Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Cara Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus Dari Kertas Koran Bekas

Bagaimana Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang yang Terbuat Dari Kertas

Calon Guru Berbagi Cara Bagaimana Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus yang Terbuat Dari Kertas. Ada banyak cara mengubah kertas menjadi lebih bernilai daripada kertas itu dibuang lalu dibakar. Kali ini kita coba berbagi informasi tentang membuat alat peraga dari kertas, kertas yang digunakan adalah semua jenis kertas yang tipis seperti kertas koran atau buku. Disini diambil sebagai contoh adalah kertas koran karena dapat menghasilkan ukuran yang lebih panjang dari kertas buku.

Bagaimana cara membuatnya,... sabar... kita cerita sedikit tentang alat peraga.

Dalam proses belajar mengajar menggunakan alat bantu seperti alat peraga sudah pasti memberikan nilai tambah dalam proses belajar dan peserta didik akan lebih memperhatikan jika kita gunakan media lain selain buku teks dalam proses belajar. Terkhusus dalam topik bangun ruang atau dimensi-3 kesulitan peserta didik lebih dominan adalah membayangkan bangun ruang tersebut lalu di bangun ruang tersebut terdapat bidang-bidang atau garis yang mempunyai kedudukan tersendiri.

Alat bantu pada di topik dimensi tiga ini dapat menggunakan program geogebra di komputer kita tetapi jika infokus masih barang langka di Sekolah kita maka alat peraga dari kertas ini akan sangat membantu.

Sebagai contoh pembuka kita ambil soal yang kita modifikasi dari soal Ujian Nasional IPA tahun 2007:

Diketahui sebuah kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk $ 6\sqrt{3} $, jarak bidang $ACH$ dan $EGB$ adalah...





Alternatif Pembahasan:
Dalam menyelesaiakan permasalahan tentang bangun ruang, kemampuan dasar yang harus kita miliki adalah kemampuan dalam menggambarkan bangun ruang tersebut. Disini gambar yang kita tampilkan adalah gambar dengan menggunakan program geogebra dan dengan bantuan alat peraga.

Sekarang coba kita gambar bidang bidang $ACH$ dan $EGB$ di kubus $ABCD.EFGH$

Diketahui sebuah kubus ABCD EFGH dengan panjang rusuk  6 akar 3, jarak bidang ACH dan EGB adalah

Jika kita perhatikan gambar di atas dengan dua kubus yang dibangun dengan objek yang berbeda, keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Setelah memperhatikan bidang $ACH$ dan $EGB$ di kubus $ABCD.EFGH$, agar melihat bidang ada namanya perhatikan gambar kanan, kita akan lihat kedudukan bidang $ACH$ dan $EGB$ adalah sejajar.

Jika kita lihat kubus dari sisi yang berbeda, kita akan dapat melihat bidang diagonal yaitu segi empat $BDHF$.

Diketahui sebuah kubus ABCD EFGH dengan panjang rusuk  6 akar 3, jarak bidang ACH dan EGB adalah

kita melihat sebuah persegi panjang seperti gambar di atas. Bidang $ACH$ (biru) kita lihat dari samping sehingga menjadi berupa garis (biru) begitu juga dengan bidang $EGB$ (hijau) menjadi berupa garis (hijau). Dari gambar yang menjadi jarak bidang $ACH$ dan $EGB$ adalah $KL$, sekarang tugas kita adalah mengitung panjang $KL$.

Agar berlaku secara umum kita misalkan panjang rusuk kubus adalah $a$, sehingga dapat kita tuliskan:
$\begin{align} DF &= \text{Diagonal Ruang} \\ &= \text{Panjang rusuk} \cdot \sqrt{3} \\ &= a \cdot \sqrt{3} \\ &= a\sqrt{3} \end{align}$

Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas

Berikutnya kita coba hitung panjang $DK$, dari segitiga $DMH$. $DK$ adalah tinggi segitiga $DMH$ dengan alas $MH$ dan $DH$ merupakan tinggi segitiga $DMH$ dengan alas $DM$. Dengan menggunakan teorema Pythagoras kita dapat menghitung $MH=\dfrac{1}{2}a\sqrt{6}$ dan $DH=\dfrac{1}{2}a\sqrt{2}$.

Dengan menggunakan konsep luas segitiga dapat kita tuliskan bahwa:

$\begin{align} \dfrac{1}{2} \cdot DK \cdot MH &= \dfrac{1}{2} \cdot DM \cdot DH \\ DK \cdot \dfrac{1}{2}a\sqrt{6} &= a \cdot \dfrac{1}{2}a\sqrt{2} \\ DK &= \dfrac{a \sqrt{2}}{\sqrt{6}} \\ &= \dfrac{1}{3}a\sqrt{3} \end{align}$

Dengan $DK=\dfrac{1}{3}a\sqrt{3}$ dan $FL$ dengan cara yang sama dapat kita hitung dan akan diperoleh panjangnya $\dfrac{1}{3}a\sqrt{3}$. Dengan $DK=FL=\dfrac{1}{3}a\sqrt{3}$ kita akan peroleh $KL=\dfrac{1}{3}a\sqrt{3}$.

Untuk panjang rusuk kubus $a=6\sqrt{3}$ maka jarak bidang $ACH$ dan $EGB$ yaitu $KL$ adalah $\dfrac{1}{3} \cdot 6\sqrt{3} \cdot \sqrt{3}=6\ cm$

Sebagai tambahan untuk bahan latihan terkait jarak titik ke bidang silahkan di simak catatan tentang jarak titik ke bidang.


Cara Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus Dari Kertas Koran

Sekarang kita lihat bagaimana pembuatan alat peraga dari kertas tersebut.

Langkah awalnya adalah cari kertas koran, edisi hari ini atau kemarin juga boleh dan jangan mimpi dapat koran edisi besok. Setelah dapat korannya lalu baca, kalau kita belum tahu apa yang mau dikerjakan berikutnya karena akan lebih asyik nunggu langkah berikutnya sambil baca koran dari pada sambil bahas soal seperti yang diatas.

Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas

Langkah kedua adalah dengan menggulung kertas koran tersebut sampai gulungan mempunyai diameter yang kita rasa sudah cukup, sewaktu menggulung kertas pastikan tidak ada ruang diantara kertas. Setelah kertas koran selesai digulung lalu beri lem digulungan terakhir agar kertas tidak terbuka lagi dan buatlah beberapa buah.

Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Terbuat Dari Kertas

Langkah berikutnya, untuk tahap belajar kita membangun rangka kubus jadi kita perlu 12 gulungan kertas yang ukurannya sama. Lalu gabung gulungan kertas menjadi rangka kubus dan rekatkan dengan menggunakan lem yang kualitasnya baik agar rangka bangun ruang yang kita bangun tidak lepas.

Di kelas X kita akan bertemu dengan topik jarak titik-garis-bidang dan sudut garis-bidang seperti contoh soal diatas, untuk membuat garis baru agar lebih mudah cukup gunakan lidi yang lurus seperti gambar diatas.

Secara khusus diucapkan terimakasih kepada Petrus Septo Pardede siswa SMA Negeri 2 Lintongnihuta angkatan I dan kawan-kawanya karena dengan bantuan mereka alat peraga ini dapat cepat selesai dan dapat dipergunakan.

Petrus Septo Pardede

Catatan tentang Cara Membuat Alat Peraga Rangka Bangun Ruang Kubus Dari Kertas Koran Bekas di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Jangan jadikan sekolah hanya untuk mencari nilai, tetapi bagaimana sekolah itu menjadikanmu bernilai.