Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Soal TO Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 (A)

Calon guru belajar Bahasa Indonesia dari Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024. Soal latihan ini dapat kita gunakan sebagai simulasi dalam persiapan menghadapai Ujian Sekolah (US) atau Ujian Madrasah (UM) Sekolah Dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi US (Ujian Sekolah), kalian sebaiknya meluangkan waktu untuk belajar dan mencoba soal-soal latihan. Kalian juga bisa meminta bantuan guru atau orang tua untuk menjelaskan konsep yang sulit kalian pahami. Untuk bahan latihan, soal-soal di bawah ini bisa menjadi salah satu bahan latihan.


Soal US (Ujian Sekolah) - UM (Ujian Madrasah) Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024

Soal latihan US (Ujian Sekolah) Bahasa Indonesia SD/MI kelas 6 (Enam) berikut ini, silahkan dikerjakan terlebih dahulu secara mandiri sebelum membuka buku atau sumber lain untuk melihat pembahasan soal. Setelah selesai silahkan cek jawaban. Jika hasilnya belum memuaskan silahkan dicoba lagi tes ulang.

Ayo dicoba terlebih dahulu, Sebelum melihat pembahasan soal.
Tunjukkan Kemampuan Terbaikmu!
Nama Peserta :
Tanggal Tes :
Jumlah Soal :35 soal
Petunjuk Pengerjaan Soal:
Untuk soal-soal pilihan ganda sederhana, pilihlah jawaban yang benar di antara 4 (empat) opsi jawaban yang tersedia. Apabila Kamu merasa terdapat lebih dari satu jawaban yang benar, maka pilihlah yang paling benar.

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Peningkatan jumlah gas karbon dioksida dan gas-gas polutan lain di atmosfer Bumi mengakibatkan terjadinya pemanasan global. Masalah ini berkaitan dengan peningkatan suhu di Bumi. Suhu yang kian panas menyebabkan es di kutub mencair. Jika hal ini terus berlanjut, permukaan air laut akan terus meningkat dan mengakibatkan pulau-pulau kecil tenggelam.

1. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Makna kata "kutub" dalam paragraf tersebut adalah...




2. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Sinonim kata "global" dalam paragraf tersebut adalah . . . .




3. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Aedes aegypti adalah jenis nyamuk yang membawa virus dengue. Jika seserang tergigit nyamuk jenis ini, virus dengue akan menginfeksi tubuhnya sehingga ia tertular penyakit demam berdarah dengue (DBD). Penularan virus ini biasanya terjadi pada pagi hingga sore hari, saat nyamuk Aedes aegypti aktif menggigit manusia.

Informasi tersurat yang terdapat pada paragraf tersebut adalah . . . .




4. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri atas organ-organ yang saling berkerja sama. Gangguan pada salah satu organ akan mengakibatkan organ yang lain tidak bekerja secara maksimal. Jantung merupakan organ vital karena berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika kesehatan jantung terganggu, peredaran darah tidak akan berjalan secara normal dan fungsi organ yang lain terganggu.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah . . . .




5. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Pasokan listrik pada musim penghujan sering terganggu. Hujan lebat dan angin ribut dapat menyebabkan pohon-pohon di beberapa ruas jalan tumbang dan menimpa kabel listrik. Untuk mempercepat perbaikan jaringan listrik. PLN melakukan pemadaman listrik sementara.

Ide pokok pada paragraf tersebut adalah . . . .




6. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Simpulan paragraf di atas adalah . . . .




7. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Selain berolahraga secara rutin, kita juga perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kita akan memperoleh sumber energi untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Kita pun akan terhindar dari berbagai penyakit.

Pernyataan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah . . . .




8. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Susu merupakan minuman yang bermanfaat bagi tubuh. Susu mengandung kalsium yang bermanfaat memperkuat tulang dan gigi serta mengurangi risiko tulang keropos (osteoporosis). Selain itu, susu juga mengandung protein dan vitamin yang bermanfaat menjaga kesehatan tubuh.

Jenis paragraf tersebut adalah . . . .




9. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Petani perlu mencermati fase pertumbuhan tanaman padi karena tanaman ini perlu dirawat dengan cara yang berbeda pada tiap fase pertumbuhannya. Misalnya, saat tunas dan akar mulai tumbuh, padi harus diberi air, pupuk, dan pestisida. Sementara itu, saat padi mulai menguning, media tanam harus segera dikeringkan.

Hal yang mungkin terjadi jika petani tidak mencermati fase pertumbuhan padi adalah . . . .




10. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Teks 1
Museum Nasional Indonesia terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat. Museum ini menyimpan dan memamerkan beragam benda bersejarah yang dikategorikan menjadi benda prasejarah, sejarah, arkeologi, keramik, etnografi, dan geografi. Masyarkat umum dapat berkunjung ke museum ini setiap Selasa hingga Minggu pukul 09.00-15.00 WIB.

Teks 2
Museum Fatahillah terletak di Kota Tua, tepatnya di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Museum ini mengoleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah Kota Jakarta dalam bentuk asli ataupun replika. Contohnya, benda peninggalan zaman penjajah Belanda.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah . . . .




11. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Di setiap wilayah Indonesia berkembang tari tradisional yang memiliki ciri khas atau keunikan tersendiri. Jumlah tarian tersebut tidak terhitung. Contoh tari tradisional yang sudah dikenal masyarakat, yaitu tari saman dan tari kecak.

Tari saman berkembang di Aceh. Tarian ini memiliki ciri khas pada gerakan tangan. Gerakan tangan penari mulanya bertempo lambat, tetapi lama kelamaan semakin cepat. Saat melakukan gerakan tersebut, mereka menyanyikan syair berbahasa Aceh.

Sementara itu, tari kecak berkembang di Bali. Sama seperti tari saman, sekelompok penari menampilkan tari kecak sambil duduk. Perbedaannya mereka duduk bersila membentuk lingkaran. Saat menampilkan tarian, penari menggerakkan tangan sambil berkata "Cak!" berulang-ulang.
Paragraf
Pokok Pikiran
$1$
$\cdots$
$2$
Tari saman dari Aceh
$3$
Tari kecak dari Bali
Pokok pikiran yang tepat untuk melengkapi tabel tersebut adalah . . . .




12. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Ada katak duduk sambil melotot
Menatap anak berkepala gundul
Jangan sampai beradu otot
Untuk hadapi masalah yang timbul

Isi pantun tersebut adalah . . . .




Bacalah cerita rakyat berikut untuk menjawab soal nomor 13-15!
Suatu ketika, Batin Lagoi pemimpin Suku Laut di Pulau Bintan mendengar suara tangisan bayi dari semak-semak. Ia lalu mendekati semak-semak itu. Ternyata, ada seorang bayi perempuan dis ana. Dalam hati, batin Lagoi berkata, "Anak siapa ini? Siapa yang tega meninggalkan bayi ini di sini?". Ia kemudian membawa bayi itu pulang.

Batin Lagoi mengabarkan kepada seluruh penduduk Pulau Bintan tentang bayi itu. Ia berharap ada yang mengaku sebagai orang tua bayi itu. Namun, setelah menunggu beberapa lama, tidak ada seorang pun yang mengakui bayi itu sebagai anaknya.

Akhirnya, Batin Lagoi mengangkat bayi itu sebagai anak dan memberikan nama Putri Pandan Berduri. Ia memberikan anma tersebut karena menemukan bayi itu di semak-semak pandan berduri. Batin Lagoi mendidik dan menyayangi Putri Pandan Berduri seperti anak kandungnya. Putri Pandan Berduri pun tumbuh menjadi perempuan yang berbudi luhur.

13. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Tokoh protagonis dalam cerita tersebut adalah . . . .




14. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Latar saat Batin Lagoi menemukan bayi perempuan adalah . . . .




15. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Watak tokoh Batin Lagoi dalam cerita tersebut adalah . . . .




16. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah puisi berikut!
Angin menghampiriku sepoi-sepoi
Terasa lembut dan sejuk
Seakan membawa kehidupan yang baru
Tiba-tiba tersibak rasa hampa
Aku sadar
Aku harus belajar

Makna kata bercetak miring pada puisi tersebut adalah . . . .




17. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks percakapan berikut!
Karin : "Di, kamu mahir sekali main piano."
Diana : "Wah, terima kasih pujiannya, Rin!"
Karin : "Aku juga ingin bisa main piano. Kok, kamu bisa mahir begitu, bagaimana caranya?"
Diana : "Aku dulu juga tidak terlalu mahir, aku setiap hari berlatih, lama-lama jadi terbiasa."

Simpulan dari teks percakapan tersebut adalah . . . .




18. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah cerita anak berikut!
Ada seekor anak kambing yang merasa sudah bisa menjaga dirinya. Saat sore, gerombolan kambing pulang ke peternakan. Ibu kambing memanggil anak kambing tetapi tidak dihiraukan. Ia tetap tinggal di padang rumput. Beberasa saat kemudian, ia baru menyadari gerombolan kambing sudah pergi dari padang rumput. Saat malam tiba, angin dingin membuat suara yang menakutkan membuat anak kambing bergetar.

Makna kalimat yang bercetak miring pada cerita anak tersebut adalah . . . .




Bacalah kutipan cerita anak berikut untuk menjawab soal nomor 19 dan 20!
Begitu bel sekolah berbunyi, Ferdi bergegas pulang. Ia berjalan terburu-buru. Dari tadi, ia merasa sangat lapar. Ia ingin cepat sampai di rumahnya agar dapat segera makan siang.

Di tengah perjalanan, Ferdi melihat teman sekelasnya yang bernama Doni terjatuh. Doni tampak kesakitan. Ternyata, kakinya terkilir sehingga ia kesulitan berjalan.

Ferdi ingin sekali membantu Doni tetapi arah rumah mereka berlawanan. Perut Ferdi berbunyi berkali-kali. Akhirnya Ferdi membatu Doni sambil menahan perutnya yang kelaparan.

19. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Konflik yang terjadi pada kutipan cerita anak tersebut adalah . . . .




20. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Amanat yang dapat diambil dari kutipan cerita anak tersebut adalah . . . .




Bacalah teks berikut unutk menjawab soal nomor 21-23!
Sepulang berdagang di pasar, nenek melihat seekor angsa dengan kaki terluka. Karena merasa kasihan, nenek membawa angsa itu pulang untuk diobati. Keesokan harinya, nenek berdagang kembali di pasar. Ia meninggalkan si angsa yang kakinya masih terluka sendirian di rumah. Sore hari sepulang dari pasar, nenek terkejut melihat ada banyak makanan di meja.

Hari berikutnya, nenek sengaja pura-pura pergi ke pasar untuk mengetahui siapa yang menyediakan makanan untuknya. Saat mengintip ke dalam rumah, ia melihat si angsa berubah wujud menjadi seorang putri yang cantik. Putri itu memasak makanan untuk nenek. Buru-buru nenek masuk ke rumah lalu mendekati putri itu dan berterima kasih karena sudah memasak makanan untuknya.

21. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Prediksi kejadian yang tepat berdasarkan isi kutipan cerita rakyat tersebut adalah . . . .




22. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Nilai moral positif yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut adalah . . . .




23. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Keteladanan yang patut dicontoh dari tokoh nenek adalah . . . .




24. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kalimat rumpang berikut!
Kita dapat memiliki tubuh yang sehat jika rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi dan ..., serta selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah . . . .




25. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kalimat rumpang berikut!
Kita sebaiknya menyelesaikan masalah apa pun dengan . . . .

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah . . . .




26. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks rumpang berikut!
Dila dan Dina merupakan kakak dan adik kembar identik. Sejak dalam kandungan, mereka telah bersama-sama. Dila lahir 17 menit lebih dahulu daripada Dina. Mereka sulit dibedakan karena wajahnya yang sangat mirip, ibarat . . . .

Peribahasa yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah . . . .




27. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah petunjuk acak berikut!
  1. Taburkan garam secukupnya
  2. Pecahkan satu butir telur dan masukkan isinya ke dalam mangkuk
  3. Gorenglah telur hingga berwarna kecokelatan pada kedua sisinya
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya pada wajan
  5. Kocoklah telur hingga tercampur rata dengan garam
Urutan petunjuk pembuatan telur dadar yang tepat adalah . . . .




28. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks acak berikut!
  1. Selain lembut, juga tidak pernah menyakiti hati teman.
  2. Tidak hanya denganku, dengan orang lain pun pasti mendahulukan menyapa.
  3. Temanku sangat ramah dan sopan.
  4. Dalam berbicara, suara temanku sangat lembut.
  5. Bila bertemu denganku, dia pasti menegurku.
Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah...




29. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks laporan rumpang berikut!
Fredian melakukan pengamatan di Puskesmas Sehat Sejahtera. . . . . Kegiatan itu dilakukan pada tanggal 1 Desember 2021. Hasil pengamatannya menunjukkan bahwa keadaan lingkungan di Puskesmas tersebut bersih dan rapi.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut adalah . . . .




30. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks iklan rumpang berikut!
Jagalah kualitas udara!
...
Kendaraan sehat, udara bersih!

Kalimat yang sesuai untuk melengkapi iklan tersebut adalah . . . .




31. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah cuplikan teks pidato berikut!
Teman-teman yang saya sayangi, terima kasih telah memilih saya menjadi ketua kelas. Saya akan berusaha memenuhi harapan teman-teman. Sebagai ketua kelas, saya akan menciptakan suasana kelas yang nyaman. Saya minta bantuan teman-teman untuk mewujudkannya....

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah....




32. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kalimat berikut!
Pergeseran lempeng tektonik di bawah laut […] air laut tertarik ke bawah dan kembali ke atas dengan tekanan besar.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah . . . .




33. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah kalimat berikut!
Solusi untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh hutan yang gundul adalah dengan eksploitasi atau penanaman kembali pohon.

Perbaikan kata yang bercetak miring dalam kalimat tersebut adalah . . . .




34. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Bacalah teks berikut!
Semalam Desa Puloharjo kebanjiran. Luapan air menenggelamkan seluruh permukiman padat penduduk. Seluruh penduduk mengungsi dan membuat penampungan sementara di desa tetangga yang letaknya lebih tinggi. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, tetapi harta benda di dalamnya. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Perbaikan kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah . . . .




35. Soal US-UM Bahasa Indonesia SD

Perhatikan kalimat berikut!
Sejak hari senin aktivitas Gunung bromo mengalami peningkatan.

Perbaikan ejaan pada kalimat di atas yang tepat adalah . . . .





Catatan Soal Simulasi (Try Out) Ujian Sekolah - Ujian Madrasah Bahasa Indonesia SD/MI Kelas 6 Tahun 2024 di atas sifatnya "dokumen hidup" yang senantiasa diperbaiki atau diperbaharui sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Catatan tambahan dari Anda yang dialamatkan kepada admin diharapkan dapat meningkatkan kualitas catatan ini 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.
Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu, pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apa pun untuk dimakan.
Soekarno