Tips Belajar Matematika Yang Baik dan Menyenangkan

Artikel dibawah ini adalah "upah" saya karena membantu seseorang menyelesaikan masalah matematikanya.

Membantu orang itu pasti dapat "upah" hanya saja cara kita mendapat "upah" itu berbeda-beda.

Ada "upah" secara langsung dan ada yang tidak langsung. Untuk "upah" secara langsung contohnya bisa uang, pulsa, ucapan terima kasih atau seperti berikut ini, dapat "upah" sebuah artikel [*kreatif yang beri upah].

Nah "upah" tidak langsung itu bagaimana lagi, ini adalah "upah" yang paling mulia yaitu DOA. Doa paling sederhana dan paling banyak kita sebutkan kepada yang membantu kita kurang lebih seperti ini "Terima Kasih dan Semoga Sehat Selalu".

Initnya kita tidak usah takut untuk membantu orang lain sekalipun tidak kita kenal.., kita akan pasti akan dapat "upah".

Seperti apa artikel "upah" yang saya dapat, mari kita simak;

Tips Belajar Matematika Yang Baik dan Menyenangkan

Matematika memang mata pelajaran yang jarang diminati oleh kalangan pelajar. Mengapa? Karena mata pelajaran matematika ini cenderung hitung menghitung. Memang banyak sekali pemuda dikalangan sekarang ini yang lebih gemar bermain, menggunakan gadget dan lainnya.

Mengapa demikian? Karena di zaman era modern ini, teknologi semakin canggih, semua serba simple jadi kebanyakan pelajar Indonesia mau nya yang serba praktis, mudah dan cepat. Jarang ada pelajar Indonesia yang mau menyelesaikan persoalan matematika yang ada di buku atau pun yang diterangkan oleh gurunya. Terkadang ada pelajaran ada yang mengantuk, bercerita, serta tidak mau memperhatikan materi yang diajarkan oleh gurunya. Sangat sulit untuk siswa dalam belajar matematika itu menyenangkan.

Nah bagi kita yang mengalami hal seperti itu, ini ada tips untuk mengatasi permasalahan yang kita alami saat ini mengenai pembelajaran yang ada disekolah. Yuk, mari kita baca tips belajar Matematika tersebut siapa tahu cocok dan bisa kita terapkan.

Inilah tips belajar matematika yang baik dan menyenangkan:

1. Luruskan Niat Untuk Belajar Matematika

Hal yang paling utama agar belajar matematika itu menyenangkan bisa kita lakukan dengan “Meluruskan Niat”. Dalam belajar matematika, janganlah kita terpatok kepada patokan aku harus bisa mendapatkan nilai yang bagus pada pelajaran matematika ini sebagai syarat lulus mata ujian Matematika.

Mengapa demikian? Karena dengan persepsi seperti itu, maka setelah tidak belajar matematika lagi, maka kita akan melupakan materi yang telah kita pelajari tersebut. Nah, agar belajar matemaitka kita lebih menyenangkan, ada baiknya niatkan terlebih dahulu niat kita untuk menambah pengetahuan pada bidang matematika.

Mengapa demikian? Karena pada saaat kita belajar pelajaran matematika, maka daya nalar otak kita akan terasah dengan sendirinya, sehingga pelajaran matematika tersebut dapat dengan mudah diterima oleh otak kita. Oleh karena itu, jangan pernah kita berpikir dan berpatokan kalau belajar matematika itu sulit dan jangan berpatokan pada hasil ujian yang akan kita terima, melainkan berpikirlah bagaimana kita dapat menguasai proses belajarnya.

2. Kenali, pahami dan cintai semua materi matematika

Pada hal ini, kita harus megetahui poin poin yang paling penting dalam belajar matematika. Setelah kita mengetahui poin poin tersebut, maka, akan sangat mudah buat kita untuk dapat menguasai materi materi yang ada pada pembelajaran matematika tersebut.

Terus, bagaimana caranya agar saya dapat mencintai dan mengenal materi pada matematika? Maka, point ini yang dapat menjawab permasalahan ini yaitu “Kenali, pahami dan cintai“ maka dengan sangat mudah bagi kita untuk menguasainya. Nah, bagaimana agar saya dapat mengenali materi ini? kita harus mengerti fungsi dari pelajaran matematika ini dalam kehidupan sehari hari.

Jika kita sudah mengenalnya, dengan begitu kita akan mengetahui betapa pentingnya pelajaran matematika tersebut dalam kehidupan sehari hari. Misalkan contoh sederhananya: Pada saat tukang bangunan membuat sebuat Fondasi rumah, maka dia harus menghitungnya secara detail agar pondasinya tidak mudah rubuh atau miring, dengan persoalan tersebut, maka rumus matematika pun dapat berfungsi pada persoalan ini, dan bahkan pada saat kita ingin menghitung uang jajan kita sendiri, maka kita harus menghitungnya menggunakan rumus matematika bukan?

Nah, sungguh mustahil apabila kita semua dapat menghindari persoalan dari matematika dalam kehidupan sehari hari. Oleh karena itu, maka tanamkan dalam pikiran kita, bahwa matematika sangat penting bagi kehidupan sehari hari, dan juga anggap matematika itu indah, menarik dan menyenangkan untuk dipecahkan persoalannya. Nah, apabila kita dapat mencintainya, maka semua persoalan, semua rumus pada matemaitka yang sulit tersebut akan kelihatan sangat mudah untuk dipahami.

3. Berdoa Kepada Tuhan

Berdoa merupakan hal yang sangat penting dari segala pekerjaan apapun yang akan dikerjakan. Nah, dengan hal ini pada saat kita ingin memulai mempelajari matematika, ada baiknya kita berdoa terlebih dahulu agar Tuhan memberikan semua kemudahan untuk ingindalam memecahkan semua persoalan yang terdapat pada pelajaran matematika.

Mengapa demikian? Karena, apabila kita telah meminta kepada Tuhan untuk memberikan segala kemudahan kepadamu dengan niat kamu yang sungguh sungguh, maka Tuhan akan memberikan kemudahan kepadamu, karena Tuhan itu segala galanya didunia ini. Karena doa itu sangat lah penting. Dan ingat jangan pernah untuk menyerah dalam berusaha, tetaplah konsisten dan gigih untuk memulainya.

4. Banyak Belajar dan Sering seringlah melatih pikiran dengan persoalan Matematika

Matematika merupakan pelajaran yang cenderung dalam hitung menghitung, matematika ini bukan pelajaran yang dapat dibaca terus kita akan paham. Untuk dapat memahami dan menguasai persoalan dan penggunaan rumus rumus pada matematika, kita harus banyak mencoba soal soal latihan dan belajar dengan tekun.

Mengapa demikian? Karena apabila kita sering melatih pikiran kita untuk memecahkan persoalan matematika yang ada, maka otak kita akan terlatih dan terbiasa untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal matematika yang ada dengan baik.

[Pertama luruskan niat kita terlebih dahulu, kemudian kenali pahami lalu cintai materi matematika tersebut dan ikut sertakan berdoa hadir didalamnya] dengan mengiraukan cara cara tersebut maka akan sangat tidak berguna untuk kita untuk memulai mempelajari matematika. Oleh sebab itu, jangan hiraukan cara diatas, belajarlah dengan sungguh sungguh dan banyak mencoba soal soal latihan yang dengan tekun dan KONSISTEN.

Selain hal hal yang ada diatas, kita juga dapat membuat pemahaman kita sendiri agar semakin mendalam. Nah, bagi kita yang ingin mencobanya, kita harus mengetahui tahap belajar yang baik.
Inilah 6 tahapan cara belajar yang baik:
  1. Pahami Materi dengan rumus rumusnya.
  2. Kelompokan rumus rumus yang ada.
  3. Mulai mengerjakan soal-soal yang ada pembahasannya.
  4. Kerjakan soal tadi tanpa liat pembahasan.
  5. Kerjakan soal lain yang tipenya sama.
  6. Terus berlatih soal-soal yang lain.

Pada permasalahan ini, jangan kita belajar hanya dari satu buku saja, Mengapa dmeikian? Karena biasanya ada buku yang tidak lengkap menjelaskan persamaan yang ada, sehingga sangat sulit bagi kita untukdapat memahaminya. Jadi carilah buku referensi yang lain agar semakin mudah kita untuk memahaminya.
Tips mengerjakan soal pilihan ganda
  1. Baca dulu sebagian jawaban.
  2. Baca pertanyaannya.
  3. Lihat lagi jawabannya semua.
  4. Kemudian cari jawabannya [dengan cara tersebut, kamu akan tahu maksud dari soal itu]

5. Tiada kata “Aku Tak Bisa” dan “Putus Asa”

Putus Asa merupakan sebuah penyakit pada seseorang yang yang paling sering ditemui pada saat ia berusaha untuk mendapatkan sesuatu tapi dnegan mudahnya menyerah begitu saja. Pada saat kita ingin belajar matematika, jangan pernah mengingat kata putus asa.

Mengapa? Pada saat kita telah menemukan soal yang cukup rumit, maka jangan pernah mengatak “AKU TAK BISA”, solusi terbaik ialah mintalah bantuan kepada guru matematika kita atau kepada teman kita yang sudah dahulu memahami persoalan tersebut, agar kita dapat memahaminya. Dengan kita berkata “AKU TAK BISA” itu malah akan memperburuk keadaan. Dan sebaliknya pada saat kita tidak mampu mengerjakannya, maka katakanlah “Aku Pasti Bisa”!!. Ingat, jangan mudah menyerah, karena setiap permasalahan pasti ada pemecahannya. Berilah semangat pada diri kita, agar kita mampu melaluinya.

6. Sabar

Sabar merupakan hal yang sulit untuk dilakukan pada setiap orang. Oleh karena itu, cobalah perlahan lahan untuk mencoba bersabar dalam menghadapi persoalan pada matematika. Karena orang sabar pasti akan disayang oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Semoga tips ini dapat bermanfaat buat kita, Terima Kasih.

Masih menganggap matematika hanya hitung-hitungan semata, mari kita lihat kreativitas siswa ini, membuat lagu dengan matematika;

You Might Also Like: