Skip to main content

Mungkin Ini Tips Belajar Matematika Yang Cocok Untuk Anda, Silahkan Dicoba!

Catatan calon guru kali ini coba menyimpan Tips Belajar Matematika yang di tulis langsung oleh siswa, jadi tips ini berasal dari pelakunya langsung yang sudah mencoba dan berhasil.

Karena teman kita sudah mencobanya dan berhasil, tidak ada salahnya dibaca dan dicoba beberapa tips belajar matematika berikut ini. Mungkin tidak bisa langsung semua diterapkan, pastinya butuh proses, namanya juga belajar. Tetapi beberapa tips belajar matematika ini sangat mudah untuk dilakukan.

Sebelumnya sudah pernah kita share beberapa tips belajar, antara lain:

Jika beberapa tips di atas yang sebelumnya kita diskusikan belum berhasil, mungkin Tips Belajar Matematika berikut ini cocok untuk Anda.

1). Mengaitkan Matematika Dengan Kenyataan

Maksudnya menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya saat melihat roda kendaraan seperti mobil, sepeda motor dan sebagainya kita mengingat pelajaran tentang lingkaran. Kita bisa mengingat rumus luas lingkaran, keliling lingkaran, berapa rpm mesinnya.

Saat berbelanja kita bisa menerapkan penghitungan bilangan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dll. Dengan cara seperti itu kita akan menyadari bahwa matematika itu nyata dan berguna dalam kehidupan sehari-hari. Jadi bukan sekedar doktrin yang dipaksakan dan harus dihafalkan.

2). Latihan Memahami Konsep

Saat belajar di Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) kadang kita diajari rumus cepat. Kadang ada trik-trik, atau bahkan sulap dan permainan matematika. Kalau kita hanya mengikuti cara itu maka kita akan harus menghafalkan banyak rumus cepat dan trik kilat tapi kita takkan tahu kenapa rumus dan trik itu bekerja dan bagaimana cara kerjanya.

Lebih bahaya lagi kita tidak tahu batasannya, jadi bisa-bisa kita menggunakan satu rumus untuk soal yang berlainan dan pastinya hasilnya akan salah. Misalnya rumus cepat deret bilangan asli digunakan untuk barisan bilangan bertingkat dua, jelas hasilnya akan salah karena rumusnya berbeda.

Untuk itu yang dibutuhkan tidak hanya rumus cepat, tapi konsep yang mendasarinya. Konsep dasar itu yang merangkum dan mengumpulkan semua rumus dalam rumus utama. Konsep dasar itu mengumpulkan, menyatukan, menghubungkan dan menjelaskan semua ruang lingkup dan batasan penggunaan rumus. Kalau kita memahami konsep dasarnya kita akan paham semua turunannya, semua trik cepatnya bahkan kita bisa membuat rumus sendiri biar kita lebih mudah mengerjakannya.

3). Latihan Mengerjakan Soal

Matematika bukan pelajaran bacaan. Matematika tidak sama dengan Ilmu Bahasa, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah dan semacamnya. Matematika tidak bisa dipahami hanya dengan cara membaca, tapi harus mengerjakan banyak latihan dan soal. Dengan cara begitu pikiran kita akan terlatih, kita akan terbiasa dengan soal-soal model apapun. Kebiasaan itu akan melatih pikiran kita agar berpikir cepat, tahu apa yang dicari, tahu apa yang diketahui serta cara mencarinya.

4). Jangan Lupa Kerjakan PR Kamu.

PR adalah sarana latihan mandiri yang diberikan guru supaya belajar di rumah. Jadi belajarnya tidak hanya di sekolah, tapi di rumah juga. Cara itu untuk memastikan kamu belajar di rumah. PR akan diperiksa oleh guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pemahaman kamu terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Sebagai tambahan, setelah mengerjakan PR periksalah dulu PR-mu agar tahu mana yang benar dan mana yang salah. Yang benar dipertahankan sedangkan yang salah diperbaiki, cara itu akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan kamu dan upaya kamu memperoleh nilai yang tinggi.

5). Belajar Setiap Hari

Belajar setiap hari ini perwujudan dari latihan mengerjakan soal. Sebaiknya kita belajar setiap hari. Belajar setiap hari akan melatih ketekunan. Ketekunan itu perlahan-lahan akan melatih kemampuan pikiran kita. Kalau belajar setiap hari maka kita belajar sedikit demi sedikit. Pikiran kita takkan terbebani oleh materi yang terlalu banyak.

Jangan ikut gaya belajar sistem kebut semalam. Cara itu akan membebani pikiran kita dengan begitu banyak tuntutan. Tuntutan materi yang banyak, waktu yang padat, target ujian keesokan harinya dll. Cara belajar SKS akan membuat stress kita sendiri.

6). Baca Buku Pelajaranmu

Kadang kala guru tidak masuk kelas, atau guru masuk dan menjelaskan tapi kamu belum paham. Untuk keadaan seperti itu kamu bisa membaca bukumu. Buku bisa menjelaskan lebih banyak dan runtut daripada guru karena bisa saja guru dibatasi oleh jam pelajaran sedangkan buku tidak. Di buku kamu bisa mendapatkan penjelasan lebih banyak. Ada istilah-istilah, contoh-contoh bahkan tambahan. Kadang tambahan itu bagian yang menarik seperti teka-teki, asal mula penemuan teori matematika tersebut, asal mula rumusnya, penerapannya, berita teknologi dsb.

7). Aktif di Dalam Pelajaran

Selalu hadirlah dalam pelajaran. Jangan suka absen, apalagi bolos. Kalau rajin hadir kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan dan penjelasan dari gurumu. Pengetahuan itu akan berguna untuk mengerjakan soal latihan, PR atau ujian nantinya. Kalau tidak masuk, tidak mungkin bisa dapat semua itu kan?

Tidak hanya hadir, lebih baik dengarkan penjelasan guru dengan seksama. Fokus pada apa yang sedang diterangkannya, jangan disambi melakukan yang lain, melirik kanan kiri, bermain HP atau semacamnya. Ingatlah, penjelasan guru juga penting, penjelasan itu bisa melengkapi apa yang tidak ada di buku. Buku memang berisi banyak hal, tapi tidak ada salahnya kalau ditambahi oleh penjelasan guru kan?

Usahakan tidak melamun atau memperhatikan yang lain di dalam pelajaran, dalam memperhatikan guru juga jangan banyak bicara! lebih baik diam memperhatikan. Kalau banyak bicara akan sulit memperhatikan guru, kalau nanti guru bertanya terus bagaimana kita menjawabnya kalau tidak memperhatikannya?

Usahakan tidak membicarakan hal-hal yang lain selama pelajaran, hal-hal lain sebaiknya dibicarakan di luar jam pelajaran, pada jam istirahat misalnya, atau sepulang sekolah. Dengan begitu kita bisa fokus dan konsentrasi pada pelajaran, bisikan-bisikan atau pertanyaan teman selain pelajaran sebaiknya diabaikan saja.

8). Pelajari Sisi Lain Matematika

Misalnya pelajari biografi para ahli matematika. Dari situ kita akan mempelajari kehidupan mereka, ide-ide mereka dan pengaruh mereka bagi kehidupan masyarakat dan dunia. Kita juga akan mendapatkan pengetahuan tentang penerapan matematika dalam kehidupan. Tahukah kamu kalau komputer lahir dari usaha matematika pada masa perang dunia kedua? tanpa matematika tak ada komputer, telepon, internet bahkan gadget-gadget canggih zaman sekarang.

Mempelajari sisi lain matematika misalnya bisa berupa permainan matematika, teka-teki, sejarah perkembangan matematika dll. Jadi pengetahuan dan wawasan kita bisa jadi banyak. Kita tidak hanya mengerjakan soal latihan tapi bisa menemukan cerita yang menawan tentang dunia. misalnya penemuan akar kuadrat bilangan dua, yang melahirkan bilangan irasional, menghancurkan pandangan bahwa dunia ini sepenuhnya rasional.

9). Berdiskusi Dengan Teman

Ada kalanya saat belajar kita menemukan kesulitan. Kita coba beberapa kali tapi belum berhasil juga. saat seperti itu jangan berhenti belajar atau meninggalkannya, tapi cobalah meminta bantuan orang lain. Salah satunya dengan berdiskusi dengan teman, dengan berdiskusi, kita saling bertukar pikiran. Kita bertanya kepada mereka, mereka kalau bisa akan tunjukkan jawabannya. Yang kita cari bukan hasil akhirnya, tapi cara dan prosesnya. Sebab caranya selalu tetap, tapi hasil akhir akan berubah tergantung soalnya. Kalau hanya tahu jawaban dan hasil akhir, saat soalnya diubah maka kita takkan bisa tahu jawabannya. Tapi kalau paham caranya, mau soalnya diganti seperti apapun juga kita akan bisa karena kita paham caranya.

10). Bertanya Kepada Guru

Kalau teman tidak bisa membantu — mungkin karena mereka sama-sama belum bisa juga — kita bisa bertanya kepada guru. Biasanya saat pelajaran setelah guru menerangkan guru memberikan kesempatan bagi murid-murid untuk bertanya. Saat itu kita bisa bertanya tentang materi yang belum jelas, dengan percaya diri, kita bisa bertanya kepada guru. Guru akan menjelaskan jawabannya, jawaban itu akan berguna tidak hanya bagi kita sendiri tapi juga bagi semua teman sekelas kita. Nilai positif kita sendiri juga akan naik.

Bertanya kepada guru bisa dilakukan tidak hanya di dalam kelas, tapi juga di luar kelas, di dalam kelas waktu pelajaran sedangkan di luar kelas misalnya di kantor guru, kantin, perpustakaan, di rumah guru atau tempat-tempat umum. Bebaskan dirimu untuk bertanya kepada guru di mana pun kamu dan gurumu bisa.

11). Rajin Beribadah dan Berdoa

Bagaimanapun kita berusaha, Tuhan pasti terlibat. Kalau kita berhasil, itu karena pertolongan Tuhan. Sedangkan kalau gagal itu karena pelajaran dari Tuhan karena kita mengabaikan-Nya, jauh dari-Nya, dan berbuat sesuatu yang dimurkainya. Oleh karena itu kalau ingin berhasil, libatkan Tuhan. Caranya dengan terus beribadah dan berdoa memohon keberhasilan, pemahaman, ditambahkan ilmu yang baik.

Semoga dengan itu nilai kita meningkat, ilmu kita bertambah dan bermanfaat, kita pun bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga orang lain.

Itulah tips belajar matematika dariku. bagaimana menurut kalian? siapkah kalian menerapkannya ke dalam kehidupan kalian? semoga nilai matematika kalian jadi lebih baik, hidup kalian jadi lebih mudah dan lebih indah😊CMIIW.

Jangan Lupa Untuk Berbagi πŸ™Share is Caring πŸ‘€ dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Jika kalian ingin berkenalan kepada yang membuat tips belajar matematika ini kalian bisa berkenalan melalui facebooknya Fino Saputra.

Video pilihan khusus untuk Anda 😊 Matematika disajaikan dengan sangat kreatif
youtube image

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar atau pertanyaan yang berhubungan dengan "Mungkin Ini Tips Belajar Matematika Yang Cocok Untuk Anda, Silahkan Dicoba!" 😊 and please for your concern in supported of defantri.com
Buka Komentar
Tutup Komentar