Cara Menghindari Hoax dari Internet yang Paling Ampuh

Menjadi momok menakutkan bagi para penjelajah internet, inilah berbagai cara menghindari hoax. Cara Menghindari Hoax dari Internet yang Paling Ampuh
Menjadi momok menakutkan bagi para penjelajah internet, inilah berbagai cara menghindari hoax
Sebagai seseorang yang akrab dengan internet, pernahkah kamu membaca atau mendengar satu informasi yang kamu percayai namun ternyata informasi tersebut hoax? Lalu sebenarnya apakah hoax tersebut dan bagaimana cara menghindarinya?.

Hoax menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti informasi atau berita bohong yang tidak bersumber. Pada dunia jurnalistik, Berita bohong adalah berita yang tidak benar dan dapat berakhir pada kasus pencemaran nama baik. Maka dari itu, suatu berita bohong sangat terkecam sampai dapat terjerat Pasal 45A ayat (1) UU ITE, dimana dituliskan bahwa "setiap orang yang sengaja menyebarkan berita bohong dan mengakibatkan kerugian konsumen bisa dikenakan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda maksimal Rp 1 miliar.".

Akibat Negatif dari Hoax


Anda wajib mengetahui akibat negatif yang ditimbulkan dari Hoax, agar lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial, berikut beberapa dampaknya:


  1. Membuang Waktu

    Bayangkan jika anda mempercayai suatu informasi yang anda dengar atau lihat pada jaringan internet dan ternyata hal tersebut tidak nyata.

  2. Membuang Uang

    Beberapa berita palsu dapat merugikan anda dalam hal financial. Contohnya, jika anda dihubungi oleh seseorang dengan tujuan meminta uang tebusan demi sebuah hadiah, dan anda menyetujuinya. Namun kemudian anda merugi karena berita tersebut hanyalah hoax.

  3. Menimbulkan Kepanikan

    Salah satu contohnya adalah anda mendapat informasi bahwa ada penculikan di sekitar rumah anda. Hal tersebut menimbulkan kepanikan yang berujung pada informasi yang tidak benar.

  4. Mengganggu Kesehatan Mental

    Pada beberapa orang yang terkena berita hoax, mereka merasakan ketakutan dan kekhawatiran yang berlebih sehingga mengganggu situasi mental secara berkepanjangan.

Tips untuk Menyaring Informasi Hoax


Hoax tidak pernah menimbulkan hasil positif. Untuk menghindari hoax, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah menyaring informasi yang kita terima dan baca dari internet. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghindari hoax, yaitu:

  1. Jangan Mudah Percaya Berita Provokatif

    Banyak berita hoax yang berisikan informasi tentang sesuatu namun bersifat menyudutkan suatu pihak. Judul yang dipakai sang penulis pun biasanya mengundang provokasi kepada masyarakat dan sangat tidak netral.

  2. Memeriksa Fakta

    Jika kita mendengar atau membaca suatu informasi yang tersebar di internet, ada baiknya kita memeriksa kebenaran informasi tersebut. Ketika informasi itu penting ataupun viral, pasti banyak media-media terpercaya seperti televisi dan koran yang akan meliputnya. Jika anda tidak dapat menemukan satupun berita serupa selain pada website yang and abaca sebelumnya, kemungkinan berita tersebut adalah hoax.

  3. Cek Keaslian Gambar

    Cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghindari hoax adalah mengecek keaslian gambar. Banyak oknum-oknum yang memakai aplikasi edit untuk memalsukan gambar seseorang. Hal itu bisa kita telusuri kebenarannya.

  4. Jangan Percaya Pada Alamat situs yang Belum Terverifikasi

    Seperti banyaknya situs terpercaya, terdapat pula situs-situs yang sering menyebar berita hoax demi mendapat ketenaran. Demi menghindari hoax, jangan mempercayai informasi yang terdapat pada situs yang belum terverifikasi resmi. Contohnya adalah alamat situs yang masih menggunakan domain blog. Hal ini disebabkan karena domain blog adalah domain pribadi seseorang dan bukanlah domain khusus berita.

    Untuk mengecek apakah situs yang sedang kamu jelajahi adalah situs bodong atau bukan, kamu bisa memakai whois domain dari niagahoster. WHOIS adalah layanan internet yang memberikan sebuah informasi tentang suatu domain.

    Informasi tersebut biasanya meliputi nama register, nama server, sampai kontak pribadi pemilik domain. Hal ini tentu saja dapat membantu kamu untuk terhindar dari hoax-hoax yang bertebaran di internet.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Cara Menghindari Hoax dari Internet yang Paling Ampuh silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊

Insurance, Loans, Mortgage, Attorney, Credit, Lawyer, Donate, Software, Conference Call,
© defantri.com ~ Made with ❤️ in Lintongnihuta, IDN. Developed by Jago Desain