Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum Paket A (#Soal Latihan TPS UTBK SNPMB 2023)

Soal TPS UTBK SBMPTN Penalaran Umum Tahun 2022. Soal Latihan Tes Skolastik untuk Potensi Kognitif dan kemampuan Penalaran Matematika TPS UTBK SNPMB
Calon Guru belajar Penalaran Umum dari Soal TPS UTBK SBMPTN Tahun 2022 bagian Penalaran Umum Paket A. Soal ini sangat baik dijadikan bahan latihan dalam persiapan menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNPMB) Tahun 2023 untuk meningkatkan kemampuan Potensi Kognitif atau kemampuan Penalaran Matematika.

Untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh satu kursi di PTN, salah satu jalur yang dapat dipilih adalah Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) pada tahun 2023 berdasarkan informasi yang sudah disampaikan oleh Mas Mendikbudristek Nadiem Makarim bahwa Soal SNBT Tahun 2023 Hanya Tes Skolastik.

Sebagai bahan latihan untuk menghadapi tes skolastik SNBT tahun 2023 ini, kita pilih dari soal TPS UTBK SBMPTN yang sudah banyak beredar dan ditanyakan di grup belajar pada media sosial whatsapp atau twitter.


PENALARAN UMUM TPS UTBK SBMPTN 2022


Soal penalaran umum ini terdiri dari $20$ soal. Pada tes skolastik kategori Penalaran Umum sangat banyak dipengaruhi oleh tingkat kemampuan kita dalam bermatematik. Materi dasar matematika seperti logika matematika atau kemampuan membaca dalam menarik sebuah kesimpulan yang harus kita pahami agar lebih mudah menyelesaikan soal-soal penalaran umum.

1. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Orang yang menderita penyakit katarak memiliki risiko mengalami penglihatan menjadi kabur. Upaya mengurangi penyakit katarak dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Risiko penglihatan menjadi kabur berkurang ketika penyakit katarak dapat dicegah.

Berdasarkan informasi tersebut,manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?
$(A)$ Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penglihatan menjadi kabur.
$(B)$ Risiko penglihatan menjadi kabur berkurang jika mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
$(C)$ Orang yang mengalami penyakit katarak tidak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
$(D)$ Orang yang memiliki penglihatan kabur tidak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
$(E)$ Orang yang memiliki penglihatan kabur akan sembuh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Upaya mengurangi penyakit katarak dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan".

Kalimat kedua ini jika kita sesuaikan dengan kalimat yang pertama dapat kita tulis menjadi "Upaya mengurangi risiko mengalami penglihatan menjadi kabur dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan".

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Risiko penglihatan menjadi kabur berkurang jika mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.


2. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pepohonan sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara. Salah satu pohon penyerap polutan adalah pohon trembesi karena berbentuk besar dan memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap karbon dioksida $\left(CO_{2} \right).$

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?
$(A)$ Pohon trembesi yang berukuran kecil tidak mampu meyerap banyak $CO_{2}$
$(B)$ Polusi udara akan menurun jika banyak pohon trembesi ditanam.
$(C)$ Terdapat pohon selain trembesi yang mampu menyerap lebih banyak $CO_{2}$.
$(D)$ Semua pohon yang efektif dalam menyerap polutan memiliki ukuran yang besar.
$(E)$ Udara akan menjadi lebih panas jika tidak ada pohon trembesi.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat pertama disampaikan bahwa "Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pepohonan sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara".

Kalimat pertama ini jika kita sesuaikan dengan kalimat yang kedua dapat kita tulis menjadi "Seorang pakar tanaman hutan kota mengatakan bahwa pohon trembesi sangat efektif dalam menyerap polutan yang menyebabkan polusi udara".

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Polusi udara akan menurun jika banyak pohon trembesi ditanam.


3. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Berjemur di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi kesehataan, antara lain meredakan gejala alergi dan infeksi saluran pernapasan, serta membantu pemenuhan kebutuhan vitamin D bagi tubuh. Vitamin D berguna dalam menghindarkan tubuh dari resiko penyakit tulang. Namun demikian, paparan sinar matahari yang berlebihan juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan beikut yang PASTI BENAR?
$(A)$ Berjemur dibawah sinar matahari lebih bermanfaat pada orang tua daripada anak-anak.
$(B)$ Berjemur di siang hari dengan paparan sinar matahari yang menyengat dapat menyebabkan kanker kulit.
$(C)$ Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur, kita perlu memilih waktu berjemur yang tepat.
$(D)$ Selain berjemur, kebutuhan vitamin D dapat dipenuhi dari makanan.
$(E)$ Tidak ada dampak negatif dari berjemur di bawah sinar matahari pagi.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat pertama disampaikan bahwa "Berjemur di pagi hari memberikan banyak manfaat bagi kesehataan" dan kalimat ketiga disampaikan "Namun demikian, paparan sinar matahari yang berlebihan juga berpotensi menyebabkan penyakit kanker kulit".

Kalimat pertama dan ketiga ini sangat tepat untuk pernyataan "Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur, kita perlu memilih waktu berjemur yang tepat". Pada pernyataan "waktu berjemur" dapat kita maknai dua hal yaitu waktu berjemur (pagi-siang-sore) dan lama berjemur harus kita pilih dengan tepat.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Untuk mendapatkan manfaat optimal dari berjemur, kita perlu memilih waktu berjemur yang tepat.


4. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Hewan langka terancam punah ketika terjadi penebangan hutan dan perburuan binatang secara liar di hutan. Di hutan X sering terjadi penebangan hutan dan perburuan gajah secara liar.
Simpulan berdasarkan informasi dalam teks tersebut adalah gajah di hutan terancam punah.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?
$(A)$ Simpulan tersebut pasti benar.
$(B)$ Simpulan tersebut mungkin benar.
$(C)$ Simpulan tersebut pasti salah.
$(D)$ Simpulan tidak relevan dengan informasi yang diberikan.
$(E)$ Simpulan tidak dapat dinilai karena informasi tidak cukup.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Di hutan X sering terjadi penebangan hutan dan perburuan gajah secara liar." dan pada kesimpulan disampaikan "gajah di hutan terancam punah".

Dengan adanya kalimat kedua tersebut maka kesimpulan "gajah di hutan terancam punah" ada kemungkinan benar.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Simpulan tersebut mungkin benar.


5. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Banyak orang menyukai makanan pedas karena makanan pedas terasa lebih nikmat dan menggugah selera. Namun, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat mengakibatkan gangguan lambung dan iritasi usus. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan mengakibatkan tenggorokan menjadi panas. Orang disarankan untuk membatasi konsumsi makanan pedas agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut ini yang PASTI SALAH?
$(A)$ Makanan pedas terasa lebih nikmat sehingga mendorong orang makan lebih banyak.
$(B)$ Makanan pedas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak menggugah selera.
$(C)$ Tenggorokan panas terjadi karena asam lambung naik akibat mengonsumsi makanan pedas.
$(D)$ Mengonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan aman bagi kesehatan pencernaan.
$(E)$ Orang yang mengonsumsi makanan pedas berpotensi mengalami gangguan iritasi usus.
Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pilihan $(A)$ pada wacana sesuai dengan kalimat pertama. pilihan $(C)$ pada wacana sesuai dengan kalimat ketiga. Pilihan $(D)$ pada wacana sesuai dengan kalimat keempat. Pilihan $(E)$ pada wacana sesuai dengan kalimat kedua.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Makanan pedas dapat memicu gangguan pencernaan sehingga tidak menggugah selera.


6. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan banyak penumpukan sampah di dasar sungai. Penumpukan sampah di dasar sungai menyebabkan sungai menjadi dangkal. Meskipun sungai merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting, transportasi air tidak dapat melalui sungai yang mengalami pendangkalan.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan di bawah ini yang BENAR?
$(A)$ Sungai yang menjadi prasarana transportasi menyebabkan banyak sampah dibuang ke sungai.
$(B)$ Sungai yang dangkal menyebabkan penumpukan sampah di sepanjang aliran sungai.
$(C)$ Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan prasarana transportasi sungai terganggu.
$(D)$ Adanya sungai sebagai prasarana transportasi menyebabkan banyak aktivitas dilakukan di sepanjang aliran sungai.
$(E)$ Sungai yang tidak bisa dilewati alat transportasi air menyebabkan sungai tersebut menjadi tempat pembuangan sampah.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat tiga disampaikan bahwa "...sungai merupakan salah satu prasarana transportasi yang penting, transportasi air tidak dapat melalui sungai yang mengalami pendangkalan".

Dengan adanya pernyataan tersebut maka pernyataan "$(C)$ Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan prasarana transportasi sungai terganggu adalah BENAR.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Kebiasaan membuang sampah di sungai menyebabkan prasarana transportasi sungai terganggu.


7. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Pada tahun 2012, banyak masyarakat di Negara X yang tidak mau menggunakan media sosial. Pada tahun 2014, pengguna media sosial di Negara X bertambah dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2012.

Manakah pernyataan berikut yang PALING MUNGKIN menjelaskan perbedaan kedua kondisi tersebut?
$(A)$ Pada tahun 2014, banyak masyarakat yang merasakan manfaat positif dari media sosial.
$(B)$ Pada tahun 2012, bermunculan berbagai macam platform media sosial.
$(C)$ Pada tahun 2014, media sosial digunakan oleh masyarakat dari golongan usia tertentu.
$(D)$ Pada tahun 2012, penyedia jasa layanan internet memberikan promosi untuk mengakses media sosial.
$(E)$ Pada tahun 2014, media sosial banyak digunakan untuk menyebarkan berita bohong.
Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "Pada tahun 2014, pengguna media sosial di Negara X bertambah dua kali lipat dibandingkan pada tahun 2012".

Dengan adanya pernyataan tersebut maka pernyataan yang paling mungkin menjelaskan keadaan tersebut adalah $(A)$ Pada tahun 2014, banyak masyarakat yang merasakan manfaat positif dari media sosial.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Pada tahun 2014, banyak masyarakat yang merasakan manfaat positif dari media sosial.


8. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Arsitek $A$ mengatakan, "Halaman rumah yang memiliki banyak tanaman bunga lebih luas daripada yang memiliki sedikit tanaman bunga."
Arsitek $B$ mengatakan, "Halaman rumah yang asri ditanami lebih banyak tanaman daripada halaman rumah yang gersang."
Hasil pengamatan di suatu daerah menunjukkan bahwa rumah yang luas memiliki halaman yang asri daripada rumah yang sempit.

Manakah pernyataan berikut yang PALING TEPAT mengenai hasil pengamatan tersebut?
$(A)$ Memperkuat pernyataan $A$.
$(B)$ Memperkuat pernyataan $B$.
$(C)$ Memperlemah pernyataan $A$.
$(D)$ Memperlemah pernyataan $B$.
$(E)$ Tidak relevan dengan pernyataan $A$ dan $B$.
Alternatif Pembahasan:

Pernyataan Arsitek $A$ "Halaman rumah yang memiliki banyak tanaman bunga lebih luas daripada yang memiliki sedikit tanaman bunga." sebelumnya belum diketahui kebenarannya.

Dari hasil pengamatan "Rumah yang luas memiliki halaman yang asri..." dan halaman yang asri karena banyak tanaman bunga, sehingga hasil pengamatan adalah Memperkuat pernyataan $A$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Memperkuat pernyataan $A$.


9. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang lebih kuat merangsang pelepasan hormon dopamin di otak daripada aktivitas lain. Makin banyak kadar hormon dopamin dalam otak seseorang makin merasa senang dan bahagia orang tersebut.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan sebab-akibat berikut yang PALING MUNGKIN BENAR?
$(A)$ Orang yang sedih dan kecewa jarang mendengarkan musik.
$(B)$ Orang yang mendengarkan musik cenderung memiliki banyak hormon dopamin.
$(C)$ Makin sering seseorang mendengarkan musik makin senang dan bahagia orang tersebut.
$(D)$ Orang yang bahagia lebih sering mendengarkan musik daripada orang yang sedih.
$(E)$ Aktivitas selain mendengarkan musik tidak memicu pelepasan hormon dopamin.
Alternatif Pembahasan:

