Perkembangan Bilangan Prima Terbesar [2016], Panjangnya 22 Juta Digit Lebih

Masih ingat dengan bilangan prima? pada bangku sekolah sejak Sekolah Dasar kita sudah dikenalkan dengan bilangan prima. Istilah matematika tersebut mengacu pada bilangan asli lebih besar dari angka 1, yang hanya bisa dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.

Pada cerita sebelumnya Perkembangan Bilangan Prima Terbesar telah disampaikan bahwa bilangan prima terbesar adalah 2^57.885.161 jangan lupa kurangi dengan angka satu dan ditemukan tanggal 25 Januari 2013.

Tetapi setelah membaca artikel "Bilangan Prima Terbesar Panjangnya 22 Juta Digit" pada website nextren.com seakan membuka mata kita bahwa orang-orang yang mencintai matematik tidak berhenti menelusuri indahnya matematika itu.

Artikel "Bilangan Prima Terbesar Panjangnya 22 Juta Digit" pada laman nextren.com juga menambahkan artikel di kutip dari bbc.com.

Kembali kepada istilah bilangan prima itu sendiri, istilah matematika tersebut mengacu pada bilangan asli lebih besar dari angka 1, yang hanya bisa dibagi dengan 1 dan bilangan itu sendiri.

Setelah angka 2,3,5,7,11, dan seterusnya yang umum diajarkan di sekolah dulu, seberapa banyak persisnya bilangan prima yang ada? Secara teroritis, jumlahnya tak terhingga.

Namun, kita bisa terus menelusuri dan “menemukan” bilangan prima baru yang dengan angka lebih banyak dari sebelumnya. Itulah yang dilakukan oleh Dr. Curtis Cooper di University of Central Missouri.

Laporan BBC yang dirangkum Nextren, Sabtu [23/1/2016], menyebutkan bahwa riset komputer Dr. Cooper menemukan bilangan prima terbesar yang pernah ada sejauh ini.

Seberapa besar? Sungguh tak terbayangkan. Panjangnya saja lebih dari 22 juta angka [digit] atau lima juta digit lebih panjang dibanding bilangan prima terbesar yang ditemukan sebelumnya.

Dalam rumus matematika, bilangan prima temuan Dr. Cooper tersebut ditulis sebagai $2^{74.207.281}-1, atau “dua pangkat 74.207.281, minus satu".

Penemuan sang bilangan prima terbesar ini adalah bagian dari Great Internet Marsenne Prime Search [GIMPS], sebuah upaya global untuk menemukan bilangan-bilangan prima besar.

Proyek GIMPS telah menemukan 15 bilangan prima terbesar dalam 20 tahun terakhir.

Lalu, apa gunanya bilangan-bilangan prima besar? Mereka biasa dipakai di enkripsi komputer, tetapi itu pun panjangnya biasanya hanya ratusan digit, bukan jutaan.

Pihak GIMPS sendiri menyatakan bahwa bilangan prima terbesar kali ini terlalu panjang untuk bisa diterapkan dalam penggunaan praktis sehari-hari.

Meski begitu, proses komputer untuk mengkalkulasi bilangan prima ini biasanya sangat intensif dan bisa menemukan bug tertentu pada hardware prosesor.

GIMPS akan terus berusaha mencari bilangan prima yang lebih panjang lagi. Entah sepanjang apa bilangan prima terbesar berikutnya.

You Might Also Like: