Skip to main content

Cara Ampuh Mengembalikan Akun Gmail Jika Lupa Pasword

Cara Ampuh Mengembalikan Akun Gmail Jika Lupa PaswordBerawal dari laptop yang hang tidak tertolong lagi dengan pengetahuan komputer saya yang sangat minim. Saya coba bawa ke tukang service komputer yang sudah sangat terkenal di kabupaten kami ini.

Setelah sampai ke tempat service, ok bang nanti diambil jam 2 siang kami coba perbaiki, seru lae itu si tukang service komputer.

Setelah sekitar jam 2 siang sms datang memberitahu bahwa laptop sudah bisa diambil. Lega juga baca sms-nya, karena laptop sudah bisa dipakai sehingga tidak perlu keluar biaya lebih banyak. Karena perkiraan awal bakal ganti harddisk, ternyata harddisk nya masih sehat meskipun sudah sedikit batuk-batuk.

Sampai di tukang service, nyalakan laptop dan eng ing eng, laptop bisa hidup... tapi data katanya tidak bisa diselamatkan [kata lae tukang service tanpa merasa berdosa]. Hanya diam seribu satu bahasa karena diam seribu bahasa sudah biasa.

Untuk kedua kalinya saya harus kehilangan data sekitar 150GB, data yang tidak terbackup dengan baik di harddisk eksternal karena tidak ada ruang lagi untuk data baru.

Instal ulang laptop dan kehilangan data yang lumayan banyak membawa cerita baru. Dari sebagian data yang hilang adalah file tempat menyimpan pasword-pasword yang sudah lama atau yang baru saja dirubah. Maklumlah kalau para blogger itu biasanya akunnya akan ramai, berbagai akun itu dimiliki para blogger. Ada akun yang penting dan akun main-main sehingga pasword tidak bisa lagi dihapal di dalam kepala tetapi jadi dibuatlah di luar kepala.

Salah satu akun yang paling penting adalah akun gmail karena akun gmail ini adalah satu akun untuk banyak keperluan. Singkat cerita saya tidak bisa buka gmail di laptop karena browser yang bisa saya pakai dan menyimpan sandi, baru saja di instal ulang. Kegiatan ngeblog otomatis terhenti karena tidak bisa masuk juga ke blogger.

Langkah-langkah umum yang biasa muncul ketika 'lupa pasword' adalah memilih 'lupa pasword' dan kita akan disuguhkan dengan pertanyaan-pertanyaan yang semestinya bisa kita jawab. Antara lain:
  • "Enter the last password you remember using with this Google Account" dengan Bahasa Indonesia sehari-hari dapat kita katakan "Masukkan pasword terakhir yang diingat untuk google akun ini". Jadi kita diminta memasukkan pasword yang terakhir kita ingat.
  • "Confirm the phone number you provided in your security settings" pada pertanyaan kedua ini kita diminta memasukkan nomor hanphone yang kita gunakan untuk pengaturan keamanan. Kalau akun kita sebelumnya punya nomor handphone cadangan maka pertanyaan seperti yang kedua ini akan muncul dua kali.
  • "When did you create this Google Account?" pertanyaan paling sulit biasanya ada pada sesi ini yaitu "Kapan google akun ini Anda buat?". Menjadi catatan penting bagi kita yang mempunyai akun gmail, yaitu kita harus simpan dengan baik tanggal akun diciptakan, karena menjadi pertanyaan penting ketika kita lupa pasword. Untuk menceknya, coba lihat email masuk ucapan selamat datang dari pihak email kita mendaftar.
  • "Enter an email you can check now" Masukkan email yang bisa kita buka, ini juga menunjukkan bahwa kita tidak cukup hanya punya satu email saja, karena untuk mengembalikan email yang hilang juga diminta email yang bisa kita buka. Jadi untuk jaga-jaga buatlah satu email tambahan atau email teman yang juga menganggap kita teman
  • Setelah langkah-langkah diatas kita lakukan maka pihak gmail akan mengirim kode ke email yang kita masukkan [*silahkan cek email] dan masukkan kode ke tempat yang telah disediakan.
  • Jika ada masalah dengan langkah-langkah yang sudah kita lakukan atau ada data yang kita isikan tidak benar, maka pihak gmail akan mengatakan "google couldn't verify this account belongs to you" atau "google tidak dapat memverifikasi bahwa akun ini milik anda".
  • Jika tidak ada masalah dengan langkah-langkah yang sudah kita lakukan dan data yang kita isikan benar, maka pihak gmail akan melakukan verifikasi terhadap permintaan kita untuk mereset pasword dalam waktu 3-5 hari.

Setelah beberapa hari menunggu, email yang dinantikan akan datang, tetapi belum menjanjikan bahwa akun gmail kita akan kembali. Berdasarkan pengalaman sendiri dan kawan yang pernah mengalami bahwa langkah-langakah diatas sering tidak berhasil, tetapi tidak ada salahnya Anda coba.

Tetapi langkah penting untuk menjaga akun gmail kita dari kelupaan yang namanya pasword adalah melakukan pengisian langkah-langkah diatas dari handphone yang sering kita gunakan sebelumnya. Jika memungkinkan silahkan melakukan permintaan perubahan pasword dari lokasi yang sering kita tandai pada handphone.

Sebagai tambahan juga, alangkah baiknya jika di handpone kita jika masih berbasis android di instal aplikasi yang direkomndasikan oleh google. Seperti aplikasi gmail, youtube, atau google chrome sehingga jika kita kelupaan pasword perangkat sudah otomatis dikenali oleh pihak gmail.

Pesan penutup, simpanlah pasword Anda dengan baik pada buku khusus, dan beritahu kepada orang yang Anda cintai bahwa pasword akun-akun Anda ada di buku itu. Agar Anda tidak mendapatkan surat cinta dari gmail seperti yang sudah saya dapat dibawah ini.
Cara Ampuh Mengembalikan Akun Gmail Jika Lupa Pasword

Video pilihan khusus untuk Anda, Siswa-siswa kreatif ini berkreativitas melalui PBB;
youtube image

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan yang berhubungan dengan "Cara Ampuh Mengembalikan Akun Gmail Jika Lupa Pasword" 😊 and thank you for your concern in support of blog
Buka Komentar
Tutup Komentar