Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Contoh Soal Tes Skolastik Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNPMB) Tahun 2023

Contoh Soal Tes Skolastik Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNPMB) Tahun 2023

Calon guru berbagi informasi terkait Contoh Soal Tes Skolastik Ujian Tertulis Berbasis Komputer dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (UTBK-SNPMB) Tahun 2023 dan Penjelasan Mendikbudristek Nadiem Makarim terkait penghapusan tes mata pelajaran.

Berdarkan informasi yang di sadur dari live Youtube KEMENDIKBUD RI yang diselenggarakan pada Rabu 7 September 2022 (https://youtu.be/fEuQ3ASlfVk) Program Merdeka Belajar Episode ke-22 dan membahas tentang Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Salah satu point penting yang mungkin sangat memberikan efek signifikan kepada proses belajar mengajar di sekolah yaitu adanya rencana Penghapusan Tes Mata Pelajaran atau Tes Kemampuan Akademik (TKA) dari Soal SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) tahun 2023 yang disampaikan langsung oleh Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menyampaikan bahwa Program Merdeka Belajar Episode ke-22 ini untuk menyelaraskan proses pendidikan menengah dan kualitas input pendidikan tinggi sekaligus kabar gembira bagi pelajar yang mau masuk universitas dari berbagai aspek.

Sebelumnya, jalur seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) memisahkan calon mahasiswa berdasarkan jurusan pendidikan menengah. Akibatnya antara lain:

  • Sehingga Pilihan prgram studi dibatasi berdasarkan jurusan di pendidikan menengah dan Peserta didik tidak punya kesempatan untuk mengeksplorasi minta dan aspirasi kariernya.
  • Hanya mata pelajaran tertentu yang dipertimbangkan dalam seleksi sehingga mata pelajaran lain menjadi dianggap tidak perlu penting atau fokus belajar tidak menyeluruh.

Seleksi masuk PTN semestinya tidak menurunkan kualitas pembelajaran pendidikan menengah dan perlu lebih inklusif dan adil untuk peserta didik dari keluarga kurang mampu. Sebelumnya, jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) mengujikan banyak materi dari banyak mata pelajaran. Akibatnya antara lain:

Oleh karena itu, seleksi nasional berdasarkan tes kini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah. Tidak ada lagi tes mata pelajaran. Yang ada hanya tes skolastik yang mengukur:

  1. Potensi Kognitif
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi Dalam Bahasa Indonesia
  4. Literasi Dalam Bahasa Inggris

Dengan demikian, skema seleksi menjadi lebih adil dan setiap peserta didik memiliki kesempatan untuk sukses pada jalur seleksi nasional berdasarkan tes.

  • Peserta didik tidak tergantung pada lembaga bimbingan belajar untuk persiapan tes dan tidak perlu khawatir akan keharusan untuk menghafal konten
  • Orang tua tidak terbebani tanggungan finansial tambahan untuk bimbingan belajar peserta didik.
  • Guru lebih fokus pada pembelajaran yang bermakna, holistik, dan berorientasi pada penalaran, bukan hafalan dan percaya diri bahwa pembelajaran sesuai kurikulum sudah cukup dalam menyiapkan peserta didik menghadapi seleksi masuk PTN.

Contoh soal Soal TPS SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 Potensi Kognitif

Contoh soal TPS UTBK SBMPTN 2023 Potensi Kognitif


Contoh Soal TPS SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 Penalaran Matematika

Contoh soal TPS UTBK SBMPTN 2023 Penalaran Matematika


Contoh Soal TPS SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 Literasi Dalam Bahasa Indonesia

Contoh soal TPS UTBK SBMPTN 2023 Literasi Dalam Bahasa Indonesia


Contoh Soal TPS SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 Literasi Dalam Bahasa Inggris

Contoh soal TPS UTBK SBMPTN 2023 Literasi Dalam Bahasa Inggris

Jika tertarik untuk membaca pemaparan Program Merdeka Belajar Episode ke-22 yang membahas tentang Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri oleh Bapak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim silahkan 📥 Download File atau dari 📥 Alternatif Download File

Catatan tentang Contoh Soal TPS SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) 2023 Langsung Dari Mendikbudristek Nadiem Makarim di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.