Kenapa Matematika Susah???

Alasan lain yang mungkin paling relevan adalah karena kita belajar lebih dalam terkait materi tersebut tetapi kita tidak paham materi dasarnya.
Calon Guru berbagi opini terkait pertanyaan "Kenapa Matematika Susah???". Pertanyaan ini termasuk sering ditanyakan pada media sosial oleh beberapa siswa, mahasiswa atau calon guru dan guru. Pertanyaan lain yang sejenis yang sering juga ditanyakan adalah "Kenapa matematika itu tidak mudah?".

Apakah pertanyaan ini ditanyakan serius atau sekedar pertanyaan iseng semata, tetapi pertanyaan ini pada grup media sosial Facebook Matematika Indonesia banyak mendapatkan respon dari sesama anggota grup. Untuk itu kita coba jabarkan beberapa faktor yang menyebakan kenapa matematika itu dikatakan susah.

Salah satu alasan kenapa sebuah materi dikatakan susah pada umumnya adalah kegunaan dari materi tersebut sangat kompleks pada kehidupan.

Alasan lain yang mungkin paling relevan adalah karena kita belajar lebih dalam terkait materi tersebut tetapi kita tidak paham materi dasarnya. Jadi bukan hanya pada matematika, pada pelajaran lain kata susah atau sulit itu juga akan pernah muncul kalau kita belajar materi itu lebih dalam.


SEMUA PELAJARAN ADA SUSAH ATAU SULITNYA


Ada beberapa alasan yang menyebabkan sebuah pelajaran menjadi lebih susah atau menjadi lebih sulit, antara lain:

  1. Kurangnya materi dasar, pelajaran yang diikuti tanpa materi dasar yang cukup dapat menyulitkan pemahaman kita sehingga kita beranggapan pelajaran yang kita pelajari itu susah.
  2. Materi yang sangat kompleks, pelajaran yang mencakup topik yang lebih rumit atau abstrak dapat lebih sulit untuk dipahami.
  3. Kurangnya motivasi belajar, pelajaran yang tidak menarik atau tidak relevan dengan minat kita dapat menyebabkan kurangnya motivasi belajar dan ini menyebabkan kesulitan dalam memahami materi sehingga kita anggap pelajaran yang sulit.
  4. Metode pengajaran yang kurang efektif, faktor ini tidak bisa kita hilangkan, dengan adanya pengajar yang kreatif siswa yang tadinya tidak semangat bisa jadi semangat belajar, sehingga yang tadinya tidak bisa jadi bisa karena ada semangat untuk belajar.
  5. Faktor lain yang tidak kalah penting yaitu faktor eksternal antara lain perasaan emosional yang tidak stabil, masalah kesehatan, atau masalah pribadi dapat mempengaruhi konsentrasi dan kinerja belajar siswa.

Sebagai contoh, kita tidak ambil matematika sebagi contoh.
Misalnya sepak bola, pada saat SD, SMP, atau SMA sedikit atau bahkan tidak ada yang mengatakan sepak bola adalah pelajaran yang susah. Benar para siswa SD, SMP atau SMA sudah bisa bermain sepak bola, tetapi sepak bola yang bagaimana?
Tetapi ketika sepak bola itu hendak kita pelajari lebih dalam lagi, atau kita mainkan dengan benar, mungkin akan banyak juga siswa yang "teriak" sepak bola itu pelajaran yang yang susah atau sulit.

Sama halnya dengan matematika, yang Anda tanyakan matematika susah itu, matematika yang mana?
kita tidak yakin Anda tidak bisa menyelesaikan masalah matematika ketika kasusnya "3 jeruk ditambah 4 jeruk itu hasilnya berapa jeruk?"


KENAPA MATEMATIKA DIKATAKAN SUSAH


Kenapa matematika dikatakan susah dipengaruhi oleh berbagi faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain:

  • Kurangnya dasar yang kuat dalam matematika, seperti kurangnya pemahaman dalam konsep dasar seperti menambah, mengurangi, dll.
  • Kurangnya latihan dan pengulangan yang cukup dalam belajar matematika.
  • Kurangnya minat dan motivasi dalam belajar matematika.
    Faktor ini sangat mempengaruhi keinginan kita untuk belajar matematika, salah satu penyebab adalah banyak materi matematika tidak kita ketahui kegunaannya secara langusung dalam kehidupan kita sehari-hari.
    Misalnya ada siswa yang bertanya, apa kegunaan trigonometri untuk seorang tukang bakso, ya.. mungkin tidak akan berguna.
    Tetapi materi matematika keuangan, program linear, atau logika matematika untuk memutuskan bakso jenis apa dan banyaknya bakso yang diproduksi setiap hari agar keuntungan maksimum di lingkungan sekitarnya, pasti kemampuan matematikanya sangat dibutuhkan.
  • Kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar dalam belajar matematika.
  • Metode belajar yang tidak sesuai dengan gaya belajar seseorang.

Maka dari itu, untuk mengatasi kesulitan dalam belajar matematika, diperlukan kerja keras, latihan yang cukup, minat dan motivasi yang tinggi, dukungan dari lingkungan sekitar, serta metode belajar yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing individu.


FUNGSI BELAJAR MATEMATIKA


Fungsi belajar matematika itu sangat kompleks, itu mungkin salah satu alasan kenapa belajar matematika itu bisa menjadi susah. Dengan belajar matematika dapat membantu seseorang dalam berbagai hal, seperti berikut ini:

  • Memahami konsep-konsep dasar yang digunakan dalam ilmu-ilmu lain, seperti ilmu alam, teknologi, bisnis, dan keuangan.
  • Menjadi lebih baik dalam mengolah informasi, berpikir logis (logika) dalam mengabil keputusan dan berpikir secara sistematis.
  • Membantu dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mempersiapkan diri untuk karir-karir tertentu, seperti akuntansi, keuangan, atau teknologi informasi.
  • Membantu dalam pemahaman konsep-konsep abstrak dan logis yang digunakan dalam teknologi modern, seperti komputer dan AI.

CARA BELAJAR MATEMATIKA BIAR LEBIH MUDAH DIPAHAMI


Bagaimana belajar matematika agar lebih mudah dan cepat dipahami oleh kita atau siswa tidak bisa kita samakan, kembali kepada kemampuan kita dalam memahami materi tertentu. Secara umum untuk bisa belajar matematika lebih mudah, ada beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain:

  • Mulailah dengan memahami konsep dasar.
    Tidak usah terburu-buru untuk belajar konsep berikutnya yang lebih sulit sebelum memahami konsep dasar.
  • Coba buat catatan dari konsep dasar yang dan tuliskan rumus-rumus yang sering digunakan. Ingat rumus itu fungsinya untuk mempercepat sebuah pekerjaan, jika bisa lebih cepat tanpa rumus maka jangan gunakan rumus.
  • Latih soal sederhana.
    Kerjakan soal-soal yang sesuai dengan materi yang kamu pelajari untuk menguji pemahamanmu dan cobalah untuk menyelesaikan soal-soal tersebut tanpa bantuan.
  • Latihan dan berlatihlah.
    Belajar matematika memerlukan latihan yang cukup banyak, kemampuan akan meningkat seiring dengan bertambahnya frekuensi berlatih.
  • Gunakan visualisasi.
    Dengan bantuan gambar atau diagram dapat membantu kita memahami konsep matematika yang lebih sulit.
  • Cari bantuan.
    Jika kesulitan, jangan ragu untuk mencari bantuan dari guru atau teman. Dengan catatan kita sudah berusaha sendiri terlebih dahulu.
  • Jangan mudah menyerah.
    Belajar matematika memang sulit pada awalnya, tetapi jangan menyerah. Terus berusaha dan Anda akan melihat perubahan ke arah yang lebih baik terkait kemampuan kita dalam bermatematika.
  • Jangan takut untuk mencoba.
    Kesalahan adalah bagian dari belajar, begitu juga dalam belajar matematika.
  • Belajar dengan cara yang berbeda. Jangan hanya belajar dengan membaca buku, cobalah untuk belajar dengan menonton video atau bermain game yang mengajarkan konsep matematika.

Sebagai penutup saya berikan catatan dari apa yang disampaikan oleh Prof. Pitoyo Peter Hartono, Dr. Eng., beliau menyampaikan bahwa kemampuan bermatematika seseorang semuanya adalah hasil dari belajar dan berlatih, tidak ada cara lain. Hanya satu dari sekian juta orang yang terlahir dengan kemampuan matematika sudah baik diberikan sejak lahir, salah satunya matematikawan India Srinivasa Iyengar Ramanujan.

Untuk segala sesuatu hal yang perlu kita diskusikan terkait Kenapa Matematika Susah??? silahkan disampaikan 🙏 CMIIW😊.

Jangan Lupa Untuk Berbagi 🙏 Share is Caring 👀 dan JADIKAN HARI INI LUAR BIASA! - WITH GOD ALL THINGS ARE POSSIBLE😊