Kebiasaan Jelek Yang Bisa Bikin Otak Lemot

Anda pernah merasa kemapuan otak kita semakin menurun, mungkin kebiasaan-kebiasaan berikut ini Anda lakukan secara berlebihan. Apa saja kebiasaan yang tidak baik itu, mari kita simak satu persatu.

Nggak Mau Sarapan
Banyak orang yang nyepelein sarapan. Udah biasa nggak sarapan, yaa udah aja. Padahal kalo nggak ada makanan yang masuk ke tubuh di pagi hari bisa menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah. Hal ini berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak. Karena itu, otak juga lemot.

Makan Berlebihan
Kebalikan dari yang di atas, ternyata terlalu banyak makan juga nggak boleh. Ini bisa bikin pembuluh otak jadi mengeras. Karena itu, makanlah dalam porsi yang normal. Biasakan menahan diri dengan cara berhenti makan sebelum kamu kekenyangan. Jangan sampe udah kenyang masih nambah terus. Nanti akibatnya otak kamu juga jadi lambat mikirnya.

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Zat Gula
Kebiasaan jelek bangsa kita yang lain adalah porsi nasi dalam makanan terlalu banyak. Itu salah satu menyebabkan asupan gula terlalu banyak. Padahal terlalu banyak asupan kadar gula akan menghalangi penyerapan protein dan gizi. Tubuh jadi kekurangan nutrisi dan perkembangan otak terganggu.

Polusi Udara
Ternyata otak juga bisa terkena dampak serius akibat polusi udara. Soalnya otak adalah bagian tubuh yang paling banyak menyerap udara. Terlalu lama berada di lingkungan dengan udara berpolusi membuat kerja otak tidak efisien.

Berpikir terlalu keras ketika sedang sakit
Kadang-kadang sebagian orang merasa nggak betah tiduran aja pas lagi sakit. Mereka berusaha melakukan pekerjaan yang memeras otak. Atau ada juga yang belajar waktu badan lagi nggak fit. Ini bisa juga mengakibatkan otak nggak efektif. Sebaiknya istirahat total dan jangan forsir otak anda.

Minum Minuman Beralkohol
So pasti, minuman yang satu ini bisa bikin orang kecanduan. Bisa bikin teler sekaligus melayang dalam kenikmatan. Tapi bahayanya gede banget. Bukan cuma dapat merusak hati tapi juga otak sekaligus.

Kurang Tidur
Tidur memberikan kesempatan otak untuk istirahat. Sering melalaikan tidur membuat sel-sel otak menjadi mati kelelahan. Apalagi kalo kamu suka begadang sampe pagi. Itu amat sangat nggak baik, bukan hanya buat kesehatan secara umum, tapi juga buat otakmu. Meski begitu, jangan juga kebanyakan tidur. Soalnya kebanyakan tidur bisa membuat kamu jadi pemalas. Sebaiknya tidur 6-8 jam sehari, agar sehat dan bugar.

Menutup kepala ketika sedang tidur
Kebiasaan yang satu ini mungkin dilakukan segelintir orang aja. Tapi ini kebiasaan yang nggak bener. Yaitu tidur dengan kepala yang ditutupi. Menurut para ahli kesehatan, ini merupakan kebiasaan buruk yang sangat berbahaya. Soalnya karbon dioksida yang diproduksi selama tidur jadi terkonsentrasi. Akibatnya otak jadi tercemar. Jangan heran kalau lama kelamaan otak menjadi rusak. Akhirnya lemot juga.

Kurangnya Stimulasi Otak
Kalo tubuh lagi sehat, jangan juga otak nggak dipake buat mikir. Karena berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir bisa bikin otak menyusut dan akhirnya nggak berfungsi maksimal. Membaca, denger musik dan bermain (catur, scrabble, dll) bisa bikin otak kamu berpikir aktif dan kreatif.

Jarang Bicara
Ada pepatah yang mengatakan “diam itu emas”. Karena itu berdiam diri dan jadi pendengar yang baik dianggap sebagai perilaku terpuji. Padahal percakapan intelektual bisa membawa efek bagus buat kerja otak. Jadi jangan terlalu bangga jadi pendiam. Obrolan
yang bermutu bagus banget lho buat kesehatan dan kecerdasaran otak kamu.

Terlalu Lama Menggunakan HP
Penggunaan handphone belakangan ini dah begitu luar biasa. Mulai anak TK sampe kakek nenek sekarang udah nggak asing dengan alat
komunikasi ini. Tapi kamu tau nggak sih kalo benda ini berbahaya buat kesehatan. Soalnya gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh HP bisa bisa menghambat perkembangan otak.

Terlalu banyak menonton Televisi
Nonton tv itu emang asyik dan menyenangkan. Kadang kamu bisa lupa waktu kan kalo udah di depan pesawat televisi. Ternyata kebiasaan ini nggak bagus buat otak kita. Sebaiknya dikurangin deh waktu nonton televisinya.

dari beberapa hasil penelitian diatas mungkin ada beberapa hal yang dapat kita perbaiki. Jika ada beberapa hal yang tidak bisa kita hilangkan, ada baiknya kita melakukan olahraga otak agar kinerja otak kita dapat terjaga.

Punya anak atau saudara yang duduk di bangku SD atau SMP, coba berikan permainan tangram siapa tahu dia suka. Hasil kreativitas anak dari permainan tangram dapat diliha pada video berikut;

You Might Also Like: