Gk7qp1DNYQGDurixnE7FWT3LyBvSK3asrvqSm057
Bookmark

Buku Panduan Guru Untuk PAUD Kurikulum Merdeka - Sekolah Penggerak

Calon Guru berbagi file Buku Panduan Guru Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kurikulum Merdeka - Sekolah Penggerak, sebelumnya buku ini hanya dipakai oleh sekolah yang mendapat predikat Sekolah Penggerak (SP).

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Bapak Maman Fathurrohman, S.Pd.Si., M.Si., Ph.D. sebagai pengantar pada Buku Panduan Guru Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengatakan Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mempunyai tugas penyiapan kebijakan teknis, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kurikulum serta pengembangan, pembinaan, dan pengawasan sistem perbukuan.

Saat ini, Pusat Kurikulum dan Perbukuan mengembangkan kurikulum beserta buku teks pelajaran (buku teks utama) untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang mengusung semangat merdeka belajar.

Adapun kebijakan pengembangan kurikulum ini tertuang dalam Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 958/P/2020 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan dan guru untuk mengembangkan potensinya. Untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum tersebut, diperlukan penyediaan buku teks pelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

Buku teks pelajaran merupakan salah satu bahan pembelajaran bagi siswa dan guru. Pada tahun 2021, kurikulum dan buku teks pelajaran untuk Satuan PAUD ini akan diimplementasikan secara terbatas di Sekolah Penggerak. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1177/M/2020 tentang Program Sekolah Penggerak.

Tentunya umpan balik dari guru, orang tua, dan masyarakat di Sekolah Penggerak sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan kurikulum dan buku teks pelajaran ini.

Ditambahkan lagi pada website Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan disampaikan, sebagai bagian dari program Merdeka Belajar, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) merancang model pembelajaran dengan paradigma baru yang diterapkan secara terbatas di Sekolah Penggerak (SP) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK).

Bersama pendidik, akademisi, dan praktisi dari berbagai institusi, Kemendikbudristek telah menyusun buku teks pelajaran untuk mendukung implementasi pembelajaran paradigma baru di SP dan SMK PK. Versi digital buku-buku tersebut dapat diakses di halaman ini.

Sebagai bagian dari proses perbaikan berkelanjutan, Kemendikbudristek mengundang para guru, kepala sekolah, dan murid di SP dan SMK PK untuk memberi umpan balik terkait buku-buku teks ini. Umpan balik dapat disampaikan melalui surat elektronik di alamat buku@kemdikbud.go.id.

Semoga buku-buku ini membantu meningkatkan mutu pembelajaran Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).


Buku Panduan Guru Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kurikulum Merdeka - Sekolah Penggerak

  1. Buku panduan guru Belajar dan Bermain Berbasis Buku 📥 Download File
  2. Buku panduan guru Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri 📥 Download File
  3. Buku panduan guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM 📥 Download File
  4. Buku panduan guru Pengembangan Pembelajaran 📥 Download File
  5. Buku panduan guru Proyek Profil Pelajar Pancasila 📥 Download File

Catatan tentang Buku Panduan Guru Untuk PAUD Kurikulum Merdeka - Sekolah Penggerak di atas agar lebih baik lagi perlu catatan tambahan dari Anda. Untuk catatan tambahan atau hal lain yang perlu diketahui admin, silahkan disampaikan dan contact admin 🙏 CMIIW.

JADIKAN HARI INI LUAR BIASA!
Ayo Share (Berbagi) Satu Hal Baik.

Pekerjaan-pekerjaan kecil yang selesai dilakukan lebih baik daripada rencana-rencana besar yang hanya didiskusikan.
Peter Marshall