Dari wacana yang disampaikan,
Mendengarkan musik merupakan aktivitas yang lebih kuat merangsang pelepasan hormon dopamin di otak daripada aktivitas lain.
Makin banyak kadar hormon dopamin dalam otak seseorang makin merasa senang dan bahagia orang tersebut.
Kesimpulan yang paling mungkin benar adalah $(C)$ Makin sering seseorang mendengarkan musik makin senang dan bahagia orang tersebut.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Makin sering seseorang mendengarkan musik makin senang dan bahagia orang tersebut.


10. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Saat ini, bersepeda tidak hanya dilakukan sebagai aktivitas olahraga, tetapi juga dilakukan sebagai gaya hidup. Pegiat sepeda menyatakan bahwa makin banyak komunitas pesepeda yang melakukan aktivitas bersepeda bersama.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERLEMAH pendapat pegiat sepeda tersebut?
$(A)$ Setiap akhir pekan, banyak masyarakat yang bersepeda di pagi hari.
$(B)$ Saat ini, banyak dilakukan perlombaan sepeda antarkota untuk meningkatkan antusiasme masyarakat.
$(C)$ Banyak masyarakat yang memilih sepeda balap daripada jenis lainnya.
$(D)$ Banyak masyarakat yang merasakan manfaat bersepeda pada pagi hari.
$(E)$ Banyak orang yang hobi bersepeda tidak bergabung dalam komunitas pesepeda.
Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pernyataan yang akan MEMPERLEMAH pendapat pegiat sepeda tersebut adalah pernyataan "Banyak orang yang hobi bersepeda tidak bergabung dalam komunitas pesepeda."

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Banyak orang yang hobi bersepeda tidak bergabung dalam komunitas pesepeda.


11. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Angka penjualan mobil listrik di Dealer Mobil X meningkat pada tahun ini. Manajer penjualan di Dealer Mobil X mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan adanya bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil listrik.

Manakah pernyataan di bawah ini, yang jika benar, akan MEMPERKUAT argumen manajer penjualan di atas?
$(A)$ Kebijakan pemberian bonus bagi marketimg yang berhasil menjual mobil telah diberlakukan sejak dua tahun terakhir.
$(B)$ Dealer Mobil X juga memberikan bonus untuk penjualan mobil jenis lain.
$(C)$ Selain memberikan bonus, perusahaan juga menyediakan fasilitas yang memadai bagi marketing.
$(D)$ Bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil tidak diberikan pada tahun lalu.
$(E)$ Jumlah penjualan mobil di Dealer Mobil X lebih tinggi daripada di dealer mobil lainnya.
Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pernyataan yang akan MEMPERKUAT pendapat argumen manajer penjualan tersebut adalah pernyataan "Bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil tidak diberikan pada tahun lalu". Dengan adanya pernyataan ini maka ada kebenaran penjualan naik tahun ini dipengaruhi oleh bonus.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Bonus bagi marketing yang berhasil menjual mobil tidak diberikan pada tahun lalu..


12. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis pada usia lanjut. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memasuki masa menopause memiliki risiko lebih besar terkena gangguan tulang dan sendi dibandingkan yang belum menopause.

Manakah simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?
$(A)$ Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang memasuki masa menopause.
$(B)$ Wanita yang memasuki masa menopause selalu mengalami gangguan tulang dan sendi.
$(C)$ Wanita yang mengalami osteoporosis tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin D.
$(D)$ Gangguan tulang dan sendi dapat disembuhkan dengan makanan dan minuman yang mengandung vitamin D.
$(E)$ Vitamin D paling berperan dalam mencegah gangguan tulang dan sendi pada usia lanjut.
Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut adalah pernyataan "Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang memasuki masa menopause.". Penekanan ini paling didukung karena penelitian yang disampaikan tentang wanita yang sudah menopause dan yang belum.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Makanan dan minuman yang mengandung vitamin D disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita yang memasuki masa menopause.


13. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Hasil perhitungan yang lebih besar dari $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$ adalah...
$(A)\ \frac{4}{13} + 3,82$
$(B)\ \frac{5}{15} + 3,81$
$(C)\ \frac{6}{18} + 3,80$
$(D)\ \frac{7}{19} + 3,79$
$(E)\ \frac{9}{20} + 3,78$
Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan bilangan pecahan yang lebih besar dari $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$, maka yang pertama kita lakukan adalah menghitung nilai $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$ yang menjadi patokan.

$\begin{align}
39 \% + 3\tfrac{4}{5} &= 39 \% + 3\tfrac{4}{5} \\ &= \frac{39}{100} + 3 + \tfrac{4}{5} \\ &= 0,39 + 3 + 0,8 = 4,19 \end{align} $

Selanjutnya dari pilihan yang ada pasti ada satu lebih besar dari $4,19$, kita pilih angka yang paling mudah dihitung terlebih dahulu
$\begin{align}
\frac{5}{15} + 3,81 &= \frac{1}{3} + 3,81 \\ &= 0,333... + 3,81 = 4,1433... \\ \hline \frac{6}{18} + 3,80 &= \frac{1}{3} + 3,80 \\ &= 0,333.. + 3,80 = 4,1433...\\ \hline \frac{9}{20} + 3,78 &= 0,45 + 3,80 \\ &= 4,25 \end{align} $

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)\ \frac{9}{20} + 3,78$


14. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Komposisi warna putih dan biru untuk cat tembok sebuah rumah adalah $3 : 5$. Jika $4$ liter cat dapat mewarnai tembok seluas $72\ \text{m}^{2}$, volume cat biru yang dibutuhkan untuk mewarnai tembok seluas $288\ \text{m}^{2}$ adalah...
$(A)\ 5\ \text{liter}$
$(B)\ 6\ \text{liter}$
$(C)\ 7,5\ \text{liter}$
$(D)\ 9\ \text{liter}$
$(E)\ 10\ \text{liter}$
Alternatif Pembahasan:

Komposisi warna putih dan biru untuk cat tembok sebuah rumah adalah $3 : 5$, untuk mempermudah menyelesaikan soal perbandingan, perbandingan dapat kita tuliskan dalam bentuk $3x : 5x$. Artinya banyak cat warna putih yang dibutuhkan $3x$, cat warna biru $5x$ dan keseluruhan cat $8x$.

Untuk mewarnai tembok seluas $72\ \text{m}^{2}$ dibutuhkan $4$ liter cat, sehingga untuk setiap $18\ \text{m}^{2}$ dibutuhkan $1$ liter cat.

Cat yang dibutuhkan untuk mewarnai tembok seluas $288\ \text{m}^{2}$ adalah $\dfrac{288}{18}=16\ \text{liter}$.

Total cat yang dibutuhkan adalah $8x=16\ \text{liter} \longrightarrow x=2$, maka banyak cat warna biru yang dibutuhkan adalah $5x=10\ \text{liter}$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)\ 10\ \text{liter}$


15. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Jumlah pengunjung kebun binatang $A$ selama lima hari berturut-turut adalah $40$, $43$, $42$, $45$, dan $44$ orang. Sementara itu, jumlah pengunjung kebun binatang $B$ dalam lima hari yang sama adalah $13$, $14$, $17$, $22$, dan $29$ orang. Jika tren jumlah pengunjung tersebut bersifat konstan, berapa orang pengunjung kebun binatang $A$ dan $B$ pada hari keenam?
$(A)\ 43\ \text{dan}\ 38\ \text{orang}.$
$(B)\ 43\ \text{dan}\ 39\ \text{orang}.$
$(C)\ 47\ \text{dan}\ 35\ \text{orang}.$
$(D)\ 47\ \text{dan}\ 38\ \text{orang}.$
$(E)\ 47\ \text{dan}\ 39\ \text{orang}.$
Alternatif Pembahasan:

Dari kedua data pengunjung kebun binatang selama lima hari berturut-turut yang diberikan, banyak pengunjung pada kedua kebun binatang seperti membentuk sebuah pola bilangan.

  • Zoo $A$: $40$, $43$, $42$, $45$, $44$ polanya adalah $+3$ dan $-1$ sehingga hari ke-6 adalah $44+3=47$.
  • Zoo $B$: $13$, $14$, $17$, $22$, $29$ polanya adalah $+1$, $+3$, $+5$, $+7$ sehingga hari ke-6 adalah $29+9=38$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 47\ \text{dan}\ 38\ \text{orang}.$


16. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Rata-rata kecepatan dari tiga pesepeda $A$, $B$, dan $C$ adalah $70\ \text{km/jam}$. Rata-rata kecepatan dari pesepeda $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$. Jika kecepatan pesepeda $B$ kurang dari $70\ \text{km/jam}$, manakah pernyataan yang PALING TEPAT menggambarkan kecepatan dari ketiga pesepeda tersebut?
$(A)$ Pesepeda $C$ adalah yang paling cepat.
$(B)$ Pesepeda $B$ adalah yang paling cepat.
$(C)$ Pesepeda $A$ adalah yang paling cepat.
$(D)$ Pesepeda $B$ adalah yang paling lambat.
$(E)$ Pesepeda $A$ adalah yang paling lambat.
Alternatif Pembahasan:

Rata-rata kecepatan $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$ dan kecepatan $B$ kurang dari $70\ \text{km/jam}$ maka dapat kita pastikan kecepatan $A$ lebih dari $80\ \text{km/jam}$.

Dengan rata-rata kecepatan $A$, $B$, dan $C$ adalah $70\ \text{km/jam}$ dan rata-rata kecepatan $A$ dan $B$ adalah $75\ \text{km/jam}$ maka dapat kita pastikan kecepatan $C$ adalah $65\ \text{km/jam}$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Pesepeda $A$ adalah yang paling cepat.


17. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Kontraktor akan melakukan pembangunan sebuah gedung dengan mempertimbangkan beberapa kondisi berikut.
  • Jika pencairan anggaran berjalan lancar, waktu penyelesaian pekerjaan lebih cepat $15 \%$.
  • Jika peralatan tersedia lengkap, pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat $\frac{1}{10}$ kali.
  • Jika menggunakan pekerja yang berpengalaman, penyelesaian pekerjaan lebih cepat $\frac{1}{4}$ kali.
  • Jika izin mendirikan bangunan terhambat, waktu penyelesaian pekerjaan bertambah $5 \%$.
Manakah kondisi yang perlu dipertimbangkan agar dapat PALING CEPAT menyelesaikan pekerjaan?
$(A)$ Pencairan anggaran dan ketersediaan peralatan.
$(B)$ Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.
$(C)$ Ketersediaan peralatan dan pengalaman pekerja.
$(D)$ Ketersediaan peralatan dan perizinan.
$(E)$ Pengalaman pekerja dan perizinan.
Alternatif Pembahasan:

Untuk mempermudah perhitungan pekerjaan lebih cepat, kita samakan satuan perhitungan lebih cepat dalam persen, menjadi seperti berikut ini.

  • Jika pencairan anggaran berjalan lancar, lebih cepat $15 \%$.
  • Jika peralatan tersedia lengkap, lebih cepat $10 \%$.
  • Jika menggunakan pekerja yang berpengalaman, lebih cepat $25 \%$

Agar pekerjaan lebih cepat selesai maka yang perlu dipertimbangkan adalah Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.


18. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

$A$ mendapatkan gaji tetap $\text{Rp} 6.000.000,00$ per bulan dengan bonus berkisar $\text{Rp} 500.000,00-\text{Rp}1.000.000,00$. Gaji yang didapatkan $B$ adalah sebesar $\text{Rp}1.750.000,00$ per minggu. Sebagai penjual kopi, $C$ menjual $20-30$ gelas kopi per hari dengan harga satuan $\text{Rp} 10.000,00$. Jika satu bulan dihitung $28$ hari, manakah pernyataan yang PALING TEPAT?
$(A)$ Pendapatan $C$ lebih rendah daripada $B$.
$(B)$ Pendapatan $C$ lebih tinggi daripada $A$.
$(C)$ Pendapatan $B$ lebih tinggi daripada $A$.
$(D)$ Pendapatan $A$ dapat yang paling tinggi.
$(E)$ Pendapatan $C$ dapat yang paling rendah.
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada wacana, dari ketiga orang tersebut $A,B,C$ jika kita tuliskan uang minimum dan maksimum yang mungkin diperoleh dalam sebulan seperti berikut ini.

