi ketika siswa tidak berdisiplin dalam mengatur waktu.

Manakah simpulan berikut yang BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Hubungan sebab-akibat ditunjukkan pada C. Siswa yang tidak berdisiplin dalam mengatur waktu dapat dikatakan tidak tekun dalam belajar sehingga tidak dapat meraih nilai ujian yang tinggi.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Sebagian siswa tidak meraih nilai ujian tinggi apabila tidak berdisiplin dalam mengatur waktu.

5. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Seorang mahasiswa X harus bekerja tambahan setelah pulang kuliah. Pekerjaan tambahan tersebut menyebabkan waktu belajarnya berkurang. Meskipun X hanya bekerja di waktu malam, perkuliahannya tetap terganggu karena waktu belajarnya berkurang.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan di bawah ini yang BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Soal tersebut menunjukkan hubungan sebab-akibat antar beberapa peristiwa. Jawaban B karena dalam informasi disebutkan bahwa pekerjaan tambahan akan menyebabkan waktu belajar X berkurang sehingga perkuliahan akan terganggu.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Pekerjaan tambahan menyebabkan perkuliahan X terganggu.

6. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Ketika sering belajar di perpustakaan, siswa X dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik. Namun, ketika X belajar di rumah, hasil belajarnya cenderung kurang optimal.

Manakah pernyataan berikut yang PALING MUNGKIN menjelaskan perbedaan kedua kondisi tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Soal menunjukkan beberapa kejadian yang dapat dibandingkan. Dalam contoh soal, jawaban E karena paling dapat menjelaskan perbandingan antara belajar di perpustakaan dan di rumah.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Perpustakaan menyediakan lebih banyak buku pelajaran.

7. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Pakar energi A menyatakan, "Walaupun ramah lingkungan, mobil listrik masih membutuhkan energi batu bara." Pakar energi B menyatakan, "Penggunaan mobil listrik efektif mengurangi tingkat polusi di ibu kota."
Data menunjukkan penggunaan mobil listrik masih belum meningkat karena harganya yang mahal.

Manakah pernyataan berikut yang PALING TEPAT mengenai data tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada bacaan yang diberikan dan dari pilihan yang ada. Disajikan dua pendapat dari dua pakar dan satu data. Jawaban E karena dalam data lebih fokus pada harga yang mahal sehingga tidak relevan dengan pernyataan yang disampaikan pakar energi A dan B.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Tidak relevan dengan pernyataan pakar energi A dan B.

8. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Nilai akhir siswa berprestasi di suatu sekolah ditentukan dengan menjumlahkan nilai capaian akademik dan nilai keaktifan dalam kegiatan. Bobot nilai capaian akademik $60\%$, sedangkan bobot nilai keaktifan dalam kegiatan $40\%$. Berikut ini adalah nilai lima siswa terbaik di sekolah.
Siswa Nilai Capaian
Akademik
Nilai Keaktifan
Dalam Kegiatan
$P$
$9$
$8$
$Q$
$7$
$10$
$R$
$9$
$9$
$S$
$10$
$8$
$T$
$8$
$9$
Diantara kelima siswa tersebut, siswa mana yang paling berprestasi?





Alternatif Pembahasan:

Jika kita total nilai dari setiap siswa dengan bobot nilai capaian akademik $60\%$, sedangkan bobot nilai keaktifan dalam kegiatan $40\%$, maka data-data pada soal di atas dapat seperti berikut ini:

Siswa Nilai Total
$P$
$5,4+3,2=8,6$
$Q$
$4,2+4,0=8,2$
$R$
$5,4+3,6=1,2$
$S$
$6,0+3,2=9,2$
$T$
$4,8+3,6=8,4$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ S$

9. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Diagram berikut menunjukkan data modal dan pendapatan produk kelontong di Toko P dalam lima tahun terakhir.
Diagram berikut menampilkan data mengenai populasi angkatan kerja di dua kecamatan, yaitu A dan B, pada tahun 2022 berdasarkan status bekerja, mengganggur, dan tidak aktif secara ekonomi.
Berdasarkan data di atas, tahun keberapa Toko P memperoleh persentase keuntungan terbesar?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada diagram batang di atas kita peroleh persentase keuntungan setiap tahun sebagai berikut:

  • tahun ke-1
    $\begin{align}
    \% \text{untung} &= \dfrac{\text{Pendapatan-Modal}}{\text{Modal}} \times 100\% \\ \% \text{untung} &= \dfrac{\text{15-5}}{5} \times 100\% \\ &= 200\% \end{align}$
  • tahun ke-2
    $\begin{align}
    \% \text{untung} &= \dfrac{\text{Pendapatan-Modal}}{\text{Modal}} \times 100\% \\ \% \text{untung} &= \dfrac{\text{20-10}}{10} \times 100\% \\ &= 200\% \end{align}$
  • tahun ke-3
    $\begin{align}
    \% \text{untung} &= \dfrac{\text{Pendapatan-Modal}}{\text{Modal}} \times 100\% \\ \% \text{untung} &= \dfrac{\text{25-10}}{10} \times 100\% \\ &= 150\% \end{align}$
  • tahun ke-4
    $\begin{align}
    \% \text{untung} &= \dfrac{\text{Pendapatan-Modal}}{\text{Modal}} \times 100\% \\ \% \text{untung} &= \dfrac{\text{20-15}}{15} \times 100\% \\ &= 33\% \end{align}$

Dari data di atas ada dua persentase keuntungan yang sama, tahun ke-1 dan tahun ke-2. Karena ada dua jawaban yang mungkin, sehingga kita pilih jawaban dengan modal yang terkecil, yaitu tahun ke-1 modalnya $5$ juta.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ \text{tahun ke-1}$

10. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Jumlah siswa perempuan yang mengunjungi perpustakaan sekolah selama lima hari berturut-turut adalah $16, 19, 24, 27$, dan $32$. Sementara itu, jumlah siswa laki-laki yang berkunjuang selama lima hari yang sama adalah $8, 8, 9, 11$, dan $14$. Jika tren kunjungan tersebut bersifat konstan, berapa jumlah siswa berkunjung ke perpustakaan pada hari ke-6?





Alternatif Pembahasan:

Dari data di atas kita peroleh pola data kunjungan untuk perempuan dan laki-laki yaitu:

  • Pola kunjungan siswa perempuan: $+3$, $+5$, $+3$, $+5$, sehingga Jumlah kunjungan hari ke-6 = $35$.
  • Pola kunjungan siswa laki-laki: $+0$, $+1$, $+2$, $+3$, sehingga jumlah kunjungan hari ke-6 = $18$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 35\ \text{dan}\ 18$


Catatan Contoh Soal dan Kunci Jawaban Soal TPS Penalaran Umum pada UTBK SNBT Tahun 2024 di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.