Ada Apa Dengan Matematika

Ajaran baru tahun ini telah di mulai, guru akan mulai hari-harinya dengan menuliskan dan menyampaikan apa yang diketahui ke sebuah papan putih atau papan hitam.

Dari tahun ajaran sebelumnya sampai sekarang guru matematika masih menemui orang-orang yang sama. orang-orang yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang menakutkan dan menyulitkan.

Secara pribadi saya tidak tahu salah dimana? kenapa siswa pada umumnya tidak terlalu suka terhadap matematika, padahal setiap hari mereka akan bertemu dengan yang namanya matematika. kelas IPA, IPS atau BAHASA pasti mempelajari matematika.

Kami coba berdiskusi kecil terhadap beberapa siswa atau dengan bahasa yang lebih sederhana bertukar pikiran kepada siswa-siswa kenapa mereka kurang paham atau tidak suka matematika. Dari hasil diskusi atau bisa dikatakan survei sederhana ini mereka dominan mengatakan bahwa dulu sewaktu di SD dan SMP guru matematika mereka itu kejam sehingga mereka ketakutan untuk belajar matematika, ada juga yang bilang matematika itu pelajaran yang sulit dan sebagainya berbagai macam alasan yang mereka berikan.
Banyak hal yang di dapat dari diskusi kecil itu, dan saya sendiri sulit menyimpulkan dimana yang harus di perbaiki untuk merubah image matematika itu, karena saya ketemu mereka sudah di SMA tetapi merubah image matematika itu adalah suatu keharusan. Agar diskusi mempunyai hasil yang bermanfaat bagi siswa-siswa tentang image matematika tersebut maka kesimpulannya harus ada. Kesimpulan yang kami ambil dari hasil diskusi itu adalah:

Matematika bukan pelajaran yang sulit dan juga bukan pelajaran yang mudah, Matematika adalah pelajaran yang menyenangkan.

Dengan menyenangi semua yang kita pelajari dan semua yang kita kerjakan, kemungkinan hasilnya lebih baik dari pada kita mengerjakannya dengan hati yang terpaksa. Meskipun kurikulum di Indonesia tentang matematika sudah sangat bagus dan guru matematika di Indonesia pintar jika siswa-siswanya tidak berusaha menyenangi matematika maka hasil dari pendidikan itu tidak akan maksimal.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Mengerjakan pembagian pecahan super keren;

You Might Also Like: