Strategi Tepat Dalam Menghadapi SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN] beberapa minggu kedepan akan dilaksanakan dan SBMPTN ini adalah salah satu jalan yang terbaik untuk masuk PTN. Saat ini ada beberapa jalur untuk masuk PTN, tetapi beberapa siswa berpendapat lulus PTN lewat jalur SBMPTN katanya ‘lebih bergengsi’.

Karena masalah ‘gengsi’ ini pula banyak siswa kelas XII yang jika dilihat dari nilai sebenarnya bisa masuk PTN tetapi tidak lulus karena kalah sama strategi terhadap kawan-kawannya. Ya ‘gengsi’ dalam menempatkan pilihan pertama, pilihan kedua dan ketiga. Para siswa terlalu memaksakan diri kepada satu jurusan tertentu padahal banyak siswa lain yang kemampuannya lebih baik juga menginginkan jurusan tersebut.

Jika kejadian seperti diatas sudah terjadi, maka kita sudah kalah sebelum ujian dimulai, untuk itu teori perang Sun Tzu patut kita terapkan “Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran”

Untuk menghadapi SBMPTN ini sendiri, masing-masing dari kita punya cara atau tips tersendiri dan berikut ini kita coba berbagi beberapa tips dalam menghadapi SBMPTN. Mungkin beberapa tips berikut dapat diterapkan.

Beberapa Minggu Sebelum Pelaksanaan SBMPTN

  1. TARGET, ya kita harus tahu berapa minimal soal yang harus kamu jawab dengan benar. Setelah dapat target minimal soal benar lalu kamu sesuaikan dengan minat kamu untuk memilih jurusan di universitas tujuan dan jangan lupa perhatikan juga tingkat perekonomian orang tua.
  2. DISIPLIN WAKTU, penggunaan waktu dengan baik sangat penting karena ujian SBMPTN hanya hitungan hari dan semakin dekat. Membagi waktu belajar topik-topik mata pelajaran harus diatur dengan baik. Sangat dianjurkan mencoret jadwal ngumpul tidak jelas sama teman-teman apalagi sama pacar. Jika harus kumpul untuk diskusi belajar bersama maka kelompok diskusi tidak lebih dari 5 orang dan dilakukan di rumah bukan di café.
  3. KESEHATAN, menjaga kondisi tubuh tetap sehat sampai pelaksanaan SBMPTN, jangan sampai persiapan yang sudah sangat baik semuanya hancur berantakan hanya karena pada saat ujian demam atau batuk. Jadi jaga kesehatan dengan menambahkan jadwal olahraga ringan dan makan makanan bergizi.
  4. OPTIMIS, tetap optimis bahwa kamu mampu dan bisa membahagiakan dirimu terkhusus membahagiakan orangtuamu dengan masuk PTN.

Satu Hari Sebelum Pelaksanaan SBMPTN


  1. Persiapkan semua peralatan ujian, kartu peserta, alat tulis dan siapkan jam tangan untuk mengatur pembagian waktu pada saat ujian.
  2. Pastikan kamu telah melihat lokasi ujian pada H – 1 SBMPTN, untuk para siswa dari luar kota tempat ujian pastikan kamu telah mengetahui angkot yang sampai ke tempat ujian jika kamu naik angkot ke tempat ujian.
  3. Tinggalkan semua buku-buku tebalmu yang beberapa terakhir adalah sahabatmu, sisakan catatan-catatan ringan saja.
  4. Berdoa dan meminta doa kepada orang-orang disekitarmu terkhusus doa ibu. Kalau boleh tuliskan doamu pada catatan ringan yang kau persiapkan sebelumnya.
  5. Istirahat yang cukup sangat baik, juga agar tidak terlambat bangun pada esok harinya. Perasaan degdegan mungkin timbul ketika malam hari sebelum ujian sehingga kita tidak mengantuk, jadi tetap coba untuk tidur meskipun tidak mengantuk.

Pada Hari Pertama Pelaksanaan SBMPTN


  1. Berangkat sepagi mungkin jangan sampai terlambat, ada baiknya kita sudah sampai lokasi ujian 30 menit sebelum ujian dimulai. Terkhusus yang naik angkot, berangkatlah lebih pagi apalagi jika jalur lokasi ujian di tengah kota yang rawan macat.
  2. Saat masuk ruangan siapkan segala peralatanmu di atas meja termasuk nomor ujian.
  3. Fokuskan pikiranmu sejenak ketika ujian siap dimulai dan berdoalah.
  4. Pastikan sebelum kau mulai menjawab soal baca petunjuk dengan baik dan pastikan juga lembar soal halamannya lengkap tidak ada yang kosong atau hilang.
  5. Mulailah bekerja dengan strategi yang telah direncanakan dan kerjakan soal termudah terlebih dahulu dengan melakukan scanning.
  6. Jangan terpaku pada soal yang sulit, kamu harus disiplin waktu. Jika ada waktu sisa sempatkan membahas soal-soalnya kembali.
  7. Pada 3 – 5 menit sebelum LJK dikumpulkan pastikan identitas sudah isikan dengan benar.
  8. Setelah LJK dikumpulkan berdoalah sejenak, langsung pulang ke rumah tanpa berdiskusi dengan teman tentang soal-soal yang baru selesai diujikan dan persipakan diri untuk ujian hari kedua.

Selesai Pelaksanaan SBMPTN

  1. Saat ini adalah waktu yang paling baik untuk berdoa kepada Tuhan dengan tetap optimis karena keajaiban Tuhan terjadi bersama hamba-Nya yang berusaha.
  2. Bagi kamu yang siap menerima hasil dapat memeriksa kertas ujian dengan mencocokkan kunci jawaban yang biasanya dikeluarkan oleh bimbingan-bimbingan.

Selamat menngikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri [SBMPTN], dan jika masih memungkinkan tidak ada salahnya untuk mengikuti ujian masuk PTN lainnya.

Video pilihan khusus untuk Anda 💗 Everything Starts With A Dream;

You Might Also Like: