Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum (Soal Latihan TPS UTBK SNBT) - A

Calon Guru belajar Penalaran Umum dari Soal TPS UTBK SBMPTN Tahun 2022 bagian Penalaran Umum Paket A. Soal ini sangat baik dijadikan bahan latihan dalam persiapan menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun ini untuk meningkatkan kemampuan Penalaran Umum.

Untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh satu kursi di PTN, salah satu jalur yang dapat dipilih adalah Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) pada tahun 2023 berdasarkan informasi yang sudah disampaikan oleh Mas Mendikbudristek Nadiem Makarim bahwa Soal SNBT Tahun 2023 Hanya Tes Skolastik.

Sebagai bahan latihan untuk menghadapi tes skolastik SNBT tahun 2023 ini, kita pilih dari soal TPS UTBK SBMPTN yang sudah banyak beredar dan ditanyakan di grup belajar pada media sosial whatsapp atau twitter.


PENALARAN UMUM TPS UTBK SBMPTN 2022

Soal penalaran umum ini terdiri dari $20$ soal. Pada tes skolastik kategori Penalaran Umum sangat banyak dipengaruhi oleh tingkat kemampuan kita dalam bermatematik. Materi dasar matematika seperti logika matematika atau kemampuan membaca dalam menarik sebuah kesimpulan yang harus kita pahami agar lebih mudah menyelesaikan soal-soal penalaran umum.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :20 soal

1. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Orang yang menderita penyakit katarak memiliki risiko mengalami penglihatan menjadi kabur. Upaya mengurangi penyakit katarak dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Risiko penglihatan menjadi kabur berkurang ketika penyakit katarak dapat dicegah.

Berdasarkan informasi tersebut,manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Upaya mengurangi penyakit katarak dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan".

Kalimat kedua ini jika kita sesuaikan dengan kalimat yang pertama dapat kita tulis menjadi "Upaya mengurangi risiko mengalami penglihatan menjadi kabur dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan".

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Risiko penglihatan menjadi kabur berkurang jika mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

2. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pepohonan sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara. Salah satu pohon penyerap polutan adalah pohon trembesi karena berbentuk besar dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap karbon dioksida $\left(CO_{2} \right).$

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat pertama disampaikan bahwa "Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pepohonan sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara".

Kalimat pertama ini jika kita sesuaikan dengan kalimat yang kedua dapat kita tulis menjadi "Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pohon trembesi sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara".

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Polusi udara akan menurun jika banyak pohon trembesi ditanam.

3. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Berjemur di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi kesehataan, antara lain meredakan gejala alergi dan infeksi saluran pernapasan, serta membantu pemenuhan kebutuhan vitamin D bagi tubuh. Vitamin D berguna dalam menghindarkan tubuh dari resiko penyakit tulang. Namun demikian, paparan sinar matahari yang berlebihan juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan beikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat pertama disampaikan bahwa "Berjemur di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi kesehataan" dan kalimat ketiga disampaikan "Namun demikian, paparan sinar matahari yang berlebihan juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit".

Kalimat pertama dan ketiga ini sangat tepat untuk pernyataan "Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur, kita perlu memilih waktu berjemur yang tepat". Pada pernyataan "waktu berjemur" dapat kita maknai dua hal yaitu waktu berjemur (pagi-siang-sore) dan lama berjemur harus kita pilih dengan tepat.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur, kita perlu memilih waktu berjemur yang tepat.

4. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Hewan langka terancam punah ketika terjadi penebangan hutan dan perburuan binatang secara liar di hutan. Di hutan X sering terjadi penebangan hutan dan perburuan gajah secara liar.
Simpulan berdasarkan informasi dalam teks tersebut adalah gajah di hutan terancam punah.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Di hutan X sering terjadi penebangan hutan dan perburuan gajah secara liar." dan pada kesimpulan disampaikan "gajah di hutan terancam punah".

Dengan adanya kalimat kedua tersebut maka kesimpulan "gajah di hutan terancam punah" ada kemungkinan benar.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Simpulan tersebut mungkin benar.

5. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Banyak orang menyukai makanan pedas karena makanan pedas terasa lebih nikmat dan menggugah selera. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat mengakibatkan gangguan lambung dan iritasi usus. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan mengakibatkan tenggorokan menjadi panas. Orang disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut ini yang PASTI SALAH?





Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pilihan $(A)$ pada wacana sesuai dengan kalimat pertama. pilihan $(C)$ pada wacana sesuai dengan kalimat ketiga. Pilihan $(D)$ pada wacana sesuai dengan kalimat keempat. Pilihan $(E)$ pada wacana sesuai dengan kalimat kedua.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Makanan pedas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak menggugah selera.

6. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan banyak penumpukan sampah di dasar sungai. Penumpukan sampah di dasar sungai menyebabkan sungai menjadi dangkal. Meskipun sungai merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting, transportasi air tidak dapat melalui sungai yang mengalami pendangkalan.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan di bawah ini yang BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat tiga disampaikan bahwa "...sungai merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting, transportasi air tidak dapat melalui sungai yang mengalami pendangkalan".

Dengan adanya pernyataan tersebut maka pernyataan "$(C)$ Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan prasarana transportasi sungai terganggu adalah BENAR.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan prasarana transportasi sungai terganggu.

7. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Pada tahun 2012, banyak masyarakat di Negara X yang tidak mau menggunakan media sosial. Pada tahun 2014, pengguna media sosial di Negara X bertambah dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2012.

Manakah pernyataan berikut yang PALING MUNGKIN menjelaskan perbedaan kedua kondisi tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Pada tahun 2014, pengguna media sosial di Negara X bertambah dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2012".

Dengan adanya pernyataan tersebut maka pernyataan yang paling mungkin menjelaskan keadaan tersebut adalah $(A)$ Pada tahun 2014, banyak masyarakat yang merasakan manfaat positif dari media sosial.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Pada tahun 2014, banyak masyarakat yang merasakan manfaat positif dari media sosial.

8. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Arsitek $A$ mengatakan, "Halaman rumah yang memiliki banyak tanaman bunga lebih luas daripada yang memiliki sedikit tanaman bunga."
Arsitek $B$ mengatakan, "Halaman rumah yang asri ditanami lebih banyak tanaman daripada halaman rumah yang gersang."
Hasil pengamatan di suatu daerah menunjukkan bahwa rumah yang luas memiliki halaman yang asri daripada rumah yang sempit.

Manakah pernyataan berikut yang PALING TEPAT mengenai hasil pengamatan tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pernyataan Arsitek $A$ "Halaman rumah yang memiliki banyak tanaman bunga lebih luas daripada yang memiliki sedikit tanaman bunga." sebelumnya belum diketahui kebenarannya.

Dari hasil pengamatan "Rumah yang luas memiliki halaman yang asri..." dan halaman yang asri karena banyak tanaman bunga, sehingga hasil pengamatan adalah Memperkuat pernyataan $A$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Memperkuat pernyataan $A$.

9. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang lebih kuat merangsang pelepasan hormon dopamin di otak daripada aktivitas lain. Makin banyak kadar hormon dopamin dalam otak seseorang makin merasa senang dan bahagia orang tersebut.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan sebab-akibat berikut yang PALING MUNGKIN BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari wacana yang disampaikan,
Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang lebih kuat merangsang pelepasan hormon dopamin di otak daripada aktivitas lain.
Makin banyak kadar hormon dopamin dalam otak seseorang makin merasa senang dan bahagia orang tersebut.
Kesimpulan yang paling mungkin benar adalah $(C)$ Makin sering seseorang mendengarkan musik makin senang dan bahagia orang tersebut.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Makin sering seseorang mendengarkan musik makin senang dan bahagia orang tersebut.

10. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Saat ini, bersepeda tidak hanya dilakukan sebagai aktivitas olahraga, tetapi juga dilakukan sebagai gaya hidup. Pegiat sepeda menyatakan bahwa makin banyak komunitas pesepeda yang melakukan aktivitas bersepeda bersama.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERLEMAH pendapat pegiat sepeda tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pernyataan yang akan MEMPERLEMAH pendapat pegiat sepeda tersebut adalah pernyataan "Banyak orang yang hobi bersepeda tidak bergabung dalam komunitas pesepeda."

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Banyak orang yang hobi bersepeda tidak bergabung dalam komunitas pesepeda.

11. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Angka penjualan mobil listrik di Dealer Mobil X meningkat pada tahun ini. Manajer penjualan di Dealer Mobil X mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan adanya bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil listrik.

Manakah pernyataan di bawah ini, yang jika benar, akan MEMPERKUAT argumen manajer penjualan di atas?





Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pernyataan yang akan MEMPERKUAT pendapat argumen manajer penjualan tersebut adalah pernyataan "Bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil tidak diberikan pada tahun lalu". Dengan adanya pernyataan ini maka ada kebenaran penjualan naik tahun ini dipengaruhi oleh bonus.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil tidak diberikan pada tahun lalu..

12. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis pada usia lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memasuki masa menopause memiliki risiko lebih besar terkena gangguan tulang dan sendi dibandingkan yang belum menopause.

Manakah simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut adalah pernyataan "Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang memasuki masa menopause.". Penekanan ini paling didukung karena penelitian yang disampaikan tentang wanita yang sudah menopause dan yang belum.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang memasuki masa menopause.

13. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Hasil perhitungan yang lebih besar dari $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$ adalah...





Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan bilangan pecahan yang lebih besar dari $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$, maka yang pertama kita lakukan adalah menghitung nilai $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$ yang menjadi patokan.

$\begin{align}
39 \% + 3\tfrac{4}{5} &= 39 \% + 3\tfrac{4}{5} \\ &= \frac{39}{100} + 3 + \tfrac{4}{5} \\ &= 0,39 + 3 + 0,8 = 4,19 \end{align} $

Selanjutnya dari pilihan yang ada pasti ada satu lebih besar dari $4,19$, kita pilih angka yang paling mudah dihitung terlebih dahulu
$\begin{align}
\frac{5}{15} + 3,81 &= \frac{1}{3} + 3,81 \\ &= 0,333... + 3,81 = 4,1433... \\ \hline \frac{6}{18} + 3,80 &= \frac{1}{3} + 3,80 \\ &= 0,333.. + 3,80 = 4,1433...\\ \hline \frac{9}{20} + 3,78 &= 0,45 + 3,80 \\ &= 4,25 \end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)\ \frac{9}{20} + 3,78$

14. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Komposisi warna putih dan biru untuk cat tembok sebuah rumah adalah $3 : 5$. Jika $4$ liter cat dapat mewarnai tembok seluas $72\ \text{m}^{2}$, volume cat biru yang dibutuhkan untuk mewarnai tembok seluas $288\ \text{m}^{2}$ adalah...





Alternatif Pembahasan:

Komposisi warna putih dan biru untuk cat tembok sebuah rumah adalah $3 : 5$, untuk mempermudah menyelesaikan soal perbandingan, perbandingan dapat kita tuliskan dalam bentuk $3x : 5x$. Artinya banyak cat warna putih yang dibutuhkan $3x$, cat warna biru $5x$ dan keseluruhan cat $8x$.

Untuk mewarnai tembok seluas $72\ \text{m}^{2}$ dibutuhkan $4$ liter cat, sehingga untuk setiap $18\ \text{m}^{2}$ dibutuhkan $1$ liter cat.

Cat yang dibutuhkan untuk mewarnai tembok seluas $288\ \text{m}^{2}$ adalah $\dfrac{288}{18}=16\ \text{liter}$.

Total cat yang dibutuhkan adalah $8x=16\ \text{liter} \longrightarrow x=2$, maka banyak cat warna biru yang dibutuhkan adalah $5x=10\ \text{liter}$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)\ 10\ \text{liter}$

15. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Jumlah pengunjung kebun binatang $A$ selama lima hari berturut-turut adalah $40$, $43$, $42$, $45$, dan $44$ orang. Sementara itu, jumlah pengunjung kebun binatang $B$ dalam lima hari yang sama adalah $13$, $14$, $17$, $22$, dan $29$ orang. Jika tren jumlah pengunjung tersebut bersifat konstan, berapa orang pengunjung kebun binatang $A$ dan $B$ pada hari keenam?





Alternatif Pembahasan:

Dari kedua data pengunjung kebun binatang selama lima hari berturut-turut yang diberikan, banyak pengunjung pada kedua kebun binatang seperti membentuk sebuah pola bilangan.

  • Zoo $A$: $40$, $43$, $42$, $45$, $44$ polanya adalah $+3$ dan $-1$ sehingga hari ke-6 adalah $44+3=47$.
    contoh soal tps snbt
  • Zoo $B$: $13$, $14$, $17$, $22$, $29$ polanya adalah $+1$, $+3$, $+5$, $+7$ sehingga hari ke-6 adalah $29+9=38$.
    contoh soal tps snbt

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 47\ \text{dan}\ 38\ \text{orang}.$

16. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Rata-rata kecepatan dari tiga pesepeda $A$, $B$, dan $C$ adalah $70\ \text{km/jam}$. Rata-rata kecepatan dari pesepeda $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$. Jika kecepatan pesepeda $B$ kurang dari $70\ \text{km/jam}$, manakah pernyataan yang PALING TEPAT menggambarkan kecepatan dari ketiga pesepeda tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Rata-rata kecepatan $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$ dan kecepatan $B$ kurang dari $70\ \text{km/jam}$ maka dapat kita pastikan kecepatan $A$ lebih dari $80\ \text{km/jam}$.

Dengan rata-rata kecepatan $A$, $B$, dan $C$ adalah $70\ \text{km/jam}$ dan rata-rata kecepatan $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$ maka dapat kita pastikan kecepatan $C$ adalah $65\ \text{km/jam}$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Pesepeda $A$ adalah yang paling cepat.

17. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Kontraktor akan melakukan pembangunan sebuah gedung dengan mempertimbangkan beberapa kondisi berikut.
  • Jika pencairan anggaran berjalan lancar, waktu penyelesaian pekerjaan lebih cepat $15 \%$.
  • Jika peralatan tersedia lengkap, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat $\frac{1}{10}$ kali.
  • Jika menggunakan pekerja yang berpengalaman, penyelesaian pekerjaan lebih cepat $\frac{1}{4}$ kali.
  • Jika izin mendirikan bangunan terhambat, waktu penyelesaian pekerjaan bertambah $5 \%$.
Manakah kondisi yang perlu dipertimbangkan agar dapat PALING CEPAT menyelesaikan pekerjaan?





Alternatif Pembahasan:

Untuk mempermudah perhitungan pekerjaan lebih cepat, kita samakan satuan perhitungan lebih cepat dalam persen, menjadi seperti berikut ini.

  • Jika pencairan anggaran berjalan lancar, lebih cepat $15 \%$.
  • Jika peralatan tersedia lengkap, lebih cepat $10 \%$.
  • Jika menggunakan pekerja yang berpengalaman, lebih cepat $25 \%$

Agar pekerjaan lebih cepat selesai maka yang perlu dipertimbangkan adalah Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.

18. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

$A$ mendapatkan gaji tetap $\text{Rp} 6.000.000,00$ per bulan dengan bonus berkisar $\text{Rp} 500.000,00-\text{Rp}1.000.000,00$. Gaji yang didapatkan $B$ adalah sebesar $\text{Rp}1.750.000,00$ per minggu. Sebagai penjual kopi, $C$ menjual $20-30$ gelas kopi per hari dengan harga satuan $\text{Rp} 10.000,00$. Jika satu bulan dihitung $28$ hari, manakah pernyataan yang PALING TEPAT?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada wacana, dari ketiga orang tersebut $A,B,C$ jika kita tuliskan uang minimum dan maksimum yang mungkin diperoleh dalam sebulan seperti berikut ini.

  • $A$ pendapatan sebulan sekitaran $\text{Rp} 6.000.000,00-\text{Rp}7.000.000,00$.
  • $B$ pendapatkan sebulan $\text{Rp}1.750.000,00 \times 4$ tetap $\text{Rp}7.000.000,00$.
  • $C$ pendapatan sebulan sekitaran $\text{Rp} 5.600.000,00-\text{Rp}8.400.000,00$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Pendapatan $C$ dapat yang paling rendah.

19. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun $2015$ sampai dengan tahun $2019$.
TPS UTBK SBMPTN Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, pada tahun berapa jumlah peserta yang lulus praktik PALING BESAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik yang lulus praktek setiap tahun adalah:

  • Tahun $2015$, $\frac{65}{100} \times 320= 208$.
  • Tahun $2016$, $\frac{74}{100} \times 350= 259$.
  • Tahun $2017$, $\frac{80}{100} \times 280= 224$.
  • Tahun $2018$, $\frac{60}{100} \times 275= 165$.
  • Tahun $2019$, $\frac{68}{100} \times 300= 180$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \text{Tahun}\ 2016.$

20. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun $2015$ sampai dengan tahun $2019$.
TPS UTBK SBMPTN Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, manakah pernyataan yang PALING TEPAT untuk menggambarkan kondisi kelulusan ujian teori dan praktik pada tahun $2020$?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik yang dapat kita prediksi kondisi kelulusan ujian teori dan praktik pada tahun $2020$ adalah dari data yang konstan setelah lima tahun, yaitu pada ujian teori. Pada ujian teori, jumlah peserta yang lulus tiap tahun dan persentase kelulusan selalu naik.

Dari gambaran di atas, ada dua kemungkinan yang bisa jadi pilihan yaitu $(B)$ Persentase kelulusan ujian teori lebih besar daripada tahun 2019 atau $(D)$ Jumlah kelulusan ujian teori meningkat dibandingkan dengan tahun 2019. Tetapi jika harus memilih satu maka gambaran yang dapat kita pilih adalah option $(D)$, karena persentase option $(B)$ sudah termasuk tinggi yaitu sampai kepada $80 \%$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Jumlah kelulusan ujian teori meningkat dibandingkan dengan tahun 2019.


Catatan Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum A (Soal Latihan TPS UTBK SNBT) di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.