Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum (Soal Latihan TPS UTBK SNBT) - B

Calon Guru belajar Penalaran Umum dari Soal TPS UTBK SBMPTN Tahun 2022 bagian Penalaran Umum Paket A. Soal ini sangat baik dijadikan bahan latihan dalam persiapan menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun ini untuk meningkatkan kemampuan Penalaran Umum.

Untuk mempersiapkan diri dalam memperoleh satu kursi di PTN, salah satu jalur yang dapat dipilih adalah Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Jalur SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) pada tahun 2023 berdasarkan informasi yang sudah disampaikan oleh Mas Mendikbudristek Nadiem Makarim bahwa Soal SNBT Tahun 2023 Hanya Tes Skolastik.

Sebagai bahan latihan untuk menghadapi tes skolastik SNBT tahun 2023 ini, kita pilih dari soal TPS UTBK SBMPTN yang sudah banyak beredar dan ditanyakan di grup belajar pada media sosial whatsapp atau twitter.


PENALARAN UMUM TPS UTBK SBMPTN 2022

Soal penalaran umum ini terdiri dari $20$ soal. Pada tes skolastik kategori Penalaran Umum sangat banyak dipengaruhi oleh tingkat kemampuan kita dalam bermatematik. Materi dasar matematika seperti logika matematika atau kemampuan membaca dalam menarik sebuah kesimpulan yang harus kita pahami agar lebih mudah menyelesaikan soal-soal penalaran umum.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :20 soal

1. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Salah satu faktor yang menyebabkan tingginya polusi udara adalah aktivitas rumah tangga. Salah satu dari aktivitas rumah tangga tersebut adalah pembakaran sampah rumah tangga yang banyak mengeluarkan asap hitam yang kotor, sehingga menyebabkan udara berpolusi dan terasa panas.

Berdasarkan informasi tersebut,manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua disampaikan bahwa "...aktivitas rumah tangga pembakaran sampah rumah tangga yang banyak mengeluarkan asap hitam yang kotor, sehingga menyebabkan udara berpolusi dan terasa panas".

Kalimat kedua ini cocok dengan pilihan $(A)$ Polusi udara akan menurun jika aktivitas rumah tangga yang mengeluarkan asap hitam dikurangi.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Polusi udara akan menurun jika aktivitas rumah tangga yang mengeluarkan asap hitam dikurangi.

2. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Saat ini penggunaan gawai sudah menjadi kebutuhan hidup. Gawai dapat digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh secara nyaman dan untuk mengakses informasi dengan mudah. Akan tetapi, gawai dapat menyebabkan seseorang sering lupa waktu dan mengalami ketergantungan terhadap gawai.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat ketiga disampaikan bahwa "Akan tetapi, gawai dapat menyebabkan seseorang sering lupa waktu dan mengalami ketergantungan terhadap gawai".

Kalimat ketiga ini sesuai dengan pilihan $(B)$ Sebagian pengguna gawai menjadi lupa waktu dan ketergantungan.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Sebagian pengguna gawai menjadi lupa waktu dan ketergantungan.

3. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Syarat pendaftaran beasiswa universitas Y adalah memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dan memiliki prestasi minimal peringkat 3 besar di sekolah. A adalah juara karate dan ayahnya seorang direktur perusahaan multinasional. Simpulan berdasarkan informasi dalam teks tersebut adalah A memenuhi persyaratan pendaftaran beasiswa di universitas Y.

Manakah pernyataan berikut yang menggambarkan kualitas simpulan tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat pertama disampaikan bahwa "Syarat pendaftaran beasiswa universitas Y adalah memiliki Surat Keterangan Tidak Mampu dan memiliki prestasi minimal peringkat 3 besar di sekolah".

Kalimat pertama ini memastikan simpulan "A memenuhi persyaratan pendaftaran beasiswa di universitas Y" adalah simpulan yang pasti salah.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Simpulan tersebut pasti salah.

4. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Obat herbal makin banyak dikonsumsi karena mengandung sedikit bahan kimia dan tidak menyebabkan alergi. Namun, obat herbal tidak dapat digunakan sembarangan karena reaksi setiap orang terhadap obat-obatan berbeda. Orang disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memahami efek samping yang mungkin ditimbulkan dari obat herbal.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut ini yang PASTI SALAH?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana kalimat kedua dan ketiga disampaikan bahwa "Obat herbal tidak dapat digunakan sembarangan karena reaksi setiap orang terhadap obat-obatan berbeda. Orang disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan untuk memahami efek samping yang mungkin ditimbulkan dari obat herbal".

Dengan adanya kalimat kedua dan ketiga tersebut maka pernyataan yang pasti salah adalah $(B)$ Semua obat herbal aman dikonsumsi tanpa harus dikonsultasikan dengan dokter.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Semua obat herbal aman dikonsumsi tanpa harus dikonsultasikan dengan dokter.

5. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Bermain layang-layang menyebabkan anak berlarian tanpa melihat keadaan sekitar. Banyak kecelakaan lalu lintas terjadi karena anak-anak berlarian tanpa melihat keadaan sekitar. Meskipun jalan raya cukup lebar, kecelakaan menyebabkan arus lalu lintas tidak lancar.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan dibawah ini yang BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari pernyataan yang ada pada pilihan, pilihan yang BENAR adalah $(A)$ Banyaknya anak bermain layang-layang tanpa memperhatikan keadaan sekitar menyebabkan kecelakaan lalu lintas sering terjadi.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Banyaknya anak bermain layang-layang tanpa memperhatikan keadaan sekitar menyebabkan kecelakaan lalu lintas sering terjadi.

6. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Tokoh A mengatakan, "Anak yang sering menggunakan gawai memiliki wawasan lebih luas daripada anak yang jarang menggunakan gawai."
Tokoh B mengatakan, "Anak yang mengalami hambatan berkomunikasi lebih sering menggunakan gawai daripada anak yang lancar komunikasi."
Data menunjukkan bahwa anak yang menghabiskan waktu lebih banyak dalam menggunakan gawai memiliki kesulitan dalam berkomunikasi.

Manakah pernyataan berikut yang PALING TEPAT mengenai data tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana disampaikan data menunjukkan bahwa anak yang menghabiskan waktu lebih banyak dalam menggunakan gawai memiliki kesulitan dalam berkomunikasi.

Data ini sesuai dengan pernyataan Tokoh B yang mengatakan, "Anak yang mengalami hambatan berkomunikasi lebih sering menggunakan gawai daripada anak yang lancar komunikasi."

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Memperkuat pernyataan tokoh B.

7. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Pengembang program komputer merupakan pekerjaan yang lebih banyak beraktivitas dengan posisi duduk daripada pekerjaan lain. Makin lama duduk, makin tinggi resiko seorang pekerja mengalami sakit punggung.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan sebab-akibat berikut yang PALING MUNGKIN BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari pilihan yang ada, pernyataan sebab-akibat yang PALING MUNGKIN BENAR adalah $(E)$ Orang yang bekerja sebagai pengembang program komputer banyak yang mengalami sakit punggung.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Orang yang bekerja sebagai pengembang program komputer banyak yang mengalami sakit punggung.

8. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Kunci agar tetap sehat mental di tempat kerja adalah dengan menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Psikolog menyebutkan bahwa banyak pekerja tidak sadar pentingnya keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Manakah pernyataan berikut yang akan MEMPERLEMAH pendapat Psikolog tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Pernyataan yang akan MEMPERLEMAH pendapat Psikolog tersebut adalah $(C)$ Banyak pekerja yang menetapkan batasan yang jelas tentang jam kerja dan keluarga.

Karena dengan adanya pernyataan "pekerja yang menetapkan batasan yang jelas tentang jam kerja dan keluarga" maka pernyataan "banyak pekerja tidak sadar pentingnya keseimbangan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan" adalah sebuah kesimpulan yang kurang tepat.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Banyak pekerja yang menetapkan batasan yang jelas tentang jam kerja dan keluarga.

9. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat ini jumlah siswa yang mengalami stres saat mengikuti pembelajaran daring meningkat karena kurangnya interaksi sosial dengan siswa yang lain.

Manakah pernyataan di bawah ini, yang jika benar, akan MEMPERKUAT argumen peneliti di atas?





Alternatif Pembahasan:

Pada wacana yang disampaikan,
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat ini jumlah siswa yang mengalami stres saat mengikuti pembelajaran daring meningkat karena kurangnya interaksi sosial dengan siswa yang lain.

Dengan adanya pernyataaan "Sebelum dilakukan pembelajaran daring, interaksi sosial antarsiswa dilakukan secara tatap muka" yang dianggap benar, maka pernyataan ini memperkuat hasil penelitian di atas.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Sebelum dilakukan pembelajaran daring, interaksi sosial antarsiswa dilakukan secara tatap muka.

10. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Banyak penelitian pada bidang kesehatan menggunakan hewan sebagai objek uji coba. Obat yang baru tidak diujikan langsung pada manusia untuk mencegah terjadinya kegagalan yang mengakibatkan kerusakan organ, kecacatan, bahkan kematian.

Manakah simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari wacana "Banyak penelitian pada bidang kesehatan menggunakan hewan sebagai objek uji coba. Obat yang baru tidak diujikan langsung pada manusia untuk mencegah terjadinya kegagalan yang mengakibatkan kerusakan organ, kecacatan, bahkan kematian."

Simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh wacana adalah $(B)$ Khasiat obat yang dihasilkan dari penelitiaan dengan hewan sebagai uji coba akan sama dengan manusia sebagai uji coba.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)$ Khasiat obat yang dihasilkan dari penelitiaan dengan hewan sebagai uji coba akan sama dengan manusia sebagai uji coba.

11. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Hasil perhitungan yang lebih besar dari $7,77 + \frac{5}{6}$ adalah...





Alternatif Pembahasan:

Untuk menentukan bilangan pecahan yang lebih besar dari $39 \% + 3\tfrac{4}{5}$, umumnya yang pertama kita lakukan adalah menghitung nilai $7,77 + \frac{5}{6}$ yang menjadi patokan, lalu menghitung bilangan pecahan pada pilihan.

Untuk soal bisa kita tidak perlu hitung, karena di pilihan hanya ada satu bilangan yang lebih besar dari $7,77 + \frac{5}{6}$, kita bisa lakukan perbandingan ke angka yang mungkin jadi lebih besar.

Kita pilih sebagi pembanding $\frac{12}{13} + 7,79$. Dari ketidaksamaan $7,77 \lt 7,79$ dan $\frac{5}{6} \lt \frac{12}{13}$ sehingga $\frac{5}{6} + 7,77 \lt \frac{12}{13}+7,79$.

Ingat bilangan pecahan spesial ini jika kita urutkan dari yang terkecil ke terbesar $\frac{1}{2},\frac{2}{3},\frac{3}{4},\frac{4}{5},\frac{5}{6},\frac{6}{7},\frac{7}{8},\cdots$, sehingga $\frac{5}{6} \lt \frac{12}{13}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \frac{12}{13} + 7,79$

12. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Selembar kertas kado memiliki ukuran $60\ \text{cm} \times 40\ \text{cm}$. Jika untuk membungkus $4$ kotak kardus yang berukuran sama membutuhkan kertas seluas $7.200 \ \text{cm}^{2}$, jumlah lembar kertas yang dibutuhkan untuk membungkus $12$ kotak kardus adalah...





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal, untuk membungkus $4$ kotak kardus membutuhkan kertas seluas $7.200 \ \text{cm}^{2}$ sehingga untuk $12$ kotak membutuhkan $7.200 \ \text{cm}^{2} \times 3=21.600 \ \text{cm}^{2}$.

Satu lembar kertas setidaknya bisa menutupi daerah seluas $60\ \text{cm} \times 40\ \text{cm}=2.400 \ \text{cm}^{2}$, sehingga untuk menutupi daerah $12$ kotak setidaknya dibutuhkan $21.600 \ \text{cm}^{2} \div 2.400 \ \text{cm}^{2} = 9$ lembar.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 9\ \text{lembar}$.

13. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Jumlah penjualan penggaris di sebuah toko selama lima hari berturut-turut adalah $10$, $12$, $15$, $19$, dan $24$. Sementara itu, jumlah penjualan penghapus untuk lima hari yang sama adalah $10$, $8$, $11$, $9$, dan $12$. Jika tren penjualan tersebut bersifat konstan, berapa jumlah penjualan penggaris dan penghapus pada hari keenam?





Alternatif Pembahasan:

Dari kedua data penjualan toko selama lima hari berturut-turut yang diberikan, banyak penjualan penggaris dan penghapus pada kedua kebun binatang seperti membentuk sebuah pola bilangan.

  • Pengaris: $10$, $12$, $15$, $19$, $24$ polanya adalah $+2$, $+3$, $+4$, dan $+5$ sehingga hari ke-6 adalah $24+6=30.$
    contoh soal tps snbt
  • Penghapus: $10$, $8$, $11$, $9$, $12$ polanya adalah $-2$ dan $+3$ sehingga hari ke-6 adalah $12-2=10$.
  • contoh soal tps snbt

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 30\ \text{penggaris}\ 10\ \text{penghapus}.$

14. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

$A$ akan melakukan perjalanan ke Kota $X$ dengan mempertimbangkan beberapa kondisi berikut.
  • Jika kondisi lalu lintas mendukung, waktu tempuh lebih singkat $\frac{1}{10}$ kali.
  • Jika memilih jalur yang tepat, waktu tempuh lebih singkat $\frac{1}{8}$ kali.
  • Jika kondisi fisiknya prima, waktu tempuh menjadi $85 \%$ lebih singkat daripada waktu normal.
  • Jika makan siang di perjalanan, waktu tempuh bertambah $15 \%$.
Manakah di antara pilihan berikut ini yang memberikan kemungkinan $A$ menempuh waktu PALING SINGKAT?





Alternatif Pembahasan:

Untuk mempermudah perhitungan perjalanan lebih singkat, kita samakan satuan perhitungan lebih cepat dalam persen, menjadi seperti berikut ini.

  • Jika kondisi lalu lintas mendukung, lebih singkat $10 \%$.
  • Jika memilih jalur yang tepat, lebih singkat $12,5 \%$.
  • Jika kondisi fisiknya prima, lebih singkat $15 \%$

Agar perjalanan ke Kota $X$ lebih singkat maka yang perlu dipertimbangkan adalah Pencairan anggaran dan pengalaman pekerja.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(E)$ Jalur perjalanan dan kondisi fisik.

15. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Karyawan $A$ mendapatkan gaji minimal $\text{Rp} 840.000,00$ per minggu. Karyawan $B$ mendapatkan gaji antara $\text{Rp} 110.000,00$ hingga $\text{Rp}125.000,00$ per hari, tergantung dari beban kerjanya. Sementara itu, karyawan $C$ mendapatkan penghasilan harian dari pengangkutan $10$ orang per hari, dengan tarif $\text{Rp} 12.000,00/\text{orang}$.
Jika diasumsikan mereka bekerja $7$ hari seminggu, manakah pernyataan yang PALING TEPAT?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada wacana, dari ketiga orang tersebut $A,B,C$ jika kita tuliskan uang minimum dan maksimum yang mungkin diperoleh dalam seminggu atau $7$ hari seperti berikut ini.

  • $A$ pendapatan seminggu minimal $\text{Rp} 840.000,00$.
  • $B$ pendapatan antara $\text{Rp} 110.000,00$ hingga $\text{Rp}125.000,00$ per hari sehingga $7$ hari sekitar $\text{Rp} 770.000,00-\text{Rp} 875.000,00$.
  • $C$ pendapatan untuk pengangkutan $10$ orang per hari, dengan tarif $\text{Rp} 12.000,00/\text{orang}$ sehingga $7$ hari sekitar $10 \times \text{Rp} 12.000,00 \times 7$ atau $\text{Rp} 840.000,00$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Gaji karyawan A dapat setara gaji karyawan C.

16. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Grafik berikut menunjukkan data jumlah pasien positif, persentase pasien sembuh, dan pasien dirawat di ICU karena virus $X$ di sebuah rumah sakit sejak bulan April sampai dengan bulan Agustus.
Grafik berikut menunjukkan data jumlah pasien positif, persentase pasien sembuh, dan pasien dirawat di ICU karena virus X di sebuah rumah sakit sejak bulan April sampai dengan bulan Agustus
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, pada bulan apa jumlah pasien sembuh PALING BESAR?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik, pasien yang sembuh setiap bulan adalah:

  • April, $\frac{95}{100} \times 100= 95$.
  • Mei, $\frac{90}{100} \times 120= 108$.
  • Juni, $\frac{85}{100} \times 100= 85$.
  • Juli, $\frac{80}{100} \times 110= 88$.
  • Agustus, $\frac{75}{100} \times 120= 90$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \text{Bulan Mei}.$

17. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Grafik berikut menunjukkan data jumlah pasien positif, persentase pasien sembuh, dan pasien dirawat di ICU karena virus $X$ di sebuah rumah sakit sejak bulan April sampai dengan bulan Agustus.
Grafik berikut menunjukkan data jumlah pasien positif, persentase pasien sembuh, dan pasien dirawat di ICU karena virus X di sebuah rumah sakit sejak bulan April sampai dengan bulan Agustus
Berdasarkan data dalam grafik tersebut, manakah pernyataan PALING TEPAT untuk menggambarkan kondisi pasien Virus $X$ di rumah sakit tersebut pada bulan September?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada grafik yang dapat kita prediksi kondisi pasien Virus $X$ di rumah sakit tersebut pada bulan September adalah dari data yang konstan selama lima bulan, yaitu pada pasien yang sembuh selalu menurun atau yang dirawat di ICU selalu naik.

Dari pilihan yang ada yang paling tepat adalah $(C)$ Jumlah pasien Virus $X$ yang dirawat di ICU lebih besar daripada bulan Agustus.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)$ Jumlah pasien Virus $X$ yang dirawat di ICU lebih besar daripada bulan Agustus.

18. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Komputer yang mengalami serangan virus memiliki risiko terjadinya kerusakan pada sistem. Upaya mengurangi serangan virus pada komputer dapat dilakukan dengan penerapan fitur pengamanan internet. Risiko terjadinya kerusakan pada sistem komputer berkurang ketika serangan virus dapat dicegah.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?





Alternatif Pembahasan:

Pernyataan yang PASTI BENAR dari beberapa pilihan pernyataan adalah $(A)$ Risiko kerusakan pada sistem komputer berkurang jika diterapkan fitur pengamanan internet.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Risiko kerusakan pada sistem komputer berkurang jika diterapkan fitur pengamanan internet.

19. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Pada tahun $2012$, jumlah mobil listrik yang digunakan masyarakat sangat sedikit. Pada tahun $2020$, lebih banyak mobil listrik yang ditemukan di jalanan dibandingkan pada tahun $2012$.

Manakah pernyataan berikut yang PALING MUNGKIN menjelaskan perbedaan kedua kondisi tersebut?





Alternatif Pembahasan:

pernyataan yang PALING MUNGKIN menjelaskan perbedaan tahun $2012$ dan tahun $2020$ adalah $(A)$ Pada tahun $2020$, jumlah penjualan mobil lebih banyak dibandingkan pada tahun $2012$, sehingga pada tahun $2020$ lebih banyak mobil listrik yang ditemukan di jalanan dibandingkan pada tahun $2012$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)$ Pada tahun $2020$, jumlah penjualan mobil lebih banyak dibandingkan pada tahun $2012$.

20. Soal Penalaran Umum UTBK-SNBT

Harga dua buah pensil dan dua buah spidol adalah $\text{Rp} 10.000,00$. Jika pembelian dua buah pensil dan dua buah spidol ditambahkan dengan satu buah penggaris, total harganya menjadi $\text{Rp} 14.000,00$. Jika harga satuan spidol lebih daripada $\text{Rp} 3.000,00$, manakah pernyataan yang PALING TEPAT untuk menggambarkan ketiga barang tersebut?





Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal, materi ini sudah diperkenalkan saat kita belajar matematika SMP yaitu tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Diketahui "Harga dua buah pensil dan dua buah spidol adalah $\text{Rp}10.000,00$" sehingga "Harga sebuah pensil dan sebuah spidol adalah $\text{Rp} 5.000,004$".

Untuk "Harga dua buah pensil dan dua buah spidol ditambahkan dengan satu buah penggaris adalah $\text{Rp} 14.000,00$" sehingga "Harga sebuah penggaris adalah $\text{Rp} 4.000,00$".

Jika harga satuan spidol lebih daripada $\text{Rp} 3.000,00$, maka harga pensil kurang dari $\text{Rp} 2.000,00$. Pernyataan yang PALING TEPAT dari pilihan yang ada adalah Harga pensil lebih murah daripada harga penggaris.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)$ Harga pensil lebih murah daripada harga penggaris.


Catatan Pembahasan 20 Soal TPS UTBK SBMPTN 2022 Penalaran Umum (Soal Latihan TPS UTBK SNBT) - B di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.