  • $A$ pendapatan sebulan sekitaran $\text{Rp} 6.000.000,00-\text{Rp}7.000.000,00$.
  • $B$ pendapatkan sebulan $\text{Rp}1.750.000,00 \times 4$ tetap $\text{Rp}7.000.000,00$.
  • $C$ pendapatan sebulan sekitaran $\text{Rp} 5.600.000,00-\text{Rp}8.400.000,00$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Pendapatan $C$ dapat yang paling rendah.


19. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun $2015$ sampai dengan tahun $2019$.
TPS UTBK SBMPTN Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, pada tahun berapa jumlah peserta yang lulus praktik PALING BESAR?
$(A)\ \text{Tahun}\ 2015.$
$(B)\ \text{Tahun}\ 2016.$
$(C)\ \text{Tahun}\ 2017.$
$(D)\ \text{Tahun}\ 2018.$
$(E)\ \text{Tahun}\ 2019.$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik yang lulus praktek setiap tahun adalah:

  • Tahun $2015$, $\frac{65}{100} \times 320= 208$.
  • Tahun $2016$, $\frac{74}{100} \times 350= 259$.
  • Tahun $2017$, $\frac{80}{100} \times 280= 224$.
  • Tahun $2018$, $\frac{60}{100} \times 275= 165$.
  • Tahun $2019$, $\frac{68}{100} \times 300= 180$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \text{Tahun}\ 2016.$


20. Soal Tes Skolastik Penalaran Umum

Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun $2015$ sampai dengan tahun $2019$.
TPS UTBK SBMPTN Dalam sebuah seleksi, peserta wajib mengikuti ujian teori dan praktik. Grafik berikut menunjukkan data persentase kelulusan pada kedua ujian tersebut serta jumlah total peserta dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2019.
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, manakah pernyataan yang PALING TEPAT untuk menggambarkan kondisi kelulusan ujian teori dan praktik pada tahun $2020$?
$(A)$ Jumlah peserta ujian teori dan praktik meningkat.
$(B)$ Persentase kelulusan ujian teori lebih besar daripada tahun 2019.
$(C)$ Persentase kelulusan ujian praktik meningkat dibandingkan dengan tahun 2019.
$(D)$ Jumlah kelulusan ujian teori meningkat dibandingkan dengan tahun 2019.
$(E)$ Jumlah kelulusan ujian praktik meningkat dibandingkan dengan tahun 2019.
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik yang dapat kita prediksi kondisi kelulusan ujian teori dan praktik pada tahun $2020$ adalah dari data yang konstan setelah lima tahun, yaitu pada ujian teori. Pada ujian teori, jumlah peserta yang lulus tiap tahun dan persentase kelulusan selalu naik.

Dari gambaran di atas, ada dua kemungkinan yang bisa jadi pilihan yaitu $(B)$ Persentase kelulusan ujian teori lebih besar daripada tahun 2019 atau $(D)$ Jumlah kelulusan ujian teori meningkat dibandingkan dengan tahun 2019. Tetapi jika harus memilih satu maka gambaran yang dapat kita pilih adalah option $(D)$, karena persentase option $(B)$ sudah termasuk tinggi yaitu sampai kepada $80 \%$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Jumlah kelulusan ujian teori meningkat dibandingkan dengan tahun 2019.



Jika engkau tidak sanggup menahan lelahnya belajar, Maka engkau harus menanggung pahitnya kebodohan ___pythagoras

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum Paket A (#Soal Latihan TPS UTBK SNPMB 2023) silